5 Fakta Telur Paskah, Tradisi Kuno hingga Cokelat Pertama di Inggris

Senin, 18 April 2022 | 21:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Fakta Telur Paskah, Tradisi Kuno Hingga Cokelat Pertama Di Inggris

Ilustrasi Telur Paskah. (Special)

Ladiestory.id - Perayaan Paskah memiliki makna mendalam bagi umat Nasrani. Perayaan Paskah juga identik dengan telur Paskah. Biasanya, di hari perayaan tersebut, gereja akan membagikan telur kepada setiap jemaatnya.

Tak hanya itu, bahkan di hari Paskah akan ada tradisi menghias telur Paskah bagi anak-anak. Di balik eratnya Paskah dengan telur, banyak yang tidak mengetahui fakta menarik di balik telur Paskah.

Hias Telur Paskah Tradisi Kuno

Ilustrasi Telur Paskah. (Special)

Tahu kah Kamu, bahwa menghias telur paskah merupakan salah satu tradisi yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Tradisi tersebut berasal dari Ukraina yang kini tengah berinvasi dengan Rusia. Zaman dahulu tradisi menghias telur disebut pysanka. Tradisi ini dilakukan secara turun menurun untuk memanggil Dewa kesehatan dan Dewi kesuburan.

Zaman dahulu, telur tersebut dihias dengan lilin dan pewarna. Kemudian, tradisi tersebut mulai menyebar saat imigran Ukraina datang ke Amerika Serika.

Sedangkan dilansir berbagai sumber mengatakan menghias telur paskah dimulai waktu para arkelolog menemukan pecahan telur burung unta. Kemudian pecahan telur tersebut dihias dan dijadikan wadah minum. Hal tersebut telah dilakukan pada 60 ribu tahun yang lalu di Afrika.

Menari dengan Telur Paskah di Jerman

Ilustrasi Telur Paskah. (Special)

Jika Natal, ada Sinterklas yang membawa hadiah atau kado untuk anak-anak. Sedangkan Paskah memiliki kelinci Paskah yang akan membawa telur-telur untuk dibagikan. Sebenarnya, telur-telur tersebut tidak ada kaitannya langsung dengan perayaan Paskah. Hanya saja, asal-usul Kelinci Paskah muncul dari raturasn tahu lalu pada zaman pra-Kristen Jerman.

Kala itu, orang-orang percaya bahwa Kelinci Paskah merupakan dewa musim semi atau kesuburan. Tradisi telur paskah ini menyebar dibarengi dengan agama Kristen yang menyebar ke seluruh Eropa.

Dilansir berbagai sumber, konon katanya tarian telur paskah merupakan salah satu tradisi yang ada di Jerman. Tarian tersebut dilakukan orang-orang yang mengelilingi telur di lantai. Mereka menari dan mengelilingi agar telur tersebut tidak pecah.

Telur Paskah Terbesar di Dunia

Ilustrasi Telur Paskah. (Special)

Di Indonesia, biasanya perayaan Paskah disertai dengan membagi telur. Baik itu telur ayam matang, telur bebek matang, ataupun telur asin. Namun, tahu kah Kamu di dunia terdapat telur Paskah yang paling besar. Bahkan besarnya mencapai 9,4 meter x 5,4 meter dan beratnya sampai lebih dari 2 ribu kilogram.

Telur Paskah terbesar di dunia itu terdapat di Vegreville Pysanka. Untuk membuat telur Paskah raksasa itu membutuhkan waktu 12 ribu jam. Telur Paskah tersebut dikatakan mirip dengan puzzle. Pasalnya telur paskah raksasa itu dihias bukan dengan diukir, melainkan dibuat dari 3500 keping aluminium.

Sedangkan, sumber lain mengatakan bahwa telur Paskah terbesar ada di Cortevuova Italia. Pasalnya, telur tersebut memiliki ketinggian lebih dari 34 kaki.

Telur Paskah Termahal di Dunia

Ilustrasi Telur Paskah. (Special)

Jika ada telur Paskah terbesar di dunia, ada pula telur Paskah termahal di dunia. Telur tersebut mencapai harga fantastis sebab dilapisi dengan warna emas.

Kemudian terdapat hiasan ayam jago yang dapat bergerak muncul setiap jamnya bergerak mengepakan sayap sebelum mematuk-matuk tiga kali. Kabarnya harga telur Paskah tersebut mencapai angka 9 juta poundsterling atau bila dengan kurs sekarang sebesar Rp168,8 Miliar.

Telur Paskah mahal tersebut merupakan karya Peter Carl Faberge pada 2017. Harga tersebut memecahkan rekor sebagai telur Paskah termahal di dunia. Meski mencapai harga yang tidak masuk akal, namun ada loh yang mau membeli telur Paskah tersebut. Dia adalah Christie seorang wanita asal dari London.

Cokelat Telur Paskah Pertama di Inggris

Ilustrasi Telur Paskah. (Special)

Salah satu tren dalam tradisi telur Paskah adalah dengan membagikan cokelat telur. Tradisi tersebut dimulai pada abad ke-19. Tradisi tersebut dimulai dari Keluarga Fry dari Bristol yang memiliki pabrik cokelat terbesar di dunia, memproduksi cokelat telur pertama pada 1873. Dua tahun kemudian, pada 1875, barulah Cadbury menyusul dengan membuat cokelat telur Paskah pertama mereka.