Dirayakan oleh Umat Hindu Setiap Tahunnya, Ini Fakta Unik Mengenai Deepavali

Senin, 8 November 2021 | 18:50:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Dirayakan Oleh Umat Hindu Setiap Tahunnya, Ini Fakta Unik Mengenai Deepavali

Foto: Pixabay

Ladiestory.id - Dalam agama Hindu, perayaan Deepvali atau Diwali menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu.  Momen ini biasanya digunakan untuk saling berinteraksi, berkunjung, dan memperkuat tali persaudaraan dalam keluarga.

Perayaaan ini biasanya dilaksanakan sesuai kaleneder Hindu bulan Ashwayuja selama 5 hari berturut-turut. Di tahun 2021 ini, Deepvali berlangsung mulai dari tanggal 2 – 6 November.

Fakta Unik Mengenai Deepvali

 Deepavali
Foto: Pixabay

Perayaan Deepvali selalu digelar di seluruh dunia dengan acara yang meriah dan penuh dengan cahaya, baik itu cahaya dari lampu maupun lilin. Indonesia yang sebagian penduduknya beragama Hindu juga turut melaksanakan perayaan yang satu ini. Ada beberapa fakta unik mengenai perayaan Deepvali, yaitu:

1. Dirayakan Selama 5 Hari Berturut-turut

India yang merupakan negara dengan penduduk Hindu terbanyak, menyambut perayaan Deepvali dengan sangat meriah. Perayaan ini biasanya diadakan selama 5 hari berturut-turut.

2. Tiap Hari Memiliki Makna dan Perayaan yang Berbeda

Lima hari berturut-turut dari perayaan Deepvali memiliki makna yang berbeda di tiap harinya. Hari pertama disebut Vasu Daras, diperuntukkan bagi sapi yang merupakan hewan tersuci di agama Hindu.

Hari kedua disebut Dhan Teras diperuntukkan bagi Dewa Dhanvantari. Hari ketiga disebut Naraka Chaturdashi yang menjadi puncak perayaan Deepvali.

Hari keempat disebut Laksmi Puja yang ditujukan untuk poemujaan bagi Dewi Laksmi. Dan yang terakhir hari kelima disebut Bali Pratipada yang merupakan peringatan ketika Dewa Krisna mengangkat Bukit Govadhana.

3. Dirayakan dengan Menyalakan Lilin atau Lampu

Salah satu ciri khas dari perayaan Deepvali adalah banyaknya lampu atau lilin yang dinyalakan di atas atap rumah, di luar pintu, jendela rumah, di sekitar kuil, hingga di bagian lainnya yang dihuni oleh masyarakat. 

 Deepavali
Foto: Pixabay

 

4. Deepvali Berarti “Barisan Cahaya” dalam Bahasa Sansekerta

Dalam bahasa Sansejerta, Deepvali memiliki arti barusan lampu. Sehingga tidak heran jika pada perayaan Deepvali, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan cahaya dari lampu, kembang api, petasan, dll.

Banyaknya cahaya dari lampu maupun lainnya ini dipercaya mampu mengantarkan Dewi Laksmi ke tiap rumah-rumah dan membawa keberuntungan.

5. Menjadi Hari Libur Nasional

Ada banyak negara yang menjadikan perayaan Deepvali sebagai hari libur nasional, seperti Malaysia, Singapura, Fiji, Mauritius, Guyana, Myanmar, Nepal, Suriname, Sri Lanka, Trinidad, dan Tobago.

6. Sudah Dirayakan Lebih dari 2.500 Tahun Lamanya

Perayaan Deepvali sudah berlangsung sejak lama dan dirayakan tiap tahunnya. Namun saat ini masih cukup sulit untuk mengetahui asal-usulnya karena sering dikaitkan dengan begitu banyak agama dan mitologi berbeda.

 Deepavali
Foto: Pixabay

7. Memiliki Kesamaan dengan Natal

Di India, Deepvali menjadi hari libur terbesar di dunia. hampir sama seperti perayaan hari Natal di negara Barat. Pada perayaan Deepvali, biasanya digunakan sebagai momen untuk berkumpul dengan keluarga, mengambil cuti libur selama seminggu, dan mempersiapkan tahun baru yang akan datang dengan lebih baik.

Itu tadi beberapa fakta unik mengenai perayaan Deepvali. Di Indonesia, Deepvali biasanya dirayakan oleh masyarakat Bali yang mayoritas penduduknya adalah penganut Hindu. Selain itu juga di daerah Sumatera Utara.  Nah, apakah kamu tertarik juga untuk menyaksikan perayaan Deepvali?