Perhatikan 5 Hal Penting Ini saat Menggunakan Exfoliating Acid

Minggu, 1 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Perhatikan 5 Hal Penting Ini Saat Menggunakan Exfoliating Acid

Ilustrasi perempuan memakai serum. (Special)

Ladiestory.id - Melakukan rangkaian kegiatan eksfoliasi pada kulit merupakan salah satu upaya untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat tampilan serta rona kulit tampak lebih cerah, halus, dan sehat. Rutin melakukan eksfoliasi pun dapat membantu meringankan masalah kulit, di antaranya jerawat, munculnya kerutan dan garis halus, serta hiperpigmentasi kulit.

Rangkaian produk eksfoliasi pun beraneka ragam, seperti exfoliating scrub, exfoliating enzymes, maupun exfoliating acid. Berbicara mengenai exfoliating acid, maka terdapat lima hal yang harus kamu perhatikan ketika menggunakannya seperti berikut ini.

Kenali Kandungan Exfoliating Acid

Ilustrasi exfoliating acid (Special)

Exfoliating acid merupakan rangkaian perawatan yang dapat membantu melawan masalah kulit. Selain itu, kandungan acid ini pun dapat meluruhkan sel kulit mati maupun kulit kering.

Adapun jenis kandungan acid yang paling banyak digunakan adalah AHA dan BHA yang dapat memberikan reaksi untuk menurunkan pH kulit pada wajah. Jenis kandungan acid AHA dapat bekerja dalam kulit ,khususnya bagi pemilik kulit normal dan kering. 

Sedangkan, kandungan BHA ini dapat bekerja pada pemilik kulit berminyak, berjerawat, maupun normal. Namun, exfoliating acid ini pada umumnya aman digunakan bagi semua jenis kulit.

Bahkan, exfoliating acid ini mampu mengatasi berbagai masalah kulit, di antaranya kulit dehidrasi, munculnya kerutan dan garis halus, jerawat, hingga permukaan kulit yang kasar.

Gunakan pada Malam Hari

Ilustrasi exfoliating acid (Special)

Produk exfoliating acid dengan kandungan AHA dan BHA ini dapat mudah sensitif terhadap paparan sinar matahari. Maka dari itu, produk exfoliating acid ini lebih cocok dan aman digunakan pada waktu malam hari.

Namun, produk ini bisa pula digunakan pada waktu pagi hari dengan syarat kamu dapat mengaplikasikan sunscreen terlebih dahulu pada permukaan kulitmu untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit.

Jangan Gunakan Setiap Hari

Ilustrasi berkata tidak. (Special)

Selain adanya waktu tertentu dalam pemakaian, melakukan exfoliating acid pun memiliki aturan penggunaan tertentu. Apabila dilakukan secara berlebihan, maka akan membuat kulit menjadi bermasalah, seperti kulit kering, dehidrasi, jerawat, bahkan iritasi kulit.

Selain itu, kandungan acid yang digunakan secara berlebihan dapat membuat kulit menjadi terkikis, bahkan sel-sel kulit yang sehat akan menjadi mudah kusam bahkan tidak berfungsi secara alami untuk melindungi kulit. Aturan yang baik untuk digunakan ialah dengan menggunakan exfoliataing acid selama dua kali dalam seminggu.

Hindari Exfoliating Acid dengan Produk Vitamin C

Ilustrasi exfoliating acid (Special)

Kandungan vitamin C dapat memberikan manfaat bagi kulit, di antaranya dapat menutrisi, mencerahkan, dan menyehatkan kulit. Namun, dalam produk exfoliating acid, sebaiknya kamu dapat menghindari produk kandungan vitamin C. Hal ini karena adanya sifat asam yang dapat membuat kondisi kulit menjadi iritasi.

Apabila kamu ingin menggunakan rangkaian produk skincare dengan kandungan bahan vitamin C, maka kamu dapat mengombinasikan produk tersebut di waktu yang berbeda, misalnya kamu dapat menggunakan produk exfoliating acid pada malam hari, kemudian dikeesokan harinya kamu pun dapat menggunakan rangkaian skincare dengan kandungan vitamin C.

Perhatikan Jumlah Kandungan Acid

Ilustrasi exfoliating acid (Special)

Ladies, sebelum menggunakan rangkaian perawatan exfoliating acid, sebaiknya kamu dapat memperhatikan pula jumlah persentase atau kadar kandungan acid dalam kemasan produknya. Karena semakin tinggi tingkat asam, maka dapat memberikan efek sensitifitas yang tinggi pula bagi kulit. Hal ini justru dapat membuat kondisi kulit menjadi alergi, bahkan menimbulkan gangguan kulit seperti iritasi.