Gelar Youtap UMKM Academy, Ajak Calon Pelaku Usaha Mahasiswa untuk UMKM Kekinian

Selasa, 23 Agustus 2022 | 22:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Gelar Youtap Umkm Academy, Ajak Calon Pelaku Usaha Mahasiswa Untuk Umkm Kekinian

Grand Final Youtap UMKM Academy 2022. (Special)

Ladiestory.id - Besarnya peran generasi muda dalam menciptakan ragam inovasi di dunia usaha mampu menjadi akselerator untuk pertumbuhan UMKM nasional. Dalam semangat Hari UMKM Indonesia, Youtap Indonesia menggandeng beberapa universitas dalam negeri untuk menjalankan program menumbuhkan UMKM Kekinian.

Sebut saja, mulai dari Universitas Bina Nusantara (BINUS University), Universitas Atma Jaya (Unika Atma Jaya), serta didukung penuh oleh Jejaring Perguruan Tinggi Nusantara (NUNI). Youtap Indonesia berkomitmen melahirkan lebih banyak UMKM Kekinian dari para calon pengusaha muda, lewat serangkaian kegiatan, mulai dari pembekalan hingga kompetisi wirausaha dalam Youtap UMKM Academy 2022 (YUA).

Program yang berlangsung sejak Maret 2022 lalu, kini telah memasuki tahap akhir kompetisi wirausaha, di mana YUA akhirnya sukses melahirkan tiga pemenang untuk menjadi UMKM Kekinian dari Youtap.

Dalam press release Selasa (23/8/2022), Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia sekaligus juri di YUA 2022 melihat ide-ide bisnis yang telah dirancang oleh mahasiswa sangat out of the box.

Hal ini menandakan bahwa kini telah lahir UMKM Kekinian, pahlawan tumpuan ekonomi negeri yang memiliki keinginan untuk tumbuh secara berkelanjutan. Harapan ke depannya, ide bisnis tersebut tak hanya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru tetapi juga memberi dampak positif bagi masyarakat. H

“Tingginya minat generasi muda untuk memulai berwirausaha sangat tercermin dari antusias mereka mengikuti rangkaian kegiatan YUA 2022. Sebagai teman usaha, kami secara konsisten mengajak semua pelaku usaha, termasuk mahasiswa sekalipun untuk dapat mengambil langkah digital dan memulai usaha secara efisien dan praktis agar dapat menjadi UMKM Kekinian. Lewat YUA 2022, Kami berharap akan lebih banyak tumbuh UMKM baru terutama dari kalangan - kalangan muda,  sesuai dengan target dari pemerintah saat ini yang giat menambah satu juta wirausahawan mapan baru,” jelas Herman.

Ide menarik dapat dilihat dari lima peserta yang mampu lolos ke tahap final dan mempresentasikan proposal bisnisnya di depan juri. Contohnya, tim dengan nama Thunini yang  memiliki business plan berupa produk abon tuna yang memberdayakan para nelayan dari wilayah NTT. Adapula rancangan bisnis Demitri yang akan menggunakan limbah sebagai bahan dasar untuk mendaur ulang pakaian dan popok menjadi karpet.

Setelah lahir tiga pemenang, Youtap siap mendukung pertumbuhan bisnis mereka lewat aplikasi Youtap POS yang bisa digunakan melalui tablet dan smartphone. Para calon pelaku usaha juga dapat langsung menggunakan fiturnya yang terintegrasi dengan portal yang terkoneksi dengan layanan Belanja Stok dan membuat Paket usaha.

Layanan ini mampu menunjang usaha-usaha baru mau pun usaha yang sudah berjalan lewat kehadiran teknologi penerimaan pembayaran tunai dan non tunai, pembuatan tampilan katalog produk, hingga mengatur menu delivery mau pun take away, serta memberi kemudahan berbelanja semua kebutuhan usaha di fitur Belanja Stok.

Diah Wihardini, Ph.D, sebagai Ketua NUNI sekaligus Direktur BINUS Global (BINUS University), menyampaikan rasa bangganya terhadap antusias kalangan-kalangan muda yang tinggi terhadap UMKM.

“Dalam kurun waktu beberapa bulan, Youtap telah berkontribusi memberikan insight yang menarik dari dunia usaha dan industri, yang berguna untuk memperkaya pengetahuan dan pengembangan softskill mahasiswa. Kami berterima kasih atas konsistensi Youtap yang akhirnya dapat melahirkan ide bisnis yang berdaya saing tinggi. Kami berharap dukungan teknologi yang diberikan Youtap mampu menjadikan para mahasiswa sebagai pelaku usaha yang memiliki daya saing tinggi,” ujarnya.

Sejak Maret 2022, Youtap telah menjalankan program pembekalan wirausaha yang telah diikuti oleh lebih dari 700 mahasiswa. Beberapa webinar yang telah dibawakan untuk menggali kemampuan dalam berwirausaha antara lain kepemimpinan, pertumbuhan bisnis, hingga riset pasar terutama di era digital saat ini.

Sekadar informasi, Youtap Indonesia merupakan sebuah perusahaan teknologi joint venture antara PT Graha Kencana Maju, PT Kreasi Sentosa Makmur dan Youtap Mobile Money Asia Private Limited dengan nama PT. Mitra Digital Sukses.

Dibentuk dengan tujuan menyediakan solusi all-in-one untuk bisnis, baik korporasi besar mau pun UMKM, Youtap Indonesia menyediakan platform bisnis #SerbaBisa bagi pemilik usaha dalam mengelola bisnis di setiap tahapannya dengan mendorong dan memfasilitasi pemilik usaha yang saat ini masih konvensional untuk memulai #LangkahDigital.