Gitar Mendiang Kurt Cobain Akan Dilelang, Ditaksir Terjual hingga Senilai Rp11,4 Miliar

Senin, 18 April 2022 | 20:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Gitar Mendiang Kurt Cobain Akan Dilelang, Ditaksir Terjual Hingga Senilai Rp11,4 Miliar

Gitar Kurt Cobain. (Spesial)

Ladiestory.id - Meski telah lama meninggal, sosok Kurt Cobain masih saja menjadi idola bagi para penikmat musik. Hal tersebut terbukti dari sejumlah barangnya yang laku dengan harga fantastis saat dilelang. 

Kini, salah satu gitar ikoniknya yang sempat muncul di video klip Nirvana berjudul “Smells Like Teen Spirit", yang rilis pada tahun 90-an juga tak ketinggalan bakal dilelang bulan depan. Tak main-main, harga lelang gitar tersebut pun bahkan diprediksi akan terjual hingga 800 Ribu dolar AS atau sekitar Rp11,4 Miliar. 

Dilansir Reuters baru-baru ini, Direktur Eksekutif Julien's Auctions, Martin Nolan mengatakan, gitar keluaran Fender pada 1969 itu dapat dikatakan sebagai salah satu yang paling terkenal di musik rock, mengingat video "Smells Like Teen Spirit" telah ditonton lebih dari 1,4 miliar kali di YouTube.

Gitar Kurt Cobain. (Spesial)

"Ini adalah salah satu gitar paling ikonik yang pernah datang ke blok lelang. Ini adalah gitar Mustang Fender biru, salah satu gitar favorit Kurt Cobain sepanjang masa," kata Nolan.

Selama ini, gitar biru tersebut disimpan oleh pihak keluarga sejak kematian Cobain pada 1994. Gitar yang akan dilelang itu masih dilengkapi dengan kotak pembungkus asli dan tali gitar sehingga wajar dilelang dengan harga yang fantastis.

Rencananya, gitar Cobain dilelang dalam acara yang bertajuk "Music Icons" oleh Julien's Auctions, yang berlangsung di New York dan secara daring mulai 20 hingga 22 Mei mendatang.

Gitar Cobain menjadi benda yang paling disorot oleh para kolektor dalam acara ini. Meski begitu barang-barang lain milik vokalis Nirvana tersebut, seperti lukisannya ,pun akan dilelang dan diperkirakan akan terjual hingga 40 Ribu dolar AS atau setara dengan Rp574,5 Juta.