Gak Sadar, Ini 5 Penyebab Rambut Patah

Senin, 19 September 2022 | 00:01:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Gak Sadar, Ini 5 Penyebab Rambut Patah

Ilustrasi Rambut Patah (Special)

Ladiestory.id - Setiap orang pasti menginginkan rambut sehat dan indah. Bagi kaum hawa, rambut adalah mahkota yang berarti dan perlu dirawat. Ketika mengalami rambut patah, lama-kelamaan membuat penampilan rambutmu berubah. Banyak penyebab dari rambut patah. Berikut Ladiestory.id rangkum penyebab rambut patah yang tidak disadari buat kalian.

Sering Memakai Alat Pemanas Rambut

Alat Styling Rambut (Special)

Buat kamu yang sering pakai alat penata rambut seperti hair dryer atau alat catok perlu kamu wasapadai. Pasalnya suhu pada alat bisa menyebabkan rambutmu patah secara tidak sadar. Usahakan untuk tidak memakai setiap hari agar rambutmu tidak kepanasan.

Cuaca yang Panas

Musim Panas (Special)

Dalam British Journal of Dermatology menyatakan bahwa saat musim panas, rambut rontok dan patah adalah yang sering terjadi dibandingkan musim dingin.

Saat cuaca panas, kulit kepala lebih banyak keluar. Diduga, asam laktat yang terkandung dalam keringat yang bercampur dengan keratin menjadi penyebab kerusakan rambut. Sinar UVA dan UVB juga menjadi penyebab rusaknya helai rambut yang rusak loh. Usahakan memakai topi untuk melindungi rambut.

Terlalu Lama Ikat Rambut

Ilustrasi Ikat Rambut (Special)

Ternyata terlalu lama mengikat rambut menyebabkan rambut patah. Usahakan untuk menggerai rambut agar rambut bisa bernafas.

Sering Berenang

Ilustrasi Berenang (Special)

Kok bisa berenang menjadi salah satu penyebab rambut patah? Ya, saat berenang di kolam renang, paparan air yang terkandung dalam kolam renang dapat membuat rusak rambutmu loh. Kandungan yang bernama klorin dapat menjadi penyebab kerusakan rambut. Klorin adalah zat kimia yang digunakan sebagai bahan disinfektan dalam air. Klorin dapat menyerap minyak yang ada pada rambut. Sebaiknya jangan lupa untuk membilas rambut setelah berenang.

Jarang Melakukan Perawatan

Trimming (Special)

Melakukan perawatan seperti creambath, masker rambut hingga memberi vitamin dapat menyehatkan dan memperkuat rambut. Selain itu, kamu juga bisa melakukan trimming yaitu proses pemotongan pada ujung rambut. Kamu bisa lakukan minimal 2 hingga 3 bulan sekali.

s