5 Fakta Sri Asih, Srikandi Super Pertama Indonesia

Selasa, 12 Juli 2022 | 00:01:00

5 Fakta Sri Asih, Srikandi Super Pertama Indonesia

Tangkapan layar dari teaser trailer Sri Asih. (Screenplay Films)

Ladiestory.id - Screenplay Films baru saja merilis trailer film "Sri Asih", yang sukses menjadi trending di sosial media. Karakter Sri Asih yang diperankan oleh artis Pevita Pearce itu sudah ditunggu-tunggu oleh pecinta film Indonesia, bahkan sejak kemunculannya dalam film "Gundala". 

"Sri Asih" merupakan film kedua dari Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Film ini disutradarai oleh Upi, dengan Joko Anwar sebagai penulis skenario. Film ini diadaptasi dari karya legendaris R.A. Kosasih, yang dijuluki Bapak Komik Indonesia.

Nah, berikut beberapa fakta menarik seputar karakter dan film "Sri Asih".

Mengenal Sri Asih

Ilustrasi Sri Asih. (Bumilangit.com)

Melansir dari laman Bumilangit, Sri Asih memiliki nama asli Nani Wijaya. Dia merupakan seorang gadis dari keluarga terpandang, yang bekerja sebagai investigator independen. Pekerjaannya itu yang membawanya berkeliling dunia untuk menghentikan aksi para kriminal dan jejaring mafia global. 

Nani Wijaya adalah titisan dari Dewi Asih dan menyandang gelar Sri Asih, Sang Dewi Keadilan. Sebagai Sri Asih, ia terhubung dengan para leluhurnya dan dapat memanifestasikan kekuatan jiwa-jiwa mereka ke dalam tubuh.

Selain itu, dia juga dapat melipatgandakan diri, ukuran, dan kekuatannya. Sri Asih juga memiliki selendang sakti yang bisa dikendalikan wujud dan geraknya. Bahkan, kekuatan tubuh Sri Asih setara dengan tenaga 250 pria dewasa.

Perjalanan Sri Asih

Ilustrasi komik Sri Asih yang dibuat oleh R.A Kosasih. (Spesial)

Komik "Sri Asih" pertama kali rilis pada 1954 oleh Penerbit Melodie di Bandung. Karya pertama R. A. Kosasih ini pun menjadi tonggak sejarah dunia komik Tanah Air.

Pada tahun yang sama, komik "Sri Asih" diangkat menjadi film layar lebar. Film ini tentunya menjadi film superhero pertama di Indonesia. Film bergambar hitam putih ini disutradarai oleh Turino Djunaedy, sedangkan Sri Asih diperankan oleh aktris Mimi Mariani.

Sumber Inspirasi Sri Asih

Komik Sri Asih karya R.A Kosasih. (bumilangit.com)

Sosok Sri Asih memang terinspirasi dari superhero luar negeri. Namun, tentu saja berkat kemahiran R.A. Kosasih yang meleburkannya dengan cerita lokal, Sri Asih menjadi populer.

Keinginan R.A. Kosasih untuk mengenalkan sosok pahlawan yang mendidik lewat perilaku sopan dan santun, terjawab dalam sosok Sri Asih. Terlebih lagi, penampilan Sri Asih memiliki penampilan lokal yang sesuai dengan budaya Indonesia.

Sosok Sri Asih pun dikenal sebagai Srikandi super yang menjadi ikon budaya Indonesia. Dengan busana kain kebaya yang melekat di tubuhnya, serta lengkap dengan mahkota, kain sumping, dan selendang. Pakaian Sri Asih ini mengingatkan dengan tokoh-tokoh dalam cerita perwayangan Indonesia. 

Sekutu dan Musuh Sri Asih

Ilustrasi sekutu dan musuh Sri Asih. (Special)

Seperti superhero lainnya, Sri Asih bersekutu dengan superhero lain. Sekutu Sri Asih yaitu Merpati, Siti Gahara, Vidya Astari, dan Tira.

Ilustrasi sekutu dan musuh Sri Asih.

Sedangkan, musuh dari Sri Asih adalah Bocah Atlantis, Ghazul, dan Pengkor. Selain Sri Asih, beberapa superhero lain juga memiliki musuh yang sama, seperti Gundala, Godam, dan Aquanus. 

Film "Sri Asih" 2022 Bertabur Bintang

Pevita Pearce sebagai Sri Asih. (Instagram.com/bcu.id)

Film "Sri Asih" yang dijadwalkan tayang 2022 ini diperankan oleh artis Pevita Pearce. Ia sempat muncul sebagai cameo di film "Gundala" pada 2019 lalu.

Ketika trailer teaser "Sri Asih" rilis pada 6 Juli 2022, banyak wajah yang sudah tidak asing mengisi dunia perfilman Indonesia. Artis dan aktor yang akan tampil bersama Pevita Pearce di film "Sri Asih" di antaranya adalah Christine Hakim, Surya Saputra, dan Jefri Nichol.