Hampir Gunakan Suara Kambing, Ini Kisah Unik di Balik Bunyi "Tudum" Netflix

Kamis, 8 September 2022 | 10:15:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Hampir Gunakan Suara Kambing, Ini Kisah Unik Di Balik Bunyi "Tudum" Netflix

Film Documenter Netflix (Special)

Ladiestory.id - Diadakan untuk pertama kalinya pada tahun lalu dan berhasil mencatat sebanyak 25 juta view di 184 negara, acara "Tudum" akan menampilkan berbagai pengumuman eksklusif, cuplikan yang belum pernah dirilis, trailer, foto-foto terbaru, serta wawancara dengan para kreator dan bintang Netflix. 

“Tudum” adalah suara keriaan yang datang tepat sebelum acara Netflix dimulai. Bahkan, pengguna Netflix di Asia Pasifik ternyata telah mengumandangkan “Tudum” lebih dari sembilan miliar kali dalam satu tahun terakhir! Namun, apakah cerita di balik “Tudum”?

Netflix kini membagikan cerita di balik pembuatan bunyi tersebut, meliputi pernyataan dari Wakil Presiden Desain Netflix Steve Johnson, untuk merayakan kembalinya acara "Tudum" di akhir bulan ini.

Bunyi “Tudum” Pertama Kali Diperkenalkan pada 2015.

Langganan Netflix. (Special)

“Berbagai studio lebih dahulu dikenal dari logonya, dari lambang bola dunia Universal Pictures hingga pola statis HBO. Maka, kami ingin menciptakan sesuatu yang spesial untuk Netflix hingga menghabiskan waktu satu tahun mengembangkan sebuah bunyi sebagai penanda bagi penonton di seluruh dunia," ujar Johnson.

"Bahwa sesaat lagi mereka akan menyaksikan kisah yang luar biasa di rumah masing-masing. Kami ingin menghasilkan suara yang melintasi genre dan batas negara, mengingat tayangan kami yang berasal dari seluruh dunia," tambahnya.

Pengembangan bunyi “tudum” dipimpin oleh Todd Yellin, Wakil Presiden Produk Netflix, dan menghabiskan masa satu tahun untuk percobaan.

Peran tim produk Netflix, meliputi platform tempat tayangnya konten dan bertanggung jawab mencari cara-cara yang inovatif dan kreatif, seperti menerjemahkan berbagai serial dan film menjadi pengalaman yang seru di Netflix (misalnya ikon yang dapat disesuaikan maupun desain navigasi).

Bunyi Unik Buat Orang Teringat Akan Netflix 

Ilustrasi menonton film bersama sahabat. (Special)

“Bunyi yang dihasilkan harus bisa melukiskan begitu banyak hal dalam waktu yang amat singkat. Penonton yang sedang menonton secara ‘maraton’ pasti tak ingin berlama-lama melihat logo Netflix di awal setiap episode," kata Johnson.

"Kami ingin menciptakan sesuatu yang menimbulkan rasa ingin tahu sekaligus sebuah akhir, tak ubahnya seperti kisah-kisah di Netflix, namun hanya dalam beberapa detik. Kami banyak berdiskusi dengan sound designer dan komposer di seluruh dunia dalam pencarian bunyi Netflix yang sempurna ini,” lanjutnya.

Netflix ingin menciptakan bunyi yang menggugah dan emosional, yang dituju adalah perasaan hanyut dalam dunia film, bukan sekadar teknologi streaming. Netflix bekerja sama dengan sound designer pemenang "Academy Awards", Lon Bender, dalam menciptakan bunyi yang di kemudian hari dikenal sebagai “tudum”. 

Hampir Saja Suara Kambing Jadi Bunyi Khas Netflix 

Ilustrasi kambing. (Special)

“Diskusi kami melibatkan begitu banyak pilihan, termasuk bunyi membuka pintu, kotak musik, instrumen musik yang tak biasa, sampai bebunyian dari dunia film di masa lampau. Pada satu titik ada masanya dengan sangat serius kami mempertimbangkan apakah suara kambing dapat menjadi bunyi yang pas untuk Netflix," ungkap Johnson.

"Sebagaimana MGM dikenal dengan auman sang singa. Namun, pilihan itu akhirnya gagal. Kami menawarkan lima pilihan kepada ribuan orang, dan hanya ada satu bunyi yang membawa benak orang-orang ke ranah drama dan film, itulah 'tudum'," tutup Johnson.  

Suara “tudum” mencakup berbagai bunyi lain, antara lain Lon Bender membenturkan cincin kawinnya ke sisi lemari di kamar tidurnya, landasan besi dengan efek lambat dan dua pukulan yang diredam, hingga bunyi indah di ujung “tudum” dijuluki “The Blossom” dan diciptakan dengan gitar oleh sound designer ternama Charlie Campagna.

Dalam sesi percobaan, orang-orang mengasosiasikan bunyi “tudum” dengan “dramatis”, “menarik”, “sebuah awal”, “bagus”, “singkat”, dan salah satu kata kunci, yaitu “film”. Respons ini membuat Todd dan seluruh tim yakin bahwa mereka telah menemukan bunyi yang tepat.

“Tudum” yang kini sinonim dengan berbagai serial dan film di Netflix membuat yakin bahwa acara global untuk penggemar tersebut telah menemukan julukan yang tepat. 

"Tudum" akan hadir pada 24 dan 25 September 2022, melintasi empat benua bersama lima acara dan seluruh penggemar akan dibawa serta dalam konten global. "Tudum" siap menampilkan berbagai pengumuman eksklusif, cuplikan yang belum pernah dirilis, trailer, foto-foto terbaru, serta wawancara dengan para kreator dan bintang Netflix.

Acara virtual dan gratis ini adalah perayaan penggemar Netflix dan bertujuan untuk berbagi kabar terbaru tentang lebih dari 100 serial, film, dan tayangan spesial dari seluruh dunia.