Gitar Mendiang Kurt Cobain Laku dengan Harga Fantastis Rp64 Miliar

Selasa, 24 Mei 2022 | 00:01:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Gitar Mendiang Kurt Cobain Laku Dengan Harga Fantastis Rp64 Miliar

Gitar Kurt Cobain. (Spesial)

Ladiestory.id - Kabar lanjutan dari pelelangan salah satu gitar mendiang vokalis Nirvana, Kurt Cobain akhirnya muncul. Gitar yang diketahui sempat muncul di video klip Nirvana yang berjudul “Smells Like Teen Spirit” tersebut kabarnya langsung laku terjual dengan harga yang fantastis, menginjak harga 3,5 Juta poundsterling atau setara dengan Rp64 miliar.

Seperti diketahui sebelumnya, gitar bermerek Fender Mustang 1969 dengan kelir Lake Placid Blue tersebut dilelang dalam acara pelelangan ikon musik yang digelar Julien's Auctions di New York pada 2022 Mei lalu.

Gitar Kurt Cobain. (Spesial)

Sosok Jim Irsay seorang pemilik Indianapolis Colts kini menjadi sosok baru pemilik gitar Cobain tersebut. Sebelumnya, dirinya diketahui sempat memajang gitar tersebut di tempat miliknya. Siapa sangka, kini dirinya pun bisa menjadi pemilik resmi gitar peninggalan mendiang Cobain itu.

Memiliki niat mulia, dilansir NME, pembelian gitar tersebut disampaikan Irsay sebagai salah satu caranya menjaga kelestarian musik.

"Saya senang untuk melestarikan dan melindungi bagian lain dari budaya Amerika yang mengubah cara kita memandang dunia,” ujar Irsay.

Hasil pendapatan pelelangan yang akan disumbangkan untuk kegiatan kampanye kesehatan mental pun turut membuat gitar yang dibelinya menjadi sangat istimewa bagi Irsay.

"Fakta bahwa sebagian dari hasil akan digunakan untuk upaya kami untuk menghilangkan stigma seputar kesehatan mental membuat akuisisi ini semakin istimewa bagi saya," lanjutnya.

Selama hidupnya, Cobain yang dikenal sebagai kidal memang sempat mengaku kesulitan mencari gitar yang cocok. Namun, gitar Fender Mustang 1969 dengan kelir Lake Placid Blue tersebut berhasil menjadi salah satu favoritnya.