Selalu Laris, Ini 5 Film Horor Terbaik Garapan Joko Anwar

Senin, 10 Januari 2022 | 15:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Selalu Laris, Ini 5 Film Horor Terbaik Garapan Joko Anwar

Film Pengabdi Setan karya Joko Anwar. (Special)

Ladiestory.id - Di antara film bertema komedi maupun romantis, film dengan genre horor cukup banyak diminati oleh para pecinta film Indonesia. Terbukti dengan beberapa judul film horor yang cukup laris manis menarik perhatian penonton.

Hadirnya film horor yang menarik tentunya tidak lepas dari peran seorang sutradara dalam mengarahkan para aktor maupun aktris saat berperan. Joko Anwar menjadi salah satu sutradara kenamaan Indonesia yang bisa dikatakan andal untuk menggarap film dengan genre ini. Bahkan bisa dikatakan berkat tangan dinginnya, film horor Indonesia menjadi naik levelnya.

Ada banyak judul film horor garapan Joko Anwar yang cukup sukses di pasaran dengan isi cerita yang dijamin menarik. Ladiestory.id telah merangkum beberapa deretan film horor yang disutradarai Joko Anwar.

1. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Film Ratu Ilmu Hitam. (Instagram.com/@rapifilm)

Film ini menjadi remake dari film Ratu Ilmu Hitam 1981 yang dulunya dibintangi oleh mendiang Suzanna. Untuk versi remake-nya ini dibuat sedikit lebih modern dan tidak sepenuhnya mengambil plot film yang terdahulu.

Ratu Ilmu Hitam bercerita mengenai pertemuan tiga orang sahabat yang sudah lama tidak berjumpa. Ketiganya pergi ke panti asuhan dimana dulunya mereka dibesarkan. Ditemani dengan istri mereka masing-masing.

Tujuannya untuk menjenguk Pak Bandi, pengurus panti asuhan yang sedang sakit keras. Panti asuhan tersebut berada di tempat pelosok yang bahkan tidak terdeteksi oleh Google Maps sekalipun. Siapa sangka perjalanan dengan niat baik untuk menjenguk orang yang mereka kenal justru membawa petaka saat mereka sampai di pantai asuhan tersebut.

2. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film Perempuan Tanah Jahanam. (Special)

Film horor besutan Joko Anwar ini berhasil diputar dalam festival film Rotterdam dan Sundance. Bahkan sukses menyabet berbagai penghargaan piala citra di pagelaran FFI 2020. Perempuan Tanah Jahanam bercerita mengenai Maya (Tara Basro) dan Dini (Marissa Anita), sepasang sahabat yang sangat dekat layaknya kakak dan adik.

Keduanya tinggal di kota dan berjuang untuk bertahan hidup. Suatu hari, seolah mendapatkan durian runtuh, Maya diketahui mendapatkan harta warisan di kampung halamannya. Ditemani oleh Dini, Maya pun datang ke kampung halamannya. Namun sesampainya di sana mereka justru mendapatkan perlakukan dingin dari warga sekitar.

3. Pengabdi Setan (2017)

Film Pengabdi Setan. (Special)

Rilis pada 2017 lalu, Pengabdi Setan menjadi salah satu film horor sukses di Indonesia. Pada masa penayangannya, film ini mampu meraup 4,2 juta penonton. Bahkan berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Film Horor Terbaik pada berbagai ajang bergengsi perfilman dunia.  

Tak heran jika di 2022 ini Joko Anwar mengabarkan akan merilis film Pengabdi Setan 2 sebagai sekuelnya. Pengabdi Setan bercerita mengenai kehidupan Rini dan keluarganya yang harus pindah ke rumah neneknya setelah menjual rumah mereka. Kehidupan di rumah baru ini semakin terasa tidak tenang. Apalagi setelah kematian sang ibu yang sebelumnya sakit bertahun-tahun tanpa tahu penyebabnya.

4. Modus Anomali (2012)

Film Modus Anomali. (Special)

Dalam film Modus Anomali, Joko Anwar mendapuk beberapa binta ternama Tanah Air. Sebut saja mulai dari Rio Dewanto, Marsha Timothy, dan Hannah Al Rasyid. Cerita dalam film ini Joko Anwar berhasil menyalurkan idenya yang out of the box. Tak heran jika mampu meraih penghargaan dari ajang Network of Asian Fantastic Film (NAFF) pada 2011 lalu.

Modus Anomali bercerita mengenai John Evans (Rio Dewanto) yang menyadari dirinya terbangun seorang diri di tengah hutan. Dirinya hanya memiliki sebuah handphone tanpa satu kontak telepon pun di dalamnya. John pun kemudian melakukan berbagai upaya agar bisa keluar dari hutan tersebut dengan selamat.  

5. Pintu Terlarang (2009)

Film Pintu Terlarang. (Special)

Film horor garapan Joko Anwar ini diadaptasi dari novel dengan judul sama karangan Sekar Ayu Asmara. Dibintangi oleh Fachri Albar dan Marsha Timothy, film Pintu Terlarang bercerita tentang sosok Gambir yang merupakan seorang pematung sukses. Dirinya sangat terkenal di bidangnya lantaran hasil patung buatannya yang berupa pahatan ibu hamil.

Kesuksesan Gambir ini juga tak luput dari dukungan istrinya, Talyda. Di kediaman sepasang suami istri ini terdapat pintu misterius. Talyda selalu melarang suaminya untuk membuka pintu misterius tersebut karena ada sesuatu yang dirinya sembunyikan. Hingga suatu hari Gambir mendapatkan pesan misterius dari seorang anak laki-laki yang meminta pertolongan.