Gunakan 7 Bahan Alami Ini untuk Hilangkan Bau Amis pada Ikan!

Minggu, 5 Februari 2023 | 07:45:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Untuk Hilangkan Bau Amis Pada Ikan!

Ilustrasi membersihkan ikan. (Special)

Ladiestory.id - Ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang bagus untuk kamu konsumsi. Ikan bisa diolah jadi beragam menu masakan. Selain itu, rasanya lezat dan bagus untuk kesehatan. Namun sayangnya, ikan punya bau yang amis. Bau amis pada ikan terkadang cukup mengganggu dan membuat selera makan menurun. 

Nah, sebenarnya kamu bisa lho hilangkan bau amis pada ikan. Jika bau amis hilang, maka ikan akan terasa lebih lezat dan menggugah selera. Kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami yang aman dan ampuh untuk hilangkan bau amis. Ladiestory.Id telah merangkum tujuh bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau amis ikan. 

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis. (Special)

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau amis ikan adalah jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan antiseptik yang berfungsi untuk membunuh kuman, sehingga dapat membantu meminimalisir bau amis ikan. 

Caranya cukup mudah yaitu dengan membersihkan ikan dari kotoran dan cuci hingga bersih. Kemudian, rendam ikan menggunakan air perasan jeruk nipis atau air perasan jeruk lemon. Diamkan beberapa saat, baru setelah itu kamu bisa memasak ikan sesuai keinginan. 

2. Cuka

Cuka. (Special)

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau amis ikan adalah cuka. Cuka punya rasa yang asam dan membuat ikan menjadi lebih segar.

Pertama, kamu bisa bersihkan ikan dari kotoran. Setelah itu, kamu bisa merendam ikan dalam air cuka selama lima menit. Terakhir, cuci bersih ikan dan ikan siap untuk diolah menjadi berbagai macam menu masakan. 

3. Jahe

Jahe. (Special)

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau amis ikan adalah dengan menggunakan jahe. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghancurkan jahe.

Setelah itu, lumurkan secara merata ke permukaan ikan. Diamkan kurang lebih 30 menit agar jahe meresap ke ikan. Jahe sangat ampuh untuk menghilangkan bau amis. Selain itu, juga dapat menghilangkan racun yang ada dalam ikan.

4. Garam

Garam. (Special)

Garam adalah salah satu bahan alami yang mudah ditemukan dan efektif untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Sebelum mengolah ikan menjadi beragam masakan, kamu bisa menggosokkan garam ke permukaan kulit ikan. Pastikan juga ya, kamu sudah membersihkan kotoran ikan.

Diamkan selama lima menit agar garam meresap. Kamu juga bisa lho, membaluri ikan dengan campuran garam dan kunyit selama 30 menit. Campuran garam dan kunyit ini juga bisa jadi bumbu marinasi agar rasa ikan lebih lezat dan gurih. 

5. Bawang Putih

Bawang Putih. (Special)

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau amis ikan adalah bawang putih. Setelah ikan dibersihkan, kamu bisa membaluri ikan dengan bawang putih yang telah dihaluskan.

Diamkan selama beberapa saat agar bawang putih dapat meresap. Bawang putih terbukti ampuh untuk menghilangkan bau amis ikan dan juga dapat digunakan sebagai bumbu marinasi ikan. 

6. Susu

Susu. (Special)

Ternyata susu juga bisa kamu jadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau amis ikan. Kamu bisa gunakan susu sapi murni atau susu kemasan, Ladies. Kamu bisa merendam ikan di dalam susu selama 30 menit.

Kemudian, bilas ikan dengan air mengalir sampai bersih. Kandungan yang ada dalam susu diketahui mampu menyerap bau amis dari ikan. 

7. Mentimun

Mentimun. (Special)

Selain cocok dijadikan sebagai lalapan, mentimun juga bisa lho digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan. Caranya cukup mudah, pertama kamu bisa bersihkan ikan dari kotoran.

Setelah itu, parut mentimun dan balurkan secara merata pada ikan. Diamkan selama 20 menit. Sebelum memasak ikan, jangan lupa untuk mencuci kembali ikan dengan air bersih, ya.