Gagal lolos SBMPTN? Ini Alasan Kenapa Tak Perlu Berkecil Hati

Senin, 14 Juni 2021 | 20:10:49

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Gagal Lolos Sbmptn? Ini Alasan Kenapa Tak Perlu Berkecil Hati

Foto: Ladiestory.id

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri dengan sistem ujian tertulis.

Perguruan tinggi negeri (PTN) masih banyak diminati oleh sebagain besar siswa, salah satu alasannya karena kualitas pendidikan PTN dianggap lebih berkualitas dibanding di perguruan tinggi swasta (PTS).

Tak sedikit pula yang mempertimbangkan dari segi biaya. Biaya kuliah di PTN masih dianggap lebih ringan dibandingkan PTS.

Dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri ini, salah satu jalur masuk yang bisa diikuti adalah SBMPTN tersebut.

Namun, persaingan untuk dapat diterima melalui jalur ini cukuplah ketat. Banyaknya peserta yang ikut tak sebanding dengan jumlah mahasiswa yang diterima lewat SBMPTN.

Maka dari itu, tak sedikit siswa yang gagal masuk perguruan tinggi lewat jalur ini. Perasaan sedih dan kecewa sering kali dirasakan oleh para peserta yang gagal. Walaupun tak lolos SBMPTN, kamu tak perlu berkecil hati.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu tak perlu berkecil hati jika gagal SBMPTN.

Masih ada seleksi lain yang bisa diikuti

SBMPTN bukanlah satu-satunya seleksi untuk dapat masuk perguruan tinggi negeri. Walau tak lolos SBMPTN, kamu bisa mendafar di perguruan tinggi negeri impianmu melalui jalur mandiri.

Jalur seleksi mandiri adalah seleksi ujian yang diadakan oleh pihak perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Biasanya seleksi mandiri akan diumumkan oleh pihak perguruan tinggi. Untuk itu, kamu harus rajin mengecek website perguruan tinggi incaranmu.

Selain mendaftar di PTN, tak ada salahnya untuk mencoba mendaftar di perguruan tinggi swasta. 

Kesempatan ikut beasiswa ke luar negeri

Gagal di SBMPTN bukan berarti kamu adalah orang yang gagal. Salah satu YouTuber dan influencer di bidang pendidikan, Jerome Polin, juga pernah membuat video tentang hal ini.

Banyaknya peserta yang mengikuti SBMPTN dan terbatasnya kuota penerimaan mahasiswa lewat jalur ini membuat peluang diterima tentu saja kecil.

Walaupun tak diterima di perguruan tinggi negeri, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mendaftar kuliah di luar negeri.

Well, peluangnya mungkin juga kecil, tapi tak ada salahnya untuk dicoba. Menurut Jerome, tak sedikit mahasiswa yang tidak lolos SBMPTN justru kini mendapatkan beasiswa kuliah di Jepang. So, jangan berkecil hati, ya!

Peluang untuk berkarier

Saat tak diterima SBMPTN mungkin sebagian dari kamu berpikir untuk mencoba mengikuti seleksi ini lagi tahun depan, atau mungkin juga memutuskan untuk mencari pekerjaan. Well, apapun pilihanmu pasti itu yang terbaik menurutmu.

Kesempatan ini bisa menjadi peluangmu untuk mendalami hobi, meningkatkan skill, atau mencoba meniti karier. Di zaman modern seperti ini, kamu bisa memanfaatkan internet dan media sosial sebagai ladang mencari penghasilan.

Tak sedikit dari influencer atau selebgram juga belum berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi. Bukan berarti pendidikan tidak penting. Pendidikan itu penting, hanya saja tak ada salahnya untuk mencoba hal baru.

Menghadapi kegagalan bukanlah perkara mudah bagi sebagian orang. Untuk itu, perlu adanya pikiran bahwa diri sendiri worthy atau berharga dan tak perlu berlarut-larut menyalahkan diri sendiri.