Hidup Bebas Stres! 5 Tips Bekerja Tanpa Beban

Sabtu, 18 Juni 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Hidup Bebas Stres! 5 Tips Bekerja Tanpa Beban

Ilustrasi WFA. (Special)

Ladiestory.id - Untuk memenuhi segala macam kebutuhan, maka mau tidak mau seseorang harus bekerja. Hal tersebut dilakukan karena orang yang terbaring di rumah saja tidak akan bisa menghasilkan apa-apa.

Selain itu, ada pula orang lain yang bekerja karena sebuah kegemaran. Bekerja tidak lagi dilihat sebagai mesin penghasil uang belaka, tetapi lebih untuk kepuasan batin seseorang.

Untuk kelompok pertama, Kamu akan melihat pekerjaan sebagai beban. Hal ini tidak hanya akan membuat Kamu memiliki pandangan jika pekerjaan akan membuat stres, tetapi hasil kerjamu pun menjadi tidak maksimal.

Nah, agar bisa bekerja ikhlas tanpa beban, berikut beberapa tips yang bisa Kamu terapkan dalam hidupmu.

Sertakan Tuhan dalam Pekerjaanmu

Ilustrasi orang membaca doa. (Special)

Jika Kamu selalu mengikutsertakan Tuhan dalam setiap aktivitas, itu bisa mengingatkan Kamu untuk selalu bersyukur. Biasakan untuk berdoa sebelum memulai bekerja, ya.

Rasa syukur dapat membantu Kamu melihat pekerjaanmu secara lebih positif. Jika dipikir-pikir, Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari pekerjaan yang dianggap sebagai beban. Dari sana, Kamu dapat menyadari bahwa pekerjaan saat ini, meskipun tidak ideal, adalah berkah dan harus dilakukan dengan baik.

Ubah Pola Pikirmu

Ilustrasi berpikir. (Special)

Apa yang membuat pekerjaan Kamu sulit? Jika perlu, tuliskan dan lihat pola pikirmu seperti apa. Karena paradigma yang salah bisa membuat Kamu melihat yang baik menjadi negatif, loh.

Misalnya, setelah refleksi, Kamu akan menemukan bahwa pekerjaanmu saat ini tidak begitu penting. Namun, Kamu juga perlu berpikir bahwa bagaimana jika posisimu saat ini tidak ada. Tentu hal ini akan menjadi rumit, kan?

Nah, dari situ paradigma yang dipercaya bisa diperbaiki. Pekerjaan yang tampaknya sepele ini ternyata berguna dan vital bagi kerja tim atau perusahaan. Kamu juga dapat lebih menghargai pekerjaanmu saat ini melalui perubahan paradigma.

Pikirkan Konsekuensi Terburuknya

Ilustrasi berkata tidak. (Special)

Seringkali orang baru menyadari pentingnya sesuatu ketika sudah hilang. Ini juga berlaku untuk pekerjaan. Selalu ada waktu untuk mengeluh. Giliran kehilangan pekerjaan, Kamu nanti justru akan pusing.

Ketika Kamu merasa pekerjaan yang ada sangat sulit, pikirkan konsekuensi terburuk jika Kamu kehilangan pekerjaan. Tidak bisa merawat kulit, tidak bisa makan bersama teman, tidak bisa memberi uang kepada orang tua untuk belanja, hingga tidak bisa membantu adik pergi ke sekolah.

Pekerjaan Lebih Terorganisir

Foto: Ladiestory.id

Karena Kamu kewalahan oleh banyaknya pekerjaan, Kamu menjadi merasa terbebani. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah bekerja lebih teratur mulai sekarang.

Buat daftar tugas yang membantumu menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang dapat dilakukan kemudian. Fokus saja pada pekerjaan yang sedang berlangsung sampai selesai. Setelah itu, baru beralih ke pekerjaan baru. Cara kerjamu menjadi rapi dan tidak lagi kewalahan.

Berpikir Dari Sudut Pandang Seorang Pengusaha

Bekerja Lama di Depan Komputer (Special)

Karyawan yang tidak bekerja dengan itikad baik, seringkali acuh tak acuh dan enggan. Jadi, cobalah untuk berpikir dari sudut pandang pengusaha sesekali. Apakah tidak mungkin memiliki perusahaan sendiri di masa depan?

Nah, pikirkan reaksimu saat mengetahui bahwa karyawan Kamu bekerja dengan cara yang sama seperti yang Kamu lakukan. Datang terlambat, pekerjaan tidak maksimal, hal-hal penting tidak selesai, dan segala macam penampilan pun turut buruk.

Hal ini pasti sangat menguras emosi, bukan? Jika Kamu diperlakukan dengan sangat buruk, tunjukkan kinerja yang baik. Jadi, siapa tahu Kamu akan memiliki karyawan yang hebat juga di masa depan.

s