Sah! 5 Fakta Dibalik Pernikahan Masayu Clara dan Qausar Harta

Senin, 23 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sah! 5 Fakta Dibalik Pernikahan Masayu Clara Dan Qausar Harta

Pernikahan Masayu Clara dan Qausar Harta. (YouTube MAQAU masayu & qausar)

Ladiestory.id - Kabar bahagia datang dari pasangan FTV Masayu Clara dan Qausar Harta. Mereka resmi menjadi sepasang suami istri pada Jumat (20/5/2022).

Kabar bahagia ini diumumkan melalui Instagram. Warganet pun dapat menyaksikan gelaran akad nikah mereka secara langsung melalui kanal YouTube MAQAU masayu & qausar. 

Dibalik hari bahagia mereka, yuk ketahui fakta menarik pernikahan Masayu Clara dan Qausar Harta.

Konsep Prewedding Beragam

Masayu Clara dan Qausar Harta. (instagram.com/qausarhy)

Sebelum mengucapkan janji suci, diketahui Masayu dan Qausar telah melakukan serangkaian prewedding. Bahkan, mereka terlihat menggunakan konsep prewedding yang beragam.

Seperti foto prewedding menggunakan konsep adat Bugis, Palembang, dan Aceh. Pasalnya, diketahui keluarga Masayu merupakan keturunan asal Sunda dan Palembang. Sementara, Qausar merupakan orang asli Aceh.

Tak hanya konsep adat dari berbagai daerah, namun mereka juga menggunakan konsep prewedding ala kekinian, di antaranya menggunakan konsep retro yang sedang digandrungi banyak anak muda. Kemudian ada juga konsep foto casual dengan sweatshirt couple. Bahkan, mereka berdua juga menggunakan vespa sebagai properti foto hingga merilis potret berkonsep black and white.

Akad Nikah Berlangsung di Masjid Istiqlal

Pernikahan Masayu Clara dan Qausar Harta. (Special)

Prosesi akad nikah Masayu dan Qausar berlangsung dengan hikmat di Masjid Isriqlal. Acara akad nikah ini diawali dengan orang tua Masayu yang memberikan kalung bunga dan keris untuk Qausar.

Prosesi ini biasanya diberikan kepada mempelai laki-laki. Lalu, acara selanjutnya yakni doa untuk memulai prosesi ijab kabul.

Terlihat suasana haru dan tegang, Papa Masayu yakni Agus Hasyim Toni langsung menjabat tangan Qausar. Hal ini menandakan pengucapan janji suci dimulai.

"Ananda Qausar Harta Yudana bin Suhardini, saya nikahkan dan kawinkan engkau dengan putri kandung saya Masayu Clara Adillah Octaviani binti Mas Agus Hasyim Toni, dengan mas kawin, 30 mayam logam mulia dibayar tunai," kata Agus Hasyim Toni.

Kemudian langsung disaut dengan lantang oleh Qausar menunjukan dirinya siap meminang Masayu. Ia berhasil mengucapkan ijab kabul dalam satu tarikan napas.

"Saya terima nikahnya Masayu Clara Adillah Octaviani binti Mas Agus Hasyim Toni, dengan maskawin tersebut dibayar tunai," ucap Qausar Harta.

Konsep Pernikahan Sunda

Pernikahan Masayu Clara dan Qausar Harta. (Special)

Seperti yang sudah dibahas bahwa kedua mempelai ini berasal dari daerah yang berbeda. Namun, kali ini konsep pernikahan mereka menggunakan adat Sunda di mana mengikuti asal daerah dari keluarga Masayu.

Terlihat Masayu menggunakan siger Sunda sebagai mahkota di kepalanya serta balutan kebaya putih dan kain cokelat. Begitu pula Qausar juga tampil dengan pakaian adat Sunda yang dilengkapi dengan blangkon di kepalanya dan keris. Keris tersebut diselipkan di beskap putih.

Makna Mahar Masayu Clara dan Qausar Harta

Pernikahan Masayu Clara dan Qausar Harta. (YouTube MAQAU masayu & qausar)

Diketahui Qausar Harta memberikan maskawin kepada istrinya yakni 30 mayam logam mulia. Rupanya mahar atau mas kawin tersebut memiliki arti dan makna yang mendalam.

“Kalau misalkan di Aceh, sebutannya Mayam untuk gram. 1 Mayam itu terhitung 3,33 gram. Jadi tadi itu Mayamnya ada 30 kalau digramkan sekitar 100,” ungkap Qausar.

Angka 30 mayam diambil karena tepat pada 2 September 2022, Qausar akan berusia 30 tahun.

Pernikahan Disaksikan Tokoh Penting

Pernikahan Masayu Clara dan Qausar Harta. (Special)

Pernikahan menjadi momen penting dalam kehidupan semua orang, termasuk Masayu dan Qausar. Sehingga, mereka juga menginginkan orang-orang penting menyaksikan janji suci seumur hidup ini.

Pasalnya, bintang FTV ini memilih pejabat tinggi untuk langsung menjadi saksi nikah dari mempelai laki-laki dan mempelai perempuan. Diketahui saksi dari mempelai laki-laki ialah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Sementara saksi dari mempelai perempuan yakni Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

Sementara itu, resepsi pernikahan Masayu Clara dan Qausar Harta digelar megah dengan mengusung adat Palembang pada Sabtu 21/5/2022) malam. Acara ini berlokasi di Menara Mandiri Sudirman, Jakarta.

s