Film "Kukira Kau Rumah" Didaptasi dari Lagu, Begini Curhatan Penulis Asli

Kamis, 10 Februari 2022 | 11:00:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Film "Kukira Kau Rumah" Didaptasi Dari Lagu, Begini Curhatan Penulis Asli

Aya Canina. (Instagram.com/ayacanina)

Ladiestory.id - Film Kukira Kau Rumah kini jadi perbincangan masyarakat lantaran ramai ditonton. Kesuksesan film ini ternyata tersimpan cerita pilu dari penulis asli.

Judul film Kukira Kau Rumah ini terinspirasi dari lirik lagu yang ditulis oleh mantan vokalis Amigdala, Aya Canina. Ia keluar dari band tersebut setelah menceritakan pengalaman mengalami kekerasan dalam pacaran. Namun, cerita ini tidak ada penyelesaian.

Aya Canina mengunggah foto di Instagram yang berisi asal mula lagu Kukira Kau Rumah yang ditulisnya. Ia mengatakan bahwa lagu ini ditulis pada 2016 sebagai puisi.

“Pada awalnya aku tulis pada pertengahan 2016, jauh sebelum band itu ada. Sebagai puisi dengan hanya satu bait, begini bunyi mulanya: Kukira kau rumah ternyata kau cuma kusewa dari tubuh seorang perempuan yang memintamu pulang,” tulis Aya Canina.

Unggahan Aya Canina. (Instagram.com/ayacanina)

Bait tersebut menjadi refrain lagu yang menjadi viral hingga ke negara lain. Selanjutnya, lirik tersebut diubah menjadi lagu oleh Isa Maula Elfasya.

Aya Canina mengungkapkan bahwa lagu Kukira Kau Rumah ini pertama kali diunggah oleh Indielokal, salah satu channel Youtube yang berisi lagu-lagu folk indie pada Februari 2017. Lagu yang diunggah ini mendapat komentar baik dari para pendengarnya.

Tak hanya itu, Aya Canina juga menceritakan alasan ia keluar dari grup band Amigdala. Di dalam unggahan tersebut, mantan vokalis ini mengatakan bahwa anggota Amigdala turut melanggengkan kekerasa mental yang dialami.

“Ya. Saya keluar dari Amigdala karena saya mengalami kekerasan dalam pacaran selama rentang waktu 3,5 tahun itu. Dan itu sangat memengaruhi kondisi mental saya,” ungkap Aya Canina.

“Saya merasa tidak didukung penuh bahkan setelah pengakuan itu saya beberkan. Saya ingat si drummer pernah bilang, ‘jangan takut. Kalau perlu bantuan, aku akan bantu’. Tapi dia tidak pernah menghubungi saya, bahkan sekedar memastikan apakah saya masih menerima ancaman dari mantan saya? Tidak. Tidak pernah. Sampai detik ini,” lanjutnya.

Akan tetapi, Aya Canina belum bisa menceritakan kronologi semuanya karena mentalnya tidak kuat. Ia juga mengatakan sampai hari ini tidak ada permintaan maaf dari anggota grup bandnya kala itu.