1. Health
  2. Hewan Peliharaan Baik Untuk Kurangi Risiko Dimensia Pada Lansia, Ini Kata Penelitian
Health

Hewan Peliharaan Baik Untuk Kurangi Risiko Dimensia Pada Lansia, Ini Kata Penelitian

Hewan Peliharaan Baik Untuk Kurangi Risiko Dimensia Pada Lansia, Ini Kata Penelitian

Kakek dan nenek bersama anjing kesayangan. (Pinterest.com)

Ladiestory.id - Penelitian membuktikan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat mengurangi risiko stress. Memiliki anjing atau kucing bahkan dapat memperlambat penurunan risiko dimensia untuk para orang yang lanjut usia.

Dimensia adalah penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat dan juga cara berpikir. Penyakit ini rawan terkena kepada orang yang lansia.

Dilansir dari dailymail.co yang tayang pada Rabu (27/12/2023) menjelaskan bahwa peneliti mengamati orang yang berusia di atas 50 tahun merasa bahwa pentingnya keberadaan hewan peliharaan. 

Mereka merasa dilatih ingatan oleh para anjing dan kucing melalui verbal maupun nonverbal. Misalnya mereka harus memberi makan secara rutin di jam tertentu, mengajak hewan peliharaan berbicara hingga berolahraga bersama.

“Pertemanan yang diberikan oleh hewan peliharaan dapat mengurangi kesepian dan meningkatkan kesejahteraan, sementara mengajak anjing jalan-jalan mungkin membantu bertemu orang lain, melalui penyediaan topik percakapan,” jelas Dr Yanzhi Li, pemimpin penelitian dari Tiongkok.

Hasil dari penelitian menunjukan, pemilik hewan peliharaan lebih kecil kemungkinan untuk bersosialisasi dibandingkan orang yang tidak memiliki anjing ataupun kucing.

Hewan peliharaan dapat memberikan rasa tenang, menghilangkan stress ketika kamu banyak pikiran, memberikan semangat hidup untuk para pemiliknya serta menyehatkan otak.

Pemilik anjing akan lebih banyak berolahraga dengan berjalan-jalan santai dan tidur lebih nyenyak. Hal ini ternyata baik untuk otak dan mengurangi tingkat penurunan kognitif. Peneliti juga mengatakan semua jenis peliharaan akan membuat kamu tenang, rileks hingga dapat menghilangkan kecemasan.

Anjing kesayangan nenek. (Pinterest.com)

Hampir 27% orang lanjut usia tinggal sendirian bersama hewan peliharaan kesayangannya. Mereka yang memiliki anjing atau kucing akan mengimbangi tingkat penurunan memori verbal dan kefasihan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki peliharaan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open ini mengamati orang-orang yang ditanya tentang kepemilikan hewan peliharaan. Hewan peliharaan bisa menjadi perubahan sederhana untuk orang yang tinggal sendirian dan mendukung kesehatan mental di usia yang tak lagi muda.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel