Bisa Ditiru! 6 Gaya Parenting ala Kate Middleton dan Pangeran William

Jumat, 20 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Bisa Ditiru! 6 Gaya Parenting Ala Kate Middleton Dan Pangeran William

Pangeran William dan Kate Middleton. (special)

Ladiestory.id - Mengasuh dan mendidik anak merupakan bagian yang terkadang cukup sulit bagi sebagian orang tua. Sebab, jika salah penerapannya, maka anak justru akan jauh dari yang diharapkan. Oleh karena itu, ilmu parenting sangat dibutuhkan orang tua dalam menjalani masa tumbuh kembang anak.

Beberapa tokoh dunia dapat menjadi sumber referensi bagi orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak. Salah satunya yaitu pasangan dari Kerajaan Inggris, Kate Middleton dan Pangeran William. Keduanya diketahui telah dikaruniai tiga orang anak yang lucu dan menggemaskan.

Lalu, seperti apa sih gaya parenting dari pasangan kerjaan yang terkenal sibuk namun tetap mengutamakan pengasuhan anak? Nah, berikut enam gaya parenting dari Kate Middleton dan Pangeran William yang bisa kamu tiru!

Berikan Ruang Bebas pada Anak

Ilustrasi anak bermain. (Special)

Meski memiliki status bangsawan yang melekat, Kate dan Pangeran William tetap memberikan ruang bebas pada anak untuk bertumbuh. Harapannya, putra-putrinya tersebut dapat merasakan masa anak-anak dengan baik. Sehingga, perilaku anak yang usil atau mengeksplorasi banyak hal baru merupakan bentuk pertumbuhan masa anak-anak yang tepat.

Selain itu, pasangan ini juga memberikan waktu pada anak-anak untuk bermain, bersikap spontan, dan memilih sesuatu sesuai keinginan mereka. Hal tersebut dilakukan supaya anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang dapat bertanggung jawab pada diri sendiri dan belajar mengenai etika sebagai bagian dari keluarga kerajaan.

Batasi Waktu Menonton 

Ilustrasi Anak Menonton (Special)

Dalam sebuah kesempatan wawancara dengan Radio 1, Pangeran William sempat mengungkapkan bahwa putra pertamanya merupakan penggemar dari Peppa Pig. Sang putra sering menontonnya, namun Kate sebagai ibu tetap tegas memberikan waktu menonton pada anak nya.

Kate lebih banyak memberikan waktu kepada anak untuk mengeksplorasi seni ataupun kegiatan yang menghindarkan anak dari menonton layar.

Terapkan Bahasa Tubuh dan Kode  

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Jika kamu masih memarahi anak yang seringkali berkata buruk atau bertingkah nakal, maka kamu perlu mengubahnya dan mencoba gaya parenting ala pasangan kerajaan ini. Kate dan William lebih suka menerapkan "chat sofa", di mana salah satu dari mereka akan mengajak anak mengobrol ketika sang buah hati melakukan kesalahan.

Selain itu, orang tua akan menyampaikan bahwa tindakan buruk sang anak akan mendapat konsekuensi. Tak hanya itu, keduanya juga bahasa tubuh dan kode ketika sang buah hati melakukan tindakan yang cukup di luar batas.  Hal tersebut sempat disorot oleh media ketika keluarga ini menghadiri pernikahan Pippa Middleton.

Terlihat Pangeran George yang berulah diatasi oleh Kate dengan menyentuh kepala putranya dengan lembut sebagai kode untuk berhenti. Selain itu, Kate Middleton juga sering menenangkan buah hatinya dengan mengucapkan kalimat sederhana berupa "Let's take a break".

Selalu Memperhatikan Kesehatan Mental Ibu

Ilustrasi kesehatan mental ibu rumah tangga. (Special)

Kate Middleton pun mengungkapkan bahwa seorang Ibu cukup rentan mengalami gangguan kesehatan mental. Hal tersebut dapat terjadi pada masa kehamilan atau pasca melahirkan. Sehingga, menurutnya meminta bantuan medis dalam rangka menjaga kesehatan mental sang ibu maka suatu hal yang baik.

Bahkan, menurut Kate, anak-anak juga pasti menginginkan ibunya selalu dalam kesehatan yang prima baik secara fisik maupun mental. Ia juga mengungkapkan bahwa, dalam beradaptasi menjadi seorang ibu tak perlu sungkan meminta bantuan orang lain. Dirinya pun diketahui memilih tinggal di rumah orang tuanya setelah melahirkan George.

Ia pun dibantu sang ibu, Carole dalam beradaptasi sebagai ibu selama awal merawat dan mengurus bayi. Selain Kate, sang suami Pangeran William pun juga turut membantu dalam mengasuh anak.

Ketika sang istri tengah mengandung putrinya, Ia tak sungkan membantu dalam mengantarkan putra pertamanya George ke sekolah. Keduanya saling melengkapi dalam mengasuh dan merawat ketiga buah hatinya.

Ajarkan Sikap Positif pada Anak

Mengajarkan anak magic word. (Special)

Gaya parenting yang juga patut ditiru yaitu mengajarkan sikap positif pada anak. Misalnya, bagaimana mengucapkan kata terima kasih, minta tolong, dan maaf. Meski terlihat sepele, bagi pasangan Kate dan Pangeran William hal ini merupakan salah satu poin penting.

Tak ayal, ketika presiden Barack Obama beserta istrinya mengunjungi Istana Kensington pada 2016, Kate meminta kepada putranya George untuk menghadap para tamu dan mengucapkan terima kasih atas mainan kuda-kudaan yang telah diberikan kepadanya ketika baru lahir. 

Jaga Penampilan Anak dengan Baik

Ilustrasi anak-anak berbelanja. (Special)

Bagi Kate, penampilan anak merupakan tanggung jawab bagi orang tua. Hal ini pun dipraktekannya melalui Pangeran George dan Putri Charlotte yang selalu tampil modis. Sehingga, baju yang dikenakannya selalu pas, tidak kebesaran atau kesempitan dan bersih serta pantas.

Sang Ibu, Kate Middleton meyakini bahwa penampilan anak merupakan cara terbaik menjaga mereka dan mengajak nilai cinta pada diri sendiri.

Selain itu, Kate pun dikenal sangat menjaga privasi anak-anaknya. Hingga suatu ketika, saat sang putri Charlotte baru lahir dan banyak paparazi yang mengambil foto, ia meminta para wartawan tersebut untuk memberinya ruang privasi dengan lembut dan sopan.