Gak Ribet, Ini 7 Tips Rawat Rambut Kering dan Pecah-pecah

Selasa, 30 Agustus 2022 | 17:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Gak Ribet, Ini 7 Tips Rawat Rambut Kering Dan Pecah-Pecah

Ilustrasi Rambut Kering dan Pecah-pecah. (Pinterest)

Ladiestory.id - Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga kesehatan dan kebersihannya. Rambut juga perlu perawatan agar terhindar dari masalah, seperti rontok, kusam, bercabang, kering hingga pecah-pecah.

Merawat rambut tidak boleh asal-asalan karena perlu perawatan khusus agar rambut tetap tumbuh sehat dan indah. Nah, berikut tujuh tips melakukan perawatan rambut kering dan pecah-pecah.

Oleskan Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa. (Pinterest)

Salah satu tips yang bisa kamu gunakan untuk merawat rambut kering dan pecah-pecah ialah dengan menggunakan minyak kelapa. Selain digunakan sebagai perawatan kecantikan dan tubuh, ternyata minyak kelapa juga dapat digunakan untuk perawatan rambut, lho.

Minyak kelapa juga dapat membantu memberikan kilau alami pada rambut serta membantu memperbaiki ujung rambut yang rusak, patah, hingga pecah-pecah. Selain itu, minyak kelapa juga mampu melindungi rambut dari paparan sinar UV, menghaluskan helai rambut serta melembapkan rambut.

Kamu pun bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk perawatan rambut di rumah dengan cara ambil sedikit minyak kelapa dan gosok hingga merata ke ujung dan akar rambut. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan sampo.

Gunakan Vitamin Rambut

Ilustrasi Vitamin Rambut. (Pinterest)

Rambut juga perlu nutrisi dan vitamin agar tumbuh lebat, sehat dan berkilau. Rambut yang kering dan kusam akan membuat penampilan seseorang menjadi tidak menarik dan bisa mengurangi rasa percaya diri.

Vitamin rambut juga berperan untuk menutrisi akar rambut supaya tumbuh lebat, kuat dan mencegah dari kerontokan. Vitamin A, vitamin C, biotin dan mineral zat besi juga sangat dibutuhkan bagi rambut untuk menutrisi bagian kulit hingga ke pangkalnya. Maka dari itu, kamu juga bisa menggunakan vitamin khusus rambut yang cocok dan sesuai dengan masalah rambutmu.

Konsumsi Minyak Ikan

Ilustrasi Minyak Ikan. (Pinterest)

Tak hanya perawatan dari luar, kamu juga bisa melakukan perawatan rambut kering dan pecah-pecah dari dalam dengan mengonsumsi minyak ikan.

Minyak ikan dapat membantu rambut tumbuh sehat dan berkilau. Selain mengonsumsi minyak ikan, kamu juga bisa  menyantap makanan tinggi protein, seperti ikan salmon, tuna dan sarden. Mengonsumsi ikan laut yang mengandung omega 3 pun baik bagi tubuh serta pertumbuhan rambut.

Konsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Ilustrasi Makanan Kaya Antioksidan. (Pinterest)

Tips perawatan rambut kering dan pecah-pecah lainnya ialah dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam makanan, seperti kacang merah, brokoli, bluberi dan tomat, dapat meredakan stres yang bisa membuat kondisi rambut menjadi kering hingga pecah-pecah.

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, dapat mengurangi stres oksidatif pada tubuh.

Jangan Keramas Setiap Hari

Ilustrasi Keramas. (Pinterest)

Keramas tentunya kegiataan yang dapat membuat rambut dan kulit kepala terasa lebih segar, bersih dan wangi. Akan tetapi, tahukah kamu jika keramas menggunakan sampo setiap hari tak hanya membuat rambut terbebas dari kotoran tetapi juga dapat menghilangkan sebum pada rambut?

Sebum merupakan kandungan minyak alami pada rambut yang memilki kadar jumlah minyak yang seimbang, sehingga membuat tampilan rambut berkilau alami. Jika keramas setiap hari, maka dapat menghilangkan sebum serta membuat rambut cepat kering dan kasar.

Sebaiknya, lakukan keramas dua hari sekali. Jika permukaan rambut cepat kotor, kamu harus memilih produk sampo yang tepat, sesuai dengan masalah rambutmu.

Gunakan Masker Rambut

Ilustrasi Masker Rambut. (Pinterest)

Tips selanjutnya untuk merawat rambut kering dan pecah-pecah ialah dengan menggunakan masker rambut. Masker rambut dapat menjaga kelembapan serta menutrisi rambut, sehingga mengurangi masalah rambut kering dan rontok.

Hindari Produk Perawatan Rambut Berbahan Kimia yang Keras

Ilustrasi produk perawatan rambut. (Pinterest)

Hindari penggunaaan produk perawatan rambut dengan kandungan bahan kimia yang keras. Hal ini dapat membuat kondisi rambut menjadi rusak, kering hingga bercabang.

Hindari kandungan produk kimia yang mengandung isopropyl alcohol, propyl alcohol, proponol dan juga SD alcohol 40. Kamu juga bisa melakukan perawatan rambut kering dengan rutin memotong rambut yang dapat mencegah rambut kering dan juga bercabang.