Hati-Hati! Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih

Minggu, 10 Juli 2022 | 00:01:00

Ghina Nafisah

Penulis : Ghina Nafisah

Hati-Hati! Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih

Ilustrasi Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih (pinterest.com)

Ladiestory.id - Air putih menjadi bagian penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Bagaimana tidak, karena air putih adalah cairan yang menyumbang sekitar 66 persen untuk tubuh manusia. Oleh karena itu banyak orang sering minum air putih. Tapi terkadang kita lupa, yang niatnya ingin sehat malah berubah menjadi bahaya bagi tubuh jika kamu terlalu banyak minum air putih.

Ilustrasi pusing. (Special)

 

Bahaya yang bisa diakibatkan oleh terlalu banyaknya minum air putih terbilang cukup fatal dan bahkan bisa berujung kematian. Yang pertama ada keracunan air, terdengar sepele namun sangat berbahaya. Gejala keracunan air sendiri meliputi kelelahan, sering buang air kecil, sakit kepala ringan hingga berat, mual, muntah dan sampai kematian jika meminum air putih secara berlebihan dalam waktu singkat.

Hal tersebut perlu kehati-hatian dalam meminum air putih, terutama untuk kamu seorang atlet atau pekerja luar yang mengharuskan meminum air dalam jumlah banyak, karena kegiatan tersebut dapat menekan kerja ginjal yang menyebabkan air yang seharusnya dikeluarkan akan masuk kembali lagi dengan mudah kedalam darah.  

Ilustrasi otak. (Special)

Bahaya yang lebih serius jika kalian terus melakukannya. Yaitu dapat terjadinya pengenceran darah dan pembengkakan pada otak. Pembengkakan otak bisa terjadi karena masuknya air yang berlebihan ke dalam sel-sel otak. Adapun gejala yang ditimbulkan yaitu kejang-kejang, koma, terhentinya pernapasan dan berujung kematian.

Lalu kenapa bisa menimbulkan pembengkakan pada otak? Para ahli kesehatan menerangkan bahwa, pada tubuh manusia itu terdapat ginjal yang mengatur jumlah kadar air dalam tubuh, ginjal bekerja dengan menyaring dan mendistibusikan darah lewat jutaan sel, jika kamu terlalu banyak minum air dalam waktu yang singkat, ginjal akan kesulitan dalam menyaring darah dan alhasil darahpun akan tergenang air yang berlebihan.

Air berlebihan tadi akhirnya dapat memasuki sel-sel tubuh yang dapat menampungnya, sebagian besar sel bersifat fleksibel dan ruangnya dapat merenggang, seperti contohnya lemak dan otot. Namun lain untuk sel-sel pada otak yang cenderung rapat dan sifatnya yang kaku, oleh karena itu air yang berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan otak karena sel-sel otak yang tidak mampu menampungnya.

Foto: Ladiestory.id

Lalu sebaiknya berapa liter air putih yang bisa kita minum perharinya? Sebenarnya minum air putih yang banyak itu sangat dianjurkan untuk kesehatan kita, namun perlu diperhatikan perharinya yang disarankan hanya meminum sebanyak 2 liter air dengan adanya jarak waktu dalam meminumnya.

Dijaraknya waktu kita dalam meminum air putih agar ginjal kita bekerja dengan baik. Karena ginjal yang sehat hanya bisa memproses 800 hingga 1000 mililiter perjamnya. Oleh karena itu lebih baik kamu minum air putih secara sedikit-sedikit namun teratur, daripada minum air putih secara banyak dalam waktu yang singkat.

Apalagi sekarang sudah banyak sekali kampanye gerakan sehat seperti rajin minum air putih hingga fakta tentang air putih dapat menutrisi kulit. Karena itu banyak sekali orang mulai berlomba-lomba dalam meminum air putih yang banyak untuk mendapatkan manfaatnya, seperti membawa botol minum ke kantor sampai selalu sedia galon di rumah.

Selain memperhatikan waktu minum air putih yang baik, kita juga harus memperhatikan dari mulai sumber airnya hingga wadah penempatan air tersebut.

Di musim penyakit seperti saat ini jangan lupa untuk kamu selalu minum air putih ya, namun tetap hati-hati jangan sampai kamu terlalu banyak minum air putih.