5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Lelah Mental

Senin, 31 Oktober 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Lelah Mental

Ilustrasi depresi. (Special)

Ladiestory.id - Tak hanya kesehatan fisik, namun kesehatan mental pun perlu kamu perhatikan. Pasalnya, saat mentalmu tidak sehat, maka bisa menjamur kepada kesehatan secara fisik. Bahkan, saat kamu mengalami kelelahan mental, hal tersebut bisa berakibat negatif pada kesehatan. Perlu diketahui pula, kelelahan mental merupakan sesuatu hal yang wajar.

Meski wajar, bukan berarti kamu pasrah dan diam saat fase ini menghampiri. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat dilanda kelelahan mental.

Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Ilustrasi mencintai diri sendiri. (Special)

Perlu diketahui, saat seseorang mengalami kelelahan mental, maka akan mudah terserang penyakit demam dan flu. Sehingga, saat kamu merasakan tanda-tanda kelelahan mental, lebih baik beristirahat sejenak. Kamu perlu memberi waktu untuk diri sendiri. Jika dilihat, terkadang kamu tidak punya cukup waktu dalam 24 jam. Sehingga, kamu perlu meluangkan waktu khusus untuk diri sendiri.

Nantinya, hal ini dapat bermanfaat bagi diri sendiri. Pasalnya, setelah meluangkan untuk diri sendiri, maka kamu bisa membangun ketahanan diri dari stres. Selain itu, meluangkan waktu untuk diri sendiri akan membuat kamu bahagia. Pasalnya, kamu bisa memberi waktu agar tubuh dan pikiran beristirahat dari rutinitas yang padat.

Kamu bisa meluangkan waktu di akhir pekan. Banyak hal yang bisa dilakukan. Tak perlu melakukan aktivitas yang berlebihan, cukup dengan melakukan hal-hal sederhana yang jarang dilakukan di hari-hari biasa.

Tahu Sumber Kelelahan Mental

Ilustrasi berpikir. (Special)

Pada dasarnya, kondisi mental seseorang berbeda-beda dan tidak bisa dibandingkan. Hal itu berlaku pula untuk sumber kelelahan mental seseorang. Biasanya seseorang akan mengalami kelelahan mental karena pekerjaan, percintaan, hinga perekonomian. Selain itu ada hal lain yang memang hanya di alami oleh dirimu sendiri. Semua itu tidak ada yang salah.

Namun, kamu harus mengetahui dan mengenal apa yang menjadi sumber kelelahan mental kamu. Pasalnya, saat kamu mengetahui sumbenya, maka kamu akan dapat mencegahnya.

Hal tersebut pun telah dituliskan oleh Healthline. Selain itu, dengan mengerti sumber kelelahan mental, maka kamu juga bisa mencari solusi yang terbaik. Bahkan, kamu bisa melakukan berbagai upaya agar fase tersebut tidak muncul di kemudian hari.

Komunikasikan pada Orang Lain

Ilustrasi perempuan sedang curhat. (Special)

Kelelahan mental bisa dihindari dengan beberapa cara, satu di antaranya menceritakan permasalahan kepada orang lain alias curhat. Hal ini bisa meringankan beban yang kamu rasakan.

Namun kamu juga perlu berhati-hati saat ingin berbagi beban dengan orang lain. Pasalnya, jika kamu salah memilih orang, maka bisa jadi ia akan menganggap remeh permasalahanmu. Parahnya llagi jika orang tersebut membocorkan permasalahanmu ke orang lain sehingga banyak yang mengetaui.

Namun saat kamu menemukan orang yang tepat, maka perasaan kamu akan lebih lega. Selain itu, orang tersebut juga bisa membantu kamu mencari solusi hingga memberi saran yang terbaik.

Tulis Jurnal

Ilustrasi belajar. (Special)

Saat seseorang mengalami kelelahan mental, maka perasaan negatif akan lebih mudah menghampiri. Di saat itulah, kondisi mental kamu akan semakin buruk hingga melemah. Sehingga, kamu bisa menulis jurnal untuk membuang perasaan tersebut. Selain itu, di dalam jurnal, kamu juga bisa menuliskan apa saja yang kamu syukuri. Sehingga, kamu lebih bisa memaknai hidup dengan lebih baik.

Olahraga

Ilustrasi Olahraga (Special)

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat merasa kelelahan mental adalah berolahraga. Pasalnya, denagn olahraga teratur mampu meningkatkan sauna hati, fungsi otak, hingga kesehatan secara umum. Saat berolahraga, kamu akan lebih mudah memahami perasaan yang muncul. Sehingga, kamu bisa lebih merasa tenang hingga terhindar dari kelelahan mental.