5 Gempa Bumi Terbesar di Dunia, Termasuk Tsunami Aceh

Sabtu, 15 Januari 2022 | 16:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Gempa Bumi Terbesar Di Dunia, Termasuk Tsunami Aceh

Potret setelah terjadi Tsunami Aceh. (Special)

Ladiestory.id - Gempa bumi merupakan suatu peristiwa bergetarnya bumi karena adanya pelepasan energi di dalam bumi. Gempa terjadi secara tiba-tiba dan ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. Adanya pergerakan lempeng bumi atau letusan gunung berapi bisa menyebabkan terjadinya gempa bumi.

Besarnya gempa bumi bisa diukur dengan alat yang diberi nama Seismograf. Sedangkan, besaran yang biasa digunakan untuk menentukan gempa bumi adalah Magnitudo dan Skala Richter. Di dunia pernah terjadi peristiwa gempa bumi yang sangat dahsyat. Di mana sajakah itu? Yuk simak ulasannya.

1. Gempa Bumi Valdivia

Ilustrasi Gempa Bumi Valdivia. (Special)
Ilustrasi Gempa Bumi Valdivia. (Special)

Gempa bumi yang terjadi pada 1960 ini diketahui memiliki kekuatan sebesar 9,5 Skala Richter (SR). Gempa dahsyat tersebut berpusat di kawasan Bio-Bio, Chille. Gempa bumi yang terjadi ini merupakan dampak dari bergesernya Lempeng Nazca yang bergerak menjauhi Lempeng Amerika Selatan sehingga menimbulkan pergerakan tanah yang sangat kuat.

Gempa bumi Valdivia tercatat sebagai gempa bumi terdahsyat di dunia. Bahkan efek gempa bumi terasa hingga jarak 500-1000 kilometer dari pantai di negara Chile. Kekuatan gempa yang sangat besar menyebabkan terjadinya tsunami di berbagai negara, termasuk Hawaii dan Amerika Serikat.

Kejadian gempa bumi ini menelan banyak korban jiwa. Ada sekitar 1.655 korban meninggal dan 3.000 orang lainnya luka-luka.

2. Gempa Bumi Alaska

Ilustrasi Gempa Bumi Alaska. (Special)
Ilustrasi Gempa Bumi Alaska. (Special)

Setelah empat tahun berselang dari kejadian gempa bumi Valdivia, Amerika Serikat kembali diguncang gempa. Gempa dengan kekuatan 9,2 SR berpusat Alaska bagian selatan. Gempa berkekuatan dahsyat tersebut telah menelan 130 jiwa. Gempa bumi ini dinyatakan sebagai gempa bumi terdahsyat yang berpusat di Amerika Serikat.

3. Gempa Bumi Samudra Hindia

Potret setelah terjadi Tsunami Aceh. (Special)
Potret setelah terjadi Tsunami Aceh. (Special)

Gempa bumi ini terjadi di Indonesia pada 2004. Aceh menerima dampak yang sangat besar dengan adanya gempa bumi berkekuatan 9,1 SR. Kurang lebih 227.000 jiwa menjadi korban meninggal dalam kejadian gempa dahsyat ini.

Gempa bumi ini disebabkan oleh terdorongnya Lempeng Samudra Hindia oleh Lempeng Burma yang kemudian menimbulkan tsunami di sepanjang pesisir daratan yang berada di sekitarnya.

Gempa bumi Samudra Hindia menjadi gempa bumi ke-3 yang paling dahsyat di dunia. Bahkan tak hanya Indonesia yang mengalami efek gempa bumi, negara-negara sekitar seperti India, Sri Lanka, dan Thailand juga merasakan efek gempa bumi tersebut. Gempa bumi ini diyakini sebagai gempa bumi yang paling mematikan.

4. Gempa Bumi Tohoku

Potret setelah Gempa Bumi Tohoku. (Special)
Potret setelah Gempa Bumi Tohoku. (Special)

Salah satu peristiwa gempa bumi yang terbesar di dunia terjadi di Jepang. Gempa ini terjadi pada 2011 dan memiliki kekuatan 9,1 SR. Guncangan akibat gempa bumi juga dirasakan hingga jarak 130 kilometer dari bibir pantai Tohoku. G

empa bumi ini telah menelan korban 15.000 jiwa. Tak hanya itu, reaktor nuklir di PLTN Fukushima meledak karena adanya gempa bumi ini.

5. Gempa Bumi Kamchatka

Ilustrasi setelah terjadi Gempa Bumi Kamchatka. (Special)
Ilustrasi setelah terjadi Gempa Bumi Kamchatka. (Special)

Gempa Bumi Kamchatka terjadi di Rusia. Gempa bumi yang memiliki kekuatan 9 SR ini terjadi pada 1952. Gempa bumi dahsyat ini bahkan menyebabkan 15.000 orang meninggal dunia.

Tak hanya itu, beberapa negara lain juga mengalami tsunami, di antaranya Selandia Baru, Chile, hingga Peru. Hawaii menjadi salah satu wilayah yang paling terdampak dengan adanya gempa bumi tersebut.

s