5 Fakta Tersembunyi Telur Asin yang Jarang Diketahui

Sabtu, 30 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Fakta Tersembunyi Telur Asin Yang Jarang Diketahui

Ilustrasi telur asin. (Special)

Ladiestory.id - Siapa yang gemar dengan makanan Indonesia yakni telur asin? Ya, telur asin merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Brebes. Telur asin kerap dijadikan lauk ataupun kini menjadi saus salted egg yang banyak digemari. Namun dibalik telur asin tersebut, rupanya memiliki fakta tersembunyi yang jarang diketahui banyak orang.

Ditetapkan sebagai Warisan Budaya

Ilustrasi telur asin. (Special)

Fakta yang pertama ini mungkin sebagian sudah banyak yang tahu. Namun ternyata banyak juga yang belum tahu bahwa telur asin telah ditetapkan sebagai warisan budaya.

Telur asin telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTb) Indonesia dalam sidang Kemendikbud pada 6-9 Oktober 2020. Oleh-oleh khas Brebes, Jawa Tengah ini ditetapkan sebagai warisan budaya dilatar belakangi banyak faktor.

Menurut Fitra Arda Sambas, Direktur Perlindungan Kebudayaan, Kemendikbud, telur asin memiliki nilai akulturasi bagi masyarakat Brebes. Tak hanya itu,  pola pewarisan telur asin juga sudah lebih dari dua generasi.

Sejarah Telur Asin

Ilustrasi telur asin. (Special)

Hingga kini belum diketahui secara jelas kapan dan siapa penemu resep pertama telur asin. Jika dilansir dari berbagai sumber, pertama kali resep telur asin ditemukan di China.

Resep tersebut ditemukan lewat Qimin Yaoushu yakni teks pertanian China kuno. Sementara, teks tersebut diperkirakan dibuat pada abad ke-5 Masehi. Layaknya resep pada umumnya, di dalam teks tersebut menjelaskan bagaimana telur dibuat asin. Ya, ditulis layaknya resep tentang proses perendaman telur selama sebulan penuh untuk membuat telur awet dan lebih gurih.

Kemudian telur asin menjadi makanan yang populer di kawasan Asia terutama sebagai sajian di restoran China. Sedangkan di Indonesia, telur asin dipercaya mulai berkembang sejak tahun 1950-an. Kala itu usaha telur asin di bangun oleh sepasang suami istri yakni In Tjiau dan Tan Polan Nio. Keduanya memulai merintis bisnis  telur asin untuk  pertamanya di Brebes.

Resep dan teknik pembuatan telur asin pun menyebar dengan capat. Hasilnya, masyarakat Brebes banyak yang membuat telur asin untuk dijual kembali. Bisa telihat, sampai sekarang wilayah Brebes masih diakui sebagai sentra telur asin dengan kualitas juara.

Pembuatan Praktis Tapi Butuh Waktu Lama

Ilustrasi telur asin. (Special)

Telur asin sebenarnya melalui proses yang terbilang cukup praktis. Lantaran, pembuat hanya membutuhkan air, garam, dan stoples. Tips yang paling penting, pembuat harus mematiskan jika telur yang akan diasinkan dalam keadaan bagus dan sudah dibersihkan. Kemudian, pembuat harus bisa mengampelas telur agar pori-porinya terbuka.

Hal tersebut dilakukan agar pembuatan lebih optiman. Lantaran membuka pori-pori pada telur dapat membuat rasa asin dari garam lebih mudah meresap. Lalu masukkan garam ke stoples yang berisi air. Masukan juga telur yang sudah dibersihkan ke dalam stoples yang sama.

Nah, meskipun terbilang praktis, namun proses pembuatan telur asin cukup memakan waktu yang lama. Lantaran pembuat harus merendam telur dalam air garam selama 10-12 hari. Dalam proses perendaman tersebut, pembuat juga harus memastikan telur tidak terkena cahaya matahari. Langkah terakhir yakni merebus telur dengan api kecil selama kurang lebih 1,5 jam.

Bisa Diolah Jadi Ragam Olahan Bercitra Rasa

Ilustrasi telur asin. (Special)

Telur asin kini menjadi makanan yang kekinian. Pasalnya sekarang mulai menjadi trend makanan dengan saus salted egg alias telur asin. Tak hanya dikonsumsi secara utuh, namun telur asin juga mulai di buat menjadi bubuk telur asin.

Pada mulainya, olahan tersebut dibuat oleh restoran chinese food di Singapura yang kemudian semakin populer hingga merambah ke Indonesia. Kemudian berkat cita rasa dari olahan telur asin ini cocok dengan lidah orang Indonesia.

Bahkan masyarakat Indonesia menganggap inovasi ini sangat unik dan inovatif. Sehingga bumbu telur asin telah menjadi tren dan laku keras di tengah pasar hingga menjangkau berbagai kalangan.

Telur Asin Makanan untuk Sembahyang

Ilustrasi telur asin. (Special)

Fakta terakhir dari telur asin adalah makanan yang kerap digunakan untuk persembahyangan. Ya, telur asin kerap dijadikan persembahan untuk Dewa Bumi. Namun pada sekira tahun 1950, telur asin mulai menjadi konsumsi, lauk, dan makanan pendamping. Di tahun itu pula telur asin dijual belikan untuk pertama kalinya.

s