Gabung Komunitas Partner GoFood, UMKM Kuliner Bisa Semakin Cakap Digital

Kamis, 20 Oktober 2022 | 17:25:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Gabung Komunitas Partner Gofood, Umkm Kuliner Bisa Semakin Cakap Digital

KOMPAG. (Special)

Ladiestory.id - UMKM berperan besar terhadap pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19. Guna menghadapi tantangan pandemi, dan untuk dapat terus bertahan, tercatat 83 persen UMKM mengandalkan digitalisasi dalam menjalankan usahanya. 

GoFood, salah satu online food delivery di Indonesia menyadari bahwa bergabungnya UMKM, khususnya UMKM kuliner, ke dalam ekosistem digital belum cukup. Namun, diperlukan pendampingan dan edukasi berkelanjutan agar UMKM kuliner dapat tumbuh berkelanjutan dalam jangka panjang di era digitalisasi. 

Hal ini yang mendorong GoFood untuk terus berperan aktif mendorong kemajuan UMKM kuliner melalui wadah komunitas dengan mendirikan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) tiga tahun lalu.

Melalui hadirnya KOMPAG, GoFood berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM kuliner dari segala tingkatan bisnis untuk naik kelas hingga mampu terus bersaing di tengah ketatnya persaingan.

Sejak didirikan pada Oktober 2019, KOMPAG menjadi komunitas yang menyediakan serangkaian program edukasi, pelatihan dan kesempatan berjejaring bagi pelaku UMKM kuliner di industri online food delivery Indonesia. KOMPAG memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Whatsapp, dan Telegram untuk saling berbagi dan menambah ilmu, berkolaborasi serta berjejaring secara inklusif. 

Lathiful Amri, Pemilik Usaha Pancong Ruang Rasa dan Perwakilan Mitra Usaha GoFood turut menjelaskan dampak positif KOMPAG. Ia mengatakan KOMPAG membantunya menemukan solusi tepat dalam mengoptimalkan performa bisnis secara online di tengah kondisi yang tak menentu.  

Dalam upaya membangkitkan semangat dan optimisme mitra UMKM kuliner, GoFood menyelenggarakan 3 Tahun Semarak KOMPAG sebagai ajang perayaan hari jadi KOMPAG dan mengapresiasi pencapaian positif mitra UMKM GoFood pada 14 Oktober lalu. 

Di acara ini, GoFood juga memberikan penghargaan kepada 9 mitra UMKM dan 1 grup kota ter-KOMPAG, yang terus berbagi ilmu dan menginspirasi mitra UMKM lainnya di sepanjang 2022.

Untuk membantu lebih banyak lagi mitra UMKM, GoFood akan terus melanjutkan kesuksesan KOMPAG pada 2023. GoFood akan memperkuat mentorship dan perkembangan skala bisnis mitra UMKM di 75 kota melalui edukasi dan pelatihan secara daring maupun luring.Pihaknya juga akan melakukan ekspansi KOMPAG ke kota-kota baru untuk membantu mitra UMKM kuliner saling terhubung.