5 Film India Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

Rabu, 20 Juli 2022 | 13:45:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Film India Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton!

Poster Gangubai Kathiawadi (Special)

Ladiestory.id - India merupakan salah satu negara di Asia yang terkenal dengan industri entertaiment-nya. Mulai dari film, musik, hingga serialnya telah menjadi produk yang di distribusikan ke beberapa negara. Bahkan, kamu mengenal istilah Bollywood yang dianggap sebagai bentuk istilah untuk menyaingi industri Hollywood yang ada di Amerika Serikat.

Terkenal dengan keunikannya, mulai dari genre aksi, hingga komedi dapat menjadi pilihan tontonan yang menarik di waktu luang.  Berikut, 5 film India terbaik yang wajib kamu tonton! 

3 Idiots (2009)

3 Idiots (Special)

Film yang rilis pada 2009 ini menjadi salah satu film India terbaik yang wajib kamu tonton. Mengisahkan perjalanan Farhan dan Raju yang membentuk ikatan persahabatan karena kehadiran Rancho dalam hidup mereka. Mereka mengalami perubahan pandangan hidup menjadi penuh nilai positif dan semangat.

Film inspiratif ini memberi banyak pesan tersirat, khususnya mengenai permasalahan pendidikan. Bahkan, film ini termasuk dalam jajaran film terlaris sepanjang masa di India dan mendapat rating 8.4 di IMDB. Keren banget, ya!

Jai Bhim (2021)

Poster Jai Bhim (Special)

Jai Bhim merupakan film yang dikisahkan berdasarkan kejadian nyata pada 1993. Bercerita tentang kasus yang diperjuangkan oleh hakim bernama K.Chandru. Ia menangani kasus dari sepasang suami istri bernama Sengeni dan Rajakannu dari suku Dalit. Mereka mendapat perlakukan tidak adil oleh kepolisian dalam penanganan kasus hukum yang menimpanya.

Sebagai informasi, suku Dalit sering dianggap oleh masyarakat India sebagai kasta 'terendah'. Sehingga, tak jarang anggota suku tersebut diasingkan atau bahkan tidak dianggap. Film ini banyak memberikan gambaran terkait sistem kasta yang masih berlaku di India hingga saat ini.

The White Tiger (2021)

Poster White Tiger (Special)

Jika kamu mengira film ini akan membahas seputar dunia fauna, jawabannya salah besar! Film yang rilis pada 2021 ini merupakan adaptasi dari buku pemenang Booker Prize dengan judul yang sama. Meceritakan kisah hidup seorang pemuda bernama Balram Halwai yang berjuang untuk mengubah nasibnya dari kasta terbawah, ia berhasil menjadi salah satu pengusaha sukses di India. Setelah penayangannya, "The White Tiger" mendapat apresiasi besar. Film ini bahkan memperoleh rating 7.1 dari 55 juta pengguna di IMDB. Sungguh mengesankan, ya!

Hotel Mumbai (2018)

Poster Hotel Mumbai (Special)

Hotel Mumbai merupakan film yang diangkat berdasarkan kisah nyata dari tragedi serangan Mumbai pada 2008 di Taj Mahal Palace Hotel. Film ini sendiri dibintangi oleh aktor dan aktris ternama, seperti Dev Patel hingga Armie Hammer. Dikisahkan, terjadi sebuah penyerangan oleh teroris di salah satu hotel bintang lima India.

Film Hotel mumbai mengusung genre aksi thriller dan menyuguhkan adegan-adegan menarik serta alur cerita yang akan membawa kamu ikut terbawa suasana dalam film. DIjamin, kamu tak akan mengalami kebosanan hingga akhir film.

Gangubai Kathiawadi (2022)

Poster Gangubai Kathiawadi (Special)

Film yang sempat viral ini tak perlu diragukan kualitasnya. Diangkat dari kisah nyata dengan latar 1960 ini menceritakan kehidupan seorang perempuan bernama Gangga yang memiliki pengaruh di dunia malam, khususnya prostitusi. Ia menjadi pemilik dari rumah bordil ternama di India.

Meski begitu, ia tak pernah melakukan pemaksaan untuk seseorang menjadi pekerja di tempatnya. Ia justru menjadi tempat pelarian serta berlindung para perempuan yang terlindas oleh kekerasan dalam lingkungannya. Film ini akan mengajak kamu menyelami berbagai problematika mengenai penindasan perempuan yang masih terbilang tinggi di India. Apakah sudah siap menonton?

Itulah 5 film India yang wajib kamu tonton. Selain menghibur, film di atas juga akan memberikan pelajaran dan pengetahuan seputar kehidupan di India. Jadi, selamat menonton, ladies!