Ini Dia 5 Fakta Unik yang Wajib Diketahui Pecinta Kopi!

Jumat, 8 Juli 2022 | 12:18:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Ini Dia 5 Fakta Unik Yang Wajib Diketahui Pecinta Kopi!

Ilustrasi kopi. (Special)

Ladiestory.id -  Makin kesini banyak kopi dengan berbagai macam rasa yang sudah semakin inovatif. Berkembangnya zaman dan teknologi juga menjadikan banyaknya para pekerja yang berinovasi dengan sangat kreatif terhadap usaha yang dijalaninya. Salah satunya, usaha coffee shop yang kini semakin digemari pecinta kopi dan anakmuda lainnya.

Pecinta kopi pasti tau sekarang sudah banyak inovasi rasa baru dari kopi yang dijual di pasaran. Apalagi, saat ini sudah banyak kedai kopi yang didesain semenarik mungkin untuk menarik para pelanggan dan menjual minuman kopi dengan rasa baru yang beragam.

Nah, Ladiestory.id  bakalan ngasih tau 5 fakta unik terkait rahasia kopi yang wajib diketahui para pecinta kopi. Ternyata, banyak hal yang hingga saat ini para pecinta kopi mungkin belum tau ternyata kopi menyimpan banyak keunikannya tersendiri dibalik rasanya yang saat ini sudah beragam macam rasa.

Dilarang di beberapa Negara

Fakta Unik Kopi. (YouTube.com/SosialHits)

Saat ini, kopi sudah menjadi hal biasa atau bahkan menjadi hal wajib untuk dinikmati para pecinta kopi. Apalagi, jika seseorang yang sudah candu dalam menikmati kopi. Pasti rasanya sulit untuk tidak minum kopi walau hanya dalam sehari. Ternyata, kopi sendiri sempat dilarang untuk dikonsumsi di berbagai negara.

Pertama kali yaitu tahun 1511, kopi dilarang ada di Mekah. Hal tersebut karena para ulama saat itu berpendapat bahwa mengonsumsi kopi dapat merangsang adanya pikiran-pikiran radikal. Tidak hanya Mekah, bahkan Italia dan Turki pun memiliki pendapat bahwa kopi adalah minuman yang menyesatkan.

Bahkan, pada abad ke-17 ada seorang raja yang menetapkan hukuman keras jika ada warganya yang saat itu ketahuan mengonsumsi kopi. Hukuman yang diberikan itu berupa pemukulan dan juga ada yang dibuang ke laut.

Bukan Kafein tapi Adenosin

Fakta Unik Kopi. (YouTube.com/SosialHits)

Mayoritas dari masyarakat Indonesia sendiri atau mungkin para pecinta kopi sekalipun percaya bahwa, jika mengonsumsi kopi dapat menghilangkan rasa ngantuk karena adanya kafein. Padahal, kafein bukan jadi alasan utamanya loh!

Saat kita melakukan aktifitas, otak pasti akan menjadi aktif dan dapat melepaskan neuron yang memproduksi adenosin. Maka, secara otomatis sistem saraf akan memonitor kadar adenosin tersebut.

Jika dirasa meningkat maka kinerja otak akan menurun, dan menyebabkan adanya kantuk. Namun, karena adanya kafein pada kopi membuat otak tidak dapat menangkap kadar yang ada pada adenosin. Sehingga, otak tetap berfungsi secara maksimal dan membuat kita tetap terjaga.

Kopi Populer di Dunia

Fakta Unik Kopi. (Ladiestory.id)

Jika kamu mengaku sebagai pecinta kopi, pasti kamu tau apa jenis kopi yang paling populer. Buat yang belum tau, ternyata hanya ada 2 jenis kopi yang paling populer dari sekitar 50 lebih jenis kopi di dunia yaitu arabica dan robusta. Arabika dikenal dengan rasa kopi yang sangat kuat jika dibandingkan dengan robusta yang memiliki rasa lebih ringan. Padahal, arabica memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit jika dibandingka dengan robusta.

Kopi Luwak Bukan yang Paling Mahal

Fakta Unik Kopi. (Special)

Selama ini yang diketahui adalah, kopi luwak menjadi biji kopi paling mahal di dunia. Ternyata, pengetahuan tersebut kurang tepat karena biji luwak bukan lah biji kopi paling mahal. Walaupun rasanya nikmat dan prosesnya yang juga unik, ada  biji kopi lain yang lebih mahal loh.

Jenis kopi yang paling mahal ternyata, black ivory biji kopi dari Thailand. Black ivory dan kopi luwak ini sama-sama berasal dari binatang dan black ivory ini merupakan hasil dari enzim pencernaan gajah. Biji kopi black ivory ini dihargai sekitar 14 juta per kilonya.

Cara Menyeduh Kopi

Fakta Unik Kopi. (Ladiestory.id)

Setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda dalam menyeduh kopi agar menjadi nikmat. Di Italia, orang-orang menyeduh kopi espresso dengan tambahan gula. Sementara orang-orang di Mesir lebih menyukai kopi hitam yang murni.

Sedangkan orang-orang di Austria menambahkan kopi mereka dengan tambahan whipcream. dan orang-orang Meksiko menyeduh kopi dengan tambahan kayu manis. Cara paling unik dalam menyeduh kopi mungkin ada pada orang-orang Maroko karena, mereka menambahkan campuran merica pada kopi.

Gimana pecinta kopi? Sudah cukup tercengang dengan 3 fakta unik dari kopi yang selama ini belum diketahui oleh pecinta kopi? Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan bagi para pecinta kopi ya!

 

s