Flashback, Rentetan Peristiwa Bencana yang Terjadi pada Januari 2021

Sabtu, 27 November 2021 | 00:10:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Flashback, Rentetan Peristiwa Bencana Yang Terjadi Pada Januari 2021

Foto: iStockphotos/MicroStockHub

Ladiestory.id - Tidak terasa sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2021 dan memasuki tahun 2022. Banyak sekali peristiwa yang terjadi dan memberikan kenangan yang tidak terlupakan.

Terutama jika melakukan flashback ke kalender Januari 2021. Ada banyak sekali peristiwa tidak terduga, terutama yang berkaitan dengan bencana.

Peristiwa Bencana yang Terjadi pada Januari 2021

Awal tahun pastinya menjadi harapan baik bagi setiap orang. Namun sayangnya di Januari 2021, banyak sekali momen atau peristiwa bencana yang cukup membuat pilu.

Tidak hanya sebagian besar orang saja, namun juga membuat pilu hampir seluruh rakyat Indonesia. Lantas peristiwa apa sajakah itu? Bisa disimak yang berikut ini.

1. Bencana Tanah Longsor di Sumedang, Jawa Barat

Peristiwa ini terjadi tepatnya pada 9 Januari 2021 di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tanah longsor terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi sejak sore harinya.

Longsoran dengan ketinggian 20 meter dan panjang 40 meter tersebut membuat 14 unit rumah tertimbun dan total korban 40 orang meninggal per 18 Januari 2021.

2. Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Di hari yang sama dengan peristiwa tanah longsor di Sumedang, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dikabarkan jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Pesawat yang diketahui terbang dengan rute Jakarta-Pontianak itu lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 14.36 WIB.

Namun diketahui pesawat hilang kontak 4 menit kemudian. Pesawat yang kemudian dilaporkan hilang ini kemudian berhasil di temukan jatuh di sekitar perairan Kepulauan Seribu.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 diinformasikan mengangkut 62 orang penumpang, yang terdiri atas 12 awak kabin, 40 penumpang dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi. Dari 62 penumpang tersebut, diketahui 20 diantaranya merupakan warga Kalimantan Barat.

3. Banjir Besar di Kalimantan Selatan

Foto: Antaranews Kalsel/Bayu Pratama S.

Banir besar yang terjadi pada Selasa, 12 Januari 2021 di Kalimantan Selatan ini terjadi akibat curah hujan yang tinggi. Tercatat ada 13 kabupaten/kota yang terendam dan 2 kabupaten lainnya yang selamat dari rendaman banjir.

Akibat banjir besar ini, puluhan ribu jiwa harus mengungsi. Jumlah korban dari bencana banjir ini terus bertambah kala itu dan Pemprov Kalsel menetapkan status Tanggap Darurat Bencana Banjir pada 14 Januari 2021.

4. Gempa Bumi di Mamuju dan Majene

Foto: ANTARA FOTO/AKBAR TADO

Setelah bencana bajir di Kalimantan Selatan, terjadi gempa bumi di wilayah Mamuju dan Mejene, Sulawesi Barat. Gempa terjadi di tanggal 14 dan 15 Januari 2021. Gempa pertama berkekuatan 5,9 skala richter terjadi pukul 14.35 WITA.

Setelah itu terjadi gempa susulan berkekuatan 6,2 skala richter pada pukul 02.28 WITA. Berdasarkan update per 19 Januari 2021, diketahui jumlah korban yang tewas mencapai 90 orang.

Sedangkan untuk jumlah pengungsi mencapai 20 ribu orang, dengan 15 ribu orang warga Mamuju dan 5 ribu pengungsi lainnya dari warga Majene.

5. Gunung Semeru Meletus

Foto: potret24

Bencana alam yang satu ini terjadi pada 16 Januari 2021 di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Akibat Gunung Semeru meletus, sejumlah daerah di sekitarnya mengalami hujan abu vulkanik.

Meskipun kala itu statusnya ditetapkan masih berada di level II atau waspada, namun masyarakat diminta untuk waspada dengan ancaman awan panas dan guguran batuan dari kubah lavanya.

6. Banjir dan Longsor di Manado

Kota Manado juga mengalami bencana alam berupa banjir dan tanah longsor pada 16 Januari 2021 pukul 15.09 WITA. Diketahui penyebab utamanya adalah hujan dengan intensitas tinggi dan struktur tanah yang labil. Ada sekitar 9 kecamatan dan 33 kelurahan di Manado yang mengalami banjir dan tanah longsor.

Ada banyak sekali peristiwa menyedihkan yang terjadi di Januari 2021. Tentunya kita berharap di tahun-tahun selanjutnya semoga tidak terjadi peristiwa serupa. Itu tadi sedikit flashback kalender Januari 2021 yang cukup membangkitkan kenangan sedih bagi banyak orang.