Fans Film "Coco" Berduka, Sosok Mama Coco di Dunia Nyata Meninggal Dunia

Selasa, 18 Oktober 2022 | 13:00:00

Fans Film "Coco" Berduka, Sosok Mama Coco Di Dunia Nyata Meninggal Dunia

Mama Coco. (Special)

Ladiestory.id - Maria Salud Ramirez Caballero, seorang lansia yang menginspirasi karakter Mama Coco dalam film "Coco" (2017) dikabarkan tutup usia. Ia meninggal dunia pada usia 109 tahun. 

Berita duka ini dikonfirmasi oleh Roberto Monroy, Sekretaris Pariwisata Michoacan, Meksiko. Dia mengatakan sosok Mama Coco meninggal di Santa Fe de la Laguna, yang tak lain merupakan kota kelahirannya.

Sosok 'Mama Coco' Meninggal Dunia (http://Twitter.com/robertomonroy1)

"Saya sangat menyesali kematian Doña María Salud Ramírez Caballero, 'Mamá Coco', seorang wanita tak kenal lelah dan teladan," tulis Roberto Monroy di Twitter, Senin (17/10/2022).

"Saya berdoa untuk istirahat abadinya dan agar keluarganya menemukan ketenangan," sambungnya.

Dirilis pada 2017, film animasi Disney dan Pixar, "Coco", menuai kesuksesan besar. Banyak pemirsa yang jatuh cinta dengan sejumlah karakternya, terutama seorang nenek tua yang dikenal sebagai Mama Coco.

Meski tidak pernah diakui secara resmi, Maria Salud Ramirez Caballero memiliki kontribusi dalam pembuatan film tersebut. Pixar menjelaskan, mereka berbicara dengan banyak keluarga di daerah tersebut, termasuk keluarga Maria Salud Ramirez Caballero saat proses pendokumentasian film "Coco".

Maria Salud Ramirez Caballero - Mama Coco (special)

Maria dan tokoh Mama Coco mempunyai kesamaan yang mencolok jika melihat dari segi penampilan. Rumah Maria juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke kotanya, Santa Fe de la Laguna. Keluarga Maria pun sempat berupaya mendapat pengakuan Disney dan Pixar sejak 2017 ketika film "Coco" dirilis. Namun, mereka tidak berhasil.

Film animasi itu menceritakan kisah Miguel, anak berusia 12 tahun yang memetik gitar leluhurnya dan berakhir di Tanah Orang Mati yang mistis dan penuh dengan warna. Rupanya, di tempat itu ia bertemu kakek buyutnya yang sudah meninggal. 

Mama Coco adalah nenek buyut Miguel, yang disuarakan oleh aktris Ana Ofelia Murguia. Di samping Murguia, film tersebut menampilkan suara-suara dari Gael García Bernal, Benjamin Bratt, Edward James Olmos, Anthony Gonzalez dan Alanna Ubach.