“Henry Sugar” Tak Akan Tayang di Bioskop, Wes Anderson Beberkan Alasannya

Rabu, 21 Juni 2023 | 09:58:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

“Henry Sugar” Tak Akan Tayang Di Bioskop, Wes Anderson Beberkan Alasannya

Wes Anderson. (Special)

Ladiestory.id - Sutradara Wes Anderson mengabarkan bahwa film terbarunya “The Wonderful Story of Henry Sugar” tidak akan tayang di bioskop, dan hanya tayang di layanan streaming. Wen Anderson pun membeberkan beberapa hal yang mengakibatkan film garapannya tersebut tak bisa tayang di bioskop.

Wes Anderson mengatakan bahwa keputusan tersebut ia ambil karena terkait hak cipta dari Roald Dahl, termasuk karena “The Wonderful Story of Henry Sugar” sudah berada di bawah naungan platform streaming, Netflix.

“Dalam kasus saya ini sedikit aneh,” kata Wes Anderson terkait kerja samanya dengan Netflix, melansir berbagai sumber, Rabu (21/6/2023).

Ia mengungkapkan bahwa dirinya telah lama menyimpan keinginan untuk menggarap film “Henry Sugar” yang tumbuh dari hubungan personalnya dengan anggota keluarga dari Roald Dahl, bahkan jauh sebelum mengerjakan “Fantastic Mr. Fox”.

“Saya sudah bertemu Lindsay Dahl, ketika kami sedang syuting ‘The Royal Tenenbaums’, sekitar 20 tahun lalu,” ungkap Wes Anderson.

“Sudah bertahun-tahun lamanya, saya selalu menginginkan untuk membuat Henry Sugar,” lanjut Henry Sugar.

Wes Anderson. (Special)

 

Sutradara kelahiran 1 Mei 1969 tersebut mengaku bahwa pihak keluarga Dahl juga sudah memberikan izin kepada dirinya untuk menggarap film Henry Sugar tersebut. Namun, ketika sudah siap, hak cipta kisah tersebut sudah berada di bawah naungan Netflix.

“Ini bukanlah film fitur. Ini hanyalah sepanjang 37 menit dan sekitar itu,” ujar Wes Anderson.

“Tapi ketika waktu itu saya menyatakan telah siap, keluarga Dahl tidak lagi memegang hak ciptanya sama sekali. Mereka telah menjual seluruh kesepakatan mereka ke Netflix,” ungkapnya.

Selaku sutradara yang menggarapnya, Wes Anderson pun tak menolak keputusan tersebut. Menurutnya penayangan di layar lebar bukanlah satu-satunya pilihan mengingat film tersebut hanya berdurasi sekitar 37 menit.

“Tapi di luar itu, karena ini adalah film berdurasi 37 menit, itu (Netflix) adalah tempat yang tepat untuk melakukannya sebab ini tidak seperti film lainnya,” pungkasnya.