Heboh! Nakes Tiktokan saat Akan Operasi Pasien

Kamis, 9 Juni 2022 | 13:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Heboh! Nakes Tiktokan Saat Akan Operasi Pasien

Oknum nakes buat konten TikTok jelang operasi pasien (Instrgram.com/igtainmenttt)

Ladiestory.id - Dalam sebuah tangkapan layar yang dibagikan oleh akun Instagram @igtainmenttt menunjukkan konten TikTok dari 3 orang tenaga kesehatan. Diduga oknum nakes itu membuat konten TikTok di ruang operasi dengan kondisi pasien yang berbaring di belakang mereka. 

Warganet sontak menyayangkan hal yang dilakukan oleh oknum nakes di dalam foto. 

"Kalo emang bener tiktok kan dan yg dibelakang itu pasien bukannya gak boleh ya?" terang akun @igtainmenttt dalam caption unggahan tangkapan layarnya yang sudah menutup wajah para nakes serta username TikToknya.

Diduga pasien dalam konten TikTok tersebut adalah seorang ibu hamil yang akan menjalani operasi sesar.

Tiktok Nakes. (Instagram.com/Tiktok Nakes.)

"Dari tangkapan gambar bisa dilihat ada seorang pasien di belakang mereka. Dugaan nya, pasien tersebut adalah pasien ibu hamil yang sesaat lagi akan menjalani operasi Sectio Caesarea atau SC, entah secara elektif (terencana) atauoun cito (darurat). Terlepas dari itu, tetap saja hal ini sangat tidak etis dan memalukan, bahkan cenderung mencoreng nama instansi tempat kerja dan organisasi profesi," lanjut akun Instagram @igtainmenttt.

Kolom komentar posting-an tersebut akhirnya dibanjiri kritik yang ditujukan kepada oknum nakes dalam foto. Warganet menyampaikan bahwa tidak seharusnya nakes melakukan tindakan tersebut ditengah-tengah kondisi pasien yang akan meakukan operasi.

"Sementara si pasien sedang deg degan mau tindakan eeeh ini malah tik tok an ... Orang umum ga bole masuk ruang operasi, eeeh suasana ruang operasi malah tersebar via tiktok.." ujar akun @fiet_thea.

"Pd g takut dipecat ya... pdhl ada UU yg melindungi pasien.." ujar akun @cheisyagrosir.

"Heran aku sama nakes yg kaya gini sumpah janjinya dan kode etik g dicerna bener2. Attitudenya Nol besar percuma sekolah tinggi mahal!!!" ujar akun @eknisputri.

Sementara itu salah satu komentar ada yang beranggapan bahwa mungkin hal tersebut dilakukan agar pasien tidak tegang.

"Gw pernah nonton dokter   , ada adegan dia lagi ngoperasi pasien sambil dengerin lagu terus ngobrol2 asik gitu, fun lah pokoknya. Padahal pasien nya kek lagi operasi rumit gitu. Apa jgn2 itu boleh ya biar suasana gak tegang," ujar akun @iskadianti.

s