Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | GAYA HIDUP GO GREEN UNTUK MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN

Gaya Hidup Go Green Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan

LS Lifestyle
Selasa, 27 April 2021 | 08:52:19
Durasi baca: 2 menit, 15 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Gaya Hidup Go Green Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan

Sampah plastik sekarang bisa ditemukan hampir di seluruh pantai yang ada di dunia. Mulai dari pantai – pantai terpopuler dengan keramaian pengunjungnya, hingga pantai di sekitar pulau – pulau tropis terpencil yang tak berpenghuni.

Yang paling menghentak, para ilmuwan baru – baru ini menemukan mikroplastik yang tertanam jauh di dalam es Kutub Utara. Nah lho! Hampir setiap inci bumi tidak terbebas dari sampah plastik. Pada sekitar 1950, populasi dunia yang berjumlah 2,5 miliar jiwa, mampu menghasilkan 1,5 juta ton sampah plastik.

Kalau kamu masih ingin anak – cucu bisa menikmati keindahan planet bumi sepanjang masa, inilah saatnya berubah! Yuk, mulai mengurangi sampah plastik sekarang juga dalam keseharian rutinitasmu. Simak caranya, berikut ini.

Baca juga: Brand Fashion Dunia yang Sukses Menyulap Sampah Menjadi Sneakers

Sedia Kantong Belanja

Saat ini sudah banyak kantong belanja yang bisa dilipat dan dimasukkan dengan mudah ke dalam tas atau bahkan dompetmu. Selain praktis dan ringan, pastinya kantong belanja ini lebih ramah lingkungan untuk mengurangi sampah plastik.

Bahkan, kamu juga bisa lebih hemat pengeluaran. Karena pemerintah sudah menetapkan biaya beberapa Rupiah untuk satu kantong plastik.

Batasi Pemakaian Tisu Basah

Sekadar informasi nih, tisu basah dibuat dari bahan resin plastik yang sulit diuraikan tanah meskipun sudah ribuan tahun. Bahkan tisu basah tidak akan mampu larut di dalam air. Untuk mengurangi sampah plastik, sebaiknya batasi pemakaian tisu basah dalam kondisi mendesak. Kamu bisa membawa lap kain atau sapu tangan yang bisa dicuci lagi.

Atau, kamu juga bisa memanfaatkan tisu kering yang dibasahi sedikit air agar lebih lembab. Meskipun rasa atau efeknya tidak sama, namun dari segi fungsi tidak terlalu berbeda kok.

Memakai Produk Pangan Kemasan Beling

Bahan kaca dan beling bisa dipakai berkali-kali dan lebih sehat untuk menyimpan produk pangan ketimbang plastik. Pasalnya, kaca dan beling lebih tahan terhadap paparan suhu dan tidak mengandung zat kimia apa pun. Bisa mengurangi sampah plastik sekaligus menyehatkan tubuh? Why not! Yuk, beralih ke kemasan kaca atau beling ketimbang kemasan plastik ya.

Baca juga: Brand dengan komitmen sebagai bagian dari Green Beauty


Selalu Sedia Botol Minuman

Saat ini sangat mudah dijumpai botol minuman di berbagai toko peralatan rumah tangga. Botol minuman juga dirancang dengan beragam bahan, model dan fungsi. Jadi, tidak ada alasan untuk memilih membeli air minum dari botol plastik jika kamu ingin mengurangi sampah plastik dalam keseharianmu.

Batasi Pemakaian Sedotan Plastik

Sama halnya dengan botol plastik, rupanya sedotan plastik juga tidak kalah jumlah polusinya. Maklum saja, sedotan plastik umumnya hanya dipakai satu kali saja per orang. Jadi, nggak heran jumlah sampah sedotan plastik semakin hari semakin menggunung.

Siapa yang tak mau memiliki kehidupan yang sehat dan sejahtera? Pantai indah, bersih, berkilauan. Udara segar bebas polusi, dan manusia bisa tinggal nyaman di planet bumi. Semua ini hanya bisa terwujud kalau kita mencintai lingkungan dan mulai menyadari sepenuhnya untuk mengurangi sampah plastik. Ayo, mulai dari rumah kita dan mulai dari diri sendiri!

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Baca juga: Yuk, Beralih Ke Produk Sustainable Untuk Mengurangi Limbah Fashion

go green cara mengurangi sampah plastik sampah plastik

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle