Gagal Teruskan Tahta KGPAA Mangkunegara X, Paundrakarna Tenagkan Diri ke Jakarta

Minggu, 13 Maret 2022 | 14:00:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Gagal Teruskan Tahta Kgpaa Mangkunegara X, Paundrakarna Tenagkan Diri Ke Jakarta

Gph Paundrakarna Js (Instagram.com/gph_paundrakarnajs)

Ladiestory.id - Ketika penobatan Bhre Cakrahutama sebagai pengageng Istana Pura Mangkunegaran pada Sabtu (12/3/2022), GPH Paundrakarna yang merupakan putra sulung mendiang KGPAA Mangkunegara IX dan kakak dari Bhre Cakrahutama memilih menenangkan diri ke Jakarta. Ia mendatangi kediaman keluarga besar ibunya, Sukmawati Soekarnoputri dan adik kandungnya, GRA Putri Agung Suniwati alias Menur untuk berkumpul bersama. 

Dengan mengajaknya berkeliling, Menur berusaha menghibur kegusaran hati yang sedang dihadapi kakaknya. Mereka mendatangi Melly Goeslaw yang merupakan sahabat dari Paundra karena dulu pernah bermain di sinetron Gita Cinta dari SMA.

Rencananya, mereka akan membuat proyek bersama. "Temu kangen," paparnya pada posting-an foto di akun Instagramnya pada dua hari yang lalu. Setelahnya, ia mengunggah lagi sebuah posting-an. "Bismillah for next," paparnya dalam foto yang menunjukkan foto Paundrakarna, Anto Hoed, Melly Goeslaw dan dirinya sendiri. 

Menur dan Paundrakarna (instagram.com/menursoekarno77)

Ketika mereka dinner di Pantai Indah Kapuk, Menur tampak mem-posting fotonya berdua dengan Paundra. Di depan toko bertuliskan "Solo", mereka berfoto berdua. Keterangan yang tertera tampak menyindir penobatan adik seayahnya yang tak lain adalah Bhre Cakrahutomo sebagai KGPAA Mangkunegara X sekaligus menguatkan sang kakak. 

"Tidak usah takut ketika posisi itu direbut, tidak usah dendam dan amarah. Biarkan waktu yang kan menjawab oleh kedewasaan kita. Pasrahkan segala sesuatunya kepada Gusti Allah. Menerima dengan berjiwa besar itu adalah PEMENANG sesungguhnya. Ikhlas dan terus berikhtiar," paparnya. 

Paundrakarna sebelumnya sudah menentang rencana penetapan Bhre Cakrahutama yang akan dijadikan penerus tahta mendiang ayah mereka. Sebagai anak tertua, Paundra merasa jika dirinyalah yang seharusnya meneruskan suksesi selanjutnya. Selain itu juga, sebelum naik tahta, Cakrahutama sebagai anak laki-laki dari permaisuri, dinilai lebih berhak melanjutkan lantaran KGPAA Mangkunegara IX berpisah dengan Sukmawati, ibunda Paundra. 

"Jabatan itu amanah yang besar, tanggung jawab yang besar. Apalagi, netizen Indonesia itu kritis. Jadi ya gitulah, kenapa sedikit-sedikit viral. Tapi enggak papa, harta itu enggak dibawa mati, yang dibawa mati amal ibadah, Intinya diikhlasin sajalah," ujar Menur menjawab pertanyaan warganet.