Filosofi Bunga Matahari, Si Cantik Penuh Keceriaan

Jumat, 24 Desember 2021 | 20:45:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Filosofi Bunga Matahari, Si Cantik Penuh Keceriaan

Bunga matahari. (Special)

Ladiestory.id - Bunga matahari atau yang memiliki nama latin Helianthus annuus L merupakan bunga dari golongan kenikir atau Asteraceae. Bunga ini memiliki ciri khas warna kuning terang dan kelopak bunga yang besar. Bunga matahari sangat cocok di halaman rumah. Melihat bunganya yang besar dan berwarna kuning cerah tentunya akan memberikan kesan dan nuansa ceria. Bunga matahari juga termasuk unik karena selalu tumbuh menghadap ke matahari. Bunga ini sebenarnya berasal dari Amerika Serikat namun sudah banyak dibudidayakan di berbagai Negara.

Perawatan Bunga Matahari

Bunga matahari tergolong bunga yang mudah ditanam dan mudah dalam perawatannya. Hanya saja bunga matahari harus terlindung dari angin kencang dan mendapatkan sinar matahari yang cukup selama enam hingga delapan jam setiap harinya.

Bunga matahari harus selalu di siram setiap harinya. Apabila tanah yang digunakan bukan tanah yang subur, maka Kamu perlu memberikan pupuk untuk menambah nutrisi agar bunga matahari bisa tetap bertahan hidup.

Bunga matahari juga termasuk bunga yang mudah terserang serangga dan hama. Letakkan pengusir siput disekitarnya agar bunga matahari bisa bebas dari serangan hama siput.

Apabila daun bunga matahari mulai menguning, ini sebagai tanda bahwa bunga matahari sudah terserang jamur. Kamu bisa menggunakan fungisida untuk mengatasi hal ini.

Filosofi Bunga Matahari

Di balik keindahannya ternyata bunga matahari memiliki banyak filosofi di dalamnya. Ladies, berikut filosofi bunga matahari yang perlu kamu tahu.

1. Semangat dan optimisme

Gambar bunga matahari. (Special)
Gambar bunga matahari. (Special)

Memiliki warna kuning cerah, membuat bunga matahari bisa memberikan energi positif bagi siapapun yang melihatnya. Bunga matahari juga diyakini bisa memancarkab semangat dan rasa optimis pada kehidupan. Diibaratkan sama dengan matahari yang menerangi dan menghangatkan bumi beserta kehidupan di dalamnya.

2. Energi Positif

Fakta menarik dari bunga matahari adalah, bunga yang tidak mudah rapuh dan mati dalam segala cuaca. Ini melambangkan energi positif ada dalam diri bunga matahari. Energi positif yang ada pada bunga matahari bisa juga memberikan dampak ke orang yang melihatnya. Layaknya matahari, bunga inu juga mampu menerangi bahkan menghangatkan kehidupan.

3. Kegembiraan dan Keceriaan

Bunga matahari. (Special)
Bunga matahari. (Special)

Bunga matahari melambangkan kegembiraan dan keceriaan. Dengan warna bunga yang cerah melambangkan keceriaan sehingga orang yang melihatnya pun merasakan keceriaan tersebut. Hal ini bermakna bahwa bagaimanapun kerasnya kehidupan harus dilewati dengan keceriaan dan kegembiraan. Dan keceriaan tersebut akan menukar kepada orang di sekeliling kita.

4. Kesetiaan

Bunga matahari dikenal mempunyai keunikan bernama fototropisme. Bunga Matahari akan mengikuti arah datangnya matahari. Jika di pagi hari bunga ini akan menghadap ke arah timur namun jika sore hari berputar ke arah barat. Hal ini melambangkan suatu kesetiaan. Bunga matahari setia kepada matahari dengan mengikuti kemanapun arah datangnya matahari.

5. Persatuan

Bunga matahari. (Special)
Bunga matahari. (Special)

Bunga matahari tergolong bunga yang majemuk. Bunga ini memiliki ratusan hingga jutaan bunga kecil. Bunga ini mempunyai makna kebersamaan dan kesatuan. Hal ini bermakna betapa pentingnya untuk bersatu dan saling merangkul karena hal tersebut adalah sumber kekuatan dalam hidup.

6. Persahabatan

Bunga matahari bukan merupakan bunga romantis. Bunga dengan warna kuning ini melambangkan kesetiaan untuk sebuah persahabatan ataupun kekeluargaan.