Selain Identitas Diri, Inilah Hal-Hal yang Harus Dicantumkan dalam CV

Jumat, 22 Oktober 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Selain Identitas Diri, Inilah Hal-Hal Yang Harus Dicantumkan Dalam Cv

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - CV (Curriculum Vitae) atau resume adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas mengenai siapa dirimu, apa saja pencapaian yang telah dilakukan di masa lalu, bagaimana relevansi pengalaman terhadap posisi pekerjaan yang dilamar.

Bahkan melalui CV dapat menilah apakah kamu orang yang tepat atau tidak untuk dipilih diantara kandidat lainnya.

CV yang baik adalah dimana pembaca CV tersebut dapat membayangkan dengan baik sang pembuat CV sebelum bertemu langsung secara fisik.

Hal-Hal yang Harus Dicantumkan dalam CV

Mungkin bagi kamu yang baru ingin melamar kerja akan bingung dengan membuat CV ini. Kira-kira apa saja ya yang harus ada di CV selain identitas diri?

1. Identitas diri pada CV

cv
Foto: Ladiestory.id

Sebuah CV harus memuat identitas diri, berupa:

a. Nama Lengkap

Tuliskan nama lengkapmu, bisa cantumkan gelar jika memiliki.

b. Foto

Gunakan pas foto close up dengan ekspresi yang bagus. Namun jangan gunakan foto selfie.

c. Kontak

Cantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi, bila perlu yang kamu gunakan sebagai nomor WhatsApp. Pastikan nomor yang kamu tulis bisa dihubungi dengan mudah oleh HRD. Berikan label yang jelas juga apakah nomor tersebut WA atau hanya telepon dan SMS biasa.

Tuliskan juga alamat email yang sering kamu gunakan. Jangan gunakan nama email yang aneh-aneh. Misalnya gunakan alamat [email protected] daripada [email protected].

d. Alamat Domisili

Bila alamat domisilimu saat ini berbeda dengan alamat di KTP, gunakan salah satu yang dapat dihubungi dengan mudah. Lebih utama, gunakanlah alamat domisili. Pastikan tulis label sebagai alamat domisili.

Perusahaan biasanya lebih suka dengan calon karyawan yang domisilinya dekat dengan kantor perusahaan. Jadi semisal kamu tinggal di Bandung karena sebelumnya kuliah di Bandung dan kamu ingin melamar perusahaan di Bandung.

Maka tuliskan alamat domisilimu di Bandung. Meskipun KTP aslimu berasal dari Sulawesi Selatan.

e. Tanggal lahir

Cantumkan juga tanggal lahir sesuai ijazah. Tanggal lahir diperlukan perusahaan untuk mengetahui umur kamu.

2. Deskripsi Diri

Menyusun kata pada bagian deskripsi diri memang perlu diperhatikan baik-baik. Pasalnya, bagian ini akan menjelaskan apa saja keterampilan dan pengalaman kerjamu.

Dituturkan oleh direktur operasional di situs Office Angels, Darren Roscoe, deskripsi tentang diri adalah kesempatan yang bagus untuk mempromosikan diri. Tulislah sebanyak tiga atau empat kalimat ringkas yang bisa menarik perhatian perekrut dan menginginkan mereka mengetahui lebih banyak tentang dirimu.

"Buat deskripsi diri lebih simpel, gunakan kata ganti orang pertama, dan periksa kembali tulisan tersebut untuk menghindari kesalahan ejaan. Rangkumlah dalam 200 kata siapa diri Anda, pekerjaan, keahlian yang dimiliki, serta tujuan dalam berkarier," tutur Darren.

3. Pendidikan

cv
Foto: Ladiestory.id

Bagian ini menjelaskan mengenai latar belakang pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Cantumkan pendidikan dari SMA ke atas termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang diikuti.

4. Pengalaman Kerja

Bagian ini merupakan bagian yang paling sering diperhatikan oleh perusahaan yang merekrut. Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas.

Di bagian ini, rekruiter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian yang panjang. Oleh karena itu harus menjelaskan secara detail apa yang dikerjakan.

Mulai dari nama perusahaan tempat kerja sebelumnya, posisi kamu, dan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari (job description).

Dengan adanya informasi ini akan membantu memahami cakupan kerja yang dilakukan, keterampilan yang dimiliki serta bisa memperkirakan nilai tambah yang dimiliki seorang kandidat.

5. Prestasi dan skill

cv
Foto: Ladiestory.id

Pilih saja skill yang paling relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Nah, sama halnya dengan prestasi, jika tidak ada kaitannya dengan pekerjaan, lebih baik tidak perlu dicantumkan.

Misalnya, prestasi dalam bermain piano atau lomba berenang tak perlu disebutkan jika kamu melamar untuk posisi programmer.

Inilah hal-hal yang harus ada di CV selain identitas diri. Kamu dapat mencari beberapa design pembuatan CV yang menarik. Namun pastikan jangan membuat CV yang “alay”, ya.