Gemar Menulis? Ini 5 Jenis Content Writer yang Wajib Kamu Ketahui

Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:00:00

Gemar Menulis? Ini 5 Jenis Content Writer Yang Wajib Kamu Ketahui

Ilustrasi perempuan menulis. (Special)

Ladiestory.id - Di zaman sekarang, content writer atau penulis konten menjadi salah satu profesi yang dicari banyak perusahaan untuk membesarkan platform mereka. Hal ini dikarenakan dunia tengah memasuki era digital, di mana mencari informasi dapat dikatakan sebagai makanan sehari-hari manusia. Bagi kamu yang memiliki kegemaran menulis, content writer menjadi peluang yang bagus untuk kariermu.

Content writer merupakan salah satu pekerjaan seorang penulis profesional yang memiliki tugas menulis berbagai kebutuhan konten yang menarik di media online, seperti pembuatan artikel, jurnal, berita, informasi, dan lain sebagainya. Konten yang diciptakan bisa berupa artikel blog, unggahan di media sosial, atau segala hal yang ditulis dan dipublikasikan secara digital.

Selain memikirkan tentang cara menulis konten yang menarik para pembaca, content writer juga harus memikirkan topik yang perlu ditulis untuk kebutuhan target audiens, karena content writer bertanggung jawab atas jumlah traffic suatu website atau blog resmi perusahaan.

Berikut ini jenis-jenis content writer berdasarkan keahlian.

SEO Content Writer

Ilustrasi SEO content writer. (Ladiestory.id)

SEO content writer berfokus pada search engine optimization yang berarti penulisnya bertugas menulis konten sesuai dengan keyword atau kata kunci yang banyak dicari orang dan sesuai kaidah SEO. Hal ini dikarenakan, penggunaan SEO berguna agar artikel website bisa mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari sehingga traffic website akan tinggi. Oleh karena itu, SEO content writer harus memastikan kembali apakah tulisannya sudah memenuhi kaidah, serta memastikan apakah topik tulisan sudah memenuhi target.

Jurnalistik

Ilustrasi jurnalis. (Ladiestory.id)

Biasanya, jurnalis yang kita ketahui hanyalah jurnalis lapang. Padahal, pada saat ini, perusahaan juga membutuhkan seorang jurnalis content writer yang bertugas untuk menulis berita-berita yang bersifat menghibur pembaca serta menulis berita untuk customer stories atau media placement. Jurnalis content writer biasanya menulis artikel dalam bentuk entertainment atau feature yang bertujuan membuat pembaca setia pada platform perusahaan.

Generalist Writer

Ilustrasi sedang mengetik (Pinterest.com)

Generalist writer merupakan penulis tanpa tema yang tetap harus bertanggung jawab untuk membuat konten berkualitas. Biasanya, mereka dipilih untuk membuat konten sebanyak-banyaknya. Selain itu, mereka juga akan menulis atau membuat konten yang hanya bertujuan untuk menciptakan kesadaran akan sebuah brand.

Technical Writer

Ilustrasi Technical writer. (Ladiestory.id)

Technical writer memerlukan penulis yang memiliki kemampuan tinggi dalam menginteprestasikan informasi yang sangat kompleks ke dalam tulisan yang lebih mudah dipahami masyarakat secara umum. Mereka biasanya menulis untuk manual guide produk.

Media Sosial

Media Sosial. (Special)

Social media content writer, biasanya membuat tulisan pada akun brand seperti Instagram yang berisi konten-konten seru, menarik, up-to-date, dan interaktif, sehingga engagement di media sosial milik brand yang dikelola akan naik. Selain itu, social media content writer dituntut untuk kreatif dan mengikuti tren terbaru di kalangan target audiens.

s