Penuh Ketegangan! 5 Film Korea dengan Tema Peperangan

Kamis, 28 Juli 2022 | 00:01:00

Ananda Rizki

Penulis : Ananda Rizki

Penuh Ketegangan! 5 Film Korea Dengan Tema Peperangan

The Battleship Island. (Special)

Ladiestory.id - Selain drama, Korea juga punya film yang banyak digemari penonton. Bagi seseorang yang menyukai semua hal tentang Korea, sejarah Negeri Ginseng pun tak luput dicari tahu untuk menambah pengetahuan. Salah satu cara mempelajari sejarah dan budaya Negeri Ginseng adalah dengan menonton film Korea bertema perang.

Beberapa film perang Korea ini pun berhasil mendapatkan berbagai penghargaan karena cerita yang menarik dan menyentuh hati. Kebanyakan dari film ini menceritakan tentang Perang Korea yang terjadi pada 1950 atau perang dengan negara lain ketika masa penjajahan.

Film Perang Korea

Penuh ketegangan dan mengaduk sisi emosional, deretan film yang dirangkum Ladiestory.id berikut dapat dikatakan sebagai film perang korea terbaik. Apa saja judul filmnya? Yuk simak! 

1. The Battleship Island – 2017 

The Battleship Island. (mydramalist.com)

Film yang ditayangkan pada 2017 ini mengisahkan tentang perjuangan Korea Selatan pada zaman Perang Dunia II. Saat itu, Korea Selatan sedang diduduki oleh Jepang. Selama era kedudukan Jepang tersebut, sekitar 400 orang Korea terpaksa dibawa ke Battelship Island untuk bekerja di tambang batu bara.

Dibintangi oleh beberapa aktor besar Korea, seperti Song Joong Ki, So Ji Sub, dan Hwa Jung Min, film berdurasi 132 menit ini berhasil membawa penghargaan setelah pemutarannya, seperti "Popularity Award" dan "Best Art Award" di “Blue Dragon Film Awards 2017”.

2. The Battle of Jangsari – 2019 

The Battle of Jangsari. (mydramalist.com)

"The Battle of Jangsari" disebut sebagai salah satu film perang korea terbaik yang berhasil menjadi perhatian banyak orang. Selain jalan cerita yang bagus, film ini pun dibintangi oleh berbagai nama besar aktor dan aktris dari Korea Selatan. Selain itu, film ini juga menggandeng artis kenamaan Hollywood, seperti Megan Fox dan George Eads.  

Diangkat dari sebuah kisah nyata, "The Battle of Jangsari" mengisahkan tentang 772 orang tentara pelajar yang ikut berperang pada Perang Incheon. Perang tersebut dipimpin oleh Kapten Lee Myung Jung di Jangsari, dengan menumpang sebuah kapal.  

Misi dari kelompok ini adalah untuk menipu Korea Utara bahwa invansi yang sesungguhnya akan terjadi di Jangsari dan menyamar sebagai oposisi yang akan melakukan invansi. Seharusnya, invansi tersebut ada di Incheon pada satu hari kemudian.  

Para tentara muda itu pun baru dilatih selama dua minggu, dengan rata-rata umurnya adalah 17 tahun. Mereka pun mencoba sampai dengan selamat di Jangsari dengan melawan hujan peluru.  

3. The Battle: Roar to Victory – 2019  

The Battle: Roar to Victory. (mydramalist.com)

Dibintangi oleh pemeran asal Jepang dan Korea, seperti Yoo Hae Jin, Ryu Jun Yeol, Jo Woo Jin, Kazuki Kitamura dan Kotaro Daigo, film dengan durasi 2 jam 15 menit ini juga masuk sebagai film perang terlaris pada 2019.  

Diangkat dari sebuah kisah nyata, film ini mengisahkan tentang perjuangan Korea Selatan dalam melawan penjajah Jepang. Para pejuang Korea Selatan bekerja sama dengan Hwang Hae Cheol dan penembak jitu bernama Lee Jang Ha untuk bertempur Manchuria, Tiongkok.  

4. Northern Limit Line – 2015 

Northern Limit Line. (mydramalist.com)

Film yang rilis pada 2015 ini dibintangi oleh Jin Goo, Lee Hyun Woo, dan Kim Mu Yeol. Berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada 2002, film ini mengisahkan tentang perjuangan tentara laut Korea Selatan dalam melawan serangan dari Korea Utara di perbatasan perairan mereka. Diceritakan pada saat itu, seorang anggota Angkatan Laut Republik Korea yang baru bergabung bernama Koprol Park Dong Hyuk, ditugaskan di sebuah kapal patroli Chamsuri 357.  

Pada saat itu, ada mata-mata dari Korea Utara yang menyamar sebagai nelayan dan masuk ke dalam perairan Garis Batas Utara, wilayah laut yang sedang disengketa, dengan menggunakan kapal pukat ikan. Namun sayangnya, penyamaran mereka tidak berhasil dan tertangkap oleh kapal Chamsuri 357 tersebut. Perbatasan tersebut berada di dekat Pulan Yeonpyeong, yang berada di Laut Kuning. 

Ditengah kegembiraan karena tim sepak bola nasional Korea Selatan berhasil masuk final melawan Turki untuk posisi ketiga di Piala Dunia 2022, semua hal ini terjadi. Berulang kali kapal pengintai dari Korea Selatan memasuki wilayah perbatasan tersebut.  

Hingga pada akhirnya pada 29 Juni 2002, kapal patroli 357 tersebut diserang secara tiba-tiba oleh Korea Utara. Hal tersebut yang menyebabkan pertempuran di perbatasan itu dan terkenal dengan Pertempuran Yeonpyeong.  

5. In Love and War – 2011 

In Love and The War. (mydramalist.com)

Film ini dibintangi oleh Kim Ju Hyeok, Jung Ryeo Won, dan Yoo Hae Jin. Film ini berlatar saat Perang Korea pada 1950. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang nenek yang tinggal di daerah Pyeongtaek, bernama Se Young 

Mengisahkan tentang seorang tentara dari Korea Utara bernama Kim Jung Woong bersama  pasukannya memasuki sebuah desa kecil di Korea Selatan, bernama Seokjongri. Desa tersebut sangat terpencil dan seperti tidak mengetahui sedang terjadi perang yang cukup hebat. Meski demikian, para penduduknya mendengar soal desas-desus perang tersebut.  

Kapten dari tentara Korea Utara ini memasuki desa tersebut, ketika penduduk desa sedang menyiapkan sebuah pernikahan dari cucu pemimpin desa, bernama Sul Hee. Niat awal para pasukan tersebut adalah ingin menemukan sebuah kaum reaksioner di desa tersebut.  

Namun, para tentara tersebut malah disambut dengan baik dan ramah. Bahkan, mereka diajak untuk ikut menikmati pesta tersebut. Para pemimpin desa dan penduduknya pun mulai melepaskan senjata-senjata yang dibawa oleh para prajurit tersebut demi menjaga keselamatan desa mereka.  

Kelima tersebut pun mendapatkan banyak apresiasi positif dari para pengamat dan kritius serta penghargaan karena jalan ceritanya yang menarik. Kamu tertarik nonton film yang mana, Ladies

s