Tak Ingin Bernasib Sama, Hanung Bramantyo Ungkap Gagal Bikin Film Tentang Munir

Kamis, 8 September 2022 | 17:15:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Tak Ingin Bernasib Sama, Hanung Bramantyo Ungkap Gagal Bikin Film Tentang Munir

Hanung Bramantyo. (Special)

Ladiestory.id - Sebelumnya, sutradara kawakan Indonesia, Hanung Bramantyo mengungkap jika dirinya sempat ditantang untuk menggarap kisah sosok pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) Munir ke dalam sebuah film. Menyanggupi tantangan itu, Hanung menambahkan jika kisah Munir menjadi menarik dan penting untuk diangkat lantaran hingga kini kasus kematiannya masih belum juga terungkap.

Hanung Bramantyo Gagal Garap Film Munir. (Instagram.com/hanungbramantyo)

"Tanggal 7 Sept 2014, lelaki pejuang HAM ini dibunuh. Sampai hari ini dalangnya tidak tertangkap," tulis Hanung pada Rabu (7/9/2022) bertepatan dengan hari meninggalnya Munir.

"Pernah suatu hari saya diminta membuat filmnya. Tanpa ragu saya menyatakan bersedia," sambungnya.

Hanung Bramantyo Gagal Garap Film Munir. (Instagram.com/hanungbramantyo)

Namun, tak berselang lama sejak suami dari Zaskia Adya Mecca tersebut menyanggupinya, ia pun mengaku menerima sebuah telepon dari seorang penggemar yang ternyata adalah pensiunan tentara. Hal tersebut lantas membuat Munir akhirnya ragu dan memiliki perasaan yang tak enak.

"Paginya, saya ditelpon orang tak dikenal yang dengan sopan meminta saya untuk berjumpa. Katanya ngefans sama saya dan pengen kenalan. Setelah saya selidiki ternyata si penelpon seorang pensiunan tentara. Hati saya langsung mak jleb. Perasaan saya gak enak," cerita Hanung.

Karena telepon itu pula, Hanung pun akhirnya mengurungkan niatnya dan mundur dari proyek film Munir. Keputusan tersebut diambil, lantaran ayah 5 anak tersebut merasa khawatir akan memiliki nasib yang sama dengan sosok Munir yang hingga kini penyebab kematiannya belum juga menemui titik terang.

"Mulai saat itu, saya memutuskan untuk mengurungkan niat membuat film tentang Munir, daripada nasib saya seperti sang Brigadir," ungkapnya menyayangkan.

Sementara itu, membahas sekilas mengenai sosok Munir, alias Munir Said Thalib, mendiang dikenal sebagai seorang aktivis HAM dan salah satu pendiri dari Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (KONTRAS). Menurut banyak informasi, dirinya sempat dinyatakan hilang dan ditemukan meninggal tanpa alasan yang jelas, yang hingga saat ini belum juga terungkap.