Penuh Cerita Menarik, Yuk Tonton Film tentang Pers!

Rabu, 16 Februari 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Penuh Cerita Menarik, Yuk Tonton Film Tentang Pers!

Film Spotlight. (Special)

Ladiestory.id - Bagi sebagian orang, pers merupakan profesi yang dianggap menarik atau bahkan jadi pekerjaan impian. Jika dilihat dari sisi luar, pekerja pers nampak dengan mudah bertemu orang penting, bepergian ke tempat-tempat baru, dan memiliki wawasan luas. Namun, di balik itu, pekerjaan ini memiliki risiko yang besar. 

Pada kenyataan, mereka dihadapkan dengan pekerjaan yang tuntutannya serbacepat, teliti, dan kritis mengenai narasumber. Kisah ini dapat Kamu temukan pada deretan film menarik tentang pers berikut. 

1. Zodiac

Film Zodiac. (Special)

Jika melihat judulnya mungkin dalam pikiran, ini adalah film tentang ramalan. Ternyata, "Zodiac" merupakan film thriller-misteri hasil dari karya sutradara David Fincher. Hanya saja, skenarionya diambil dari buku non-fiksi berjudul Zodiac karya dari Robert Graysmith terbit pada 1986. Film menarik ini diperankan oleh Jake Gyllenhaal, Mark Ruffalo, dan Robert Downey Jr.

Cerita dalam film ini ialah tentang pemburuan "Zodiac Killer" yang dikabarkan sebagai pembunuh berantai. Dialah yang meneror San Francisco Bay Area dari akhir 1960-an hingga awal 1970-an.

Dalam film digambarkan jika pelaku memang terkenal dengan aksinya mengejek polisi melalui surat-surat, pakaian dengan lumuran darah, dan cipher yang dikirimkan ke kantor surat kabar. Hal ini menjadi salah satu kejahatan yang tak terpecahkan dan terkenal di Amerika Serikat.

2. Nightcrawler

Film Nightcrawler. (Special)

Film ini lebih menceritakan mengenai perjuangan jurnalis dalam mengungkap kasus. "Nightcrawler" merupakan karya dari sutradara Dan Dilroy. Dia mengangkat sebuah kisah yang mampu membuat penonton memahami pemikiran mengenai moral di dunia jurnalistik.

Film ini mengisahkan hidup Lou Bloom, yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal. Di sini, dia menjadi pemuda yang mengalami kesulitan dalam menemukan pekerjaan. Sampai akhirnya, dia bertemu dengan jurnalis lepas sehingga muncul ide untuk mendapatkan uang melalui jualan hasil liputan lapangan tentang hal apapun yang terjadi ke stasiun televisi. 

3. Spotlight

Film Spotlight. (Special)

Cukup berbeda dengan film lainnya, "Spotlight" merupakan karya dengan genre drama biografi-kriminal. Film ini disutradarai oleh Tom McCarthy, yang didasari oleh terungkapnya kasus pelecehan seksual anak. Pelakunya adalah beberapa pastur gereja Katolik Roma di Boston. Kasus ini diangkat oleh tim jurnalis investigasi "Spotlight" melalui kantor berita The Boston Globe.

Pemeran dalam film ini adalah Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams, John Slattery, Brian d'Arcy James dan Liev Schreiber. Mereka diceritakan menjadi anggota tim jurnalis "Spotlight". Selain itu, film ini dinobatkan sebagai film terbaik dan naskah original terbaik pada ajang Academy Awards 2016.

4. Truth

Film Truth. (Special)

Film yang menceritakan tentang jurnalisme terbaik pada Oktober 2015. Faktanya, ini merupakan kisah nyata kehidupan Mary Mapes, produser media CBS News, pada acara 60 minutes.

Program media itu membahas tentang masalah politik serta berbagai hal yang berhubungan dengan petinggi negara. Mary Mapes dan Dan Rather dipercaya menjadi produser acara talk show dengan tema penyiksaan antara sesama tahanan di penjara Abu-Ghraib. Dari situlah mereka tiba-tiba menjadi terkenal bahkan dilibatkan dalam acara orang yang paling berkuasa di Amerika.

5. The Post

Film The Post. (Special)

Film ini menggunakan latar pada 1971 dengan gaya dokumenter. "The Post" merupakan kisah nyata dari upaya jurnalis di The Washington Post saat ingin menerbitkan "Pentagon Papers". Dari artikel itu ditemukan set tebal dokumen rahasia yang menunjukkan adanya keterlibatan pemerintah Amerika Serikat pada Perang Vietnam (1961-1975).

Ternyata, sebelumnya di Indocina ditemukan jika Prancis kembali pada 1940-an dan akhir Perang Dunia II (1939/1941-1945). Karya sutradara Stephen Spielberg dan diperankan Meryl Streep dan Tom Hanks ini mendapatkan ulasan yang positif dari penonton.

Mana film yang sudah Kamu tonton, Ladies?