Hindari 5 Penyebab Hilangnya Semangat Hidup, Jangan Sampai Menghampirimu

Jumat, 6 Agustus 2021 | 06:07:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Hindari 5 Penyebab Hilangnya Semangat Hidup, Jangan Sampai Menghampirimu

Foto: Ladiestory.id

Sebagian dari kamu mungkin pernah merasakan kehilangan semangat hidup. Rasanya sangat tidak menyenangkan. Kamu kehilangan semangat dalam melakukan apapun itu, termasuk hal yang menyenangkan sekalipun.

Dalam hidup, mengalami naik turun kehidupan merupakan hal yang wajar. Hari ini kamu dapat sangat bahagia, hari-hari terasa sangat membahagiakan, tetapi beberapa saat kemudian semangatmu jadi sirna, mood berantakan sebab suatu hal, dan masih banyak lagi.

Namun, apakah kamu pernah merasakan seperti tiba-tiba semangat hidup lenyap begitu saja? Merasa diri ini tidak berguna dan tertinggal dari orang lain. Hilangnya semangat hidup sudah tentu disebabkan karena beberapa hal.

Kamu Hanya Melihat Sisi Buruk Dari Segala Kejadian

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Umumnya mereka yang tidak memiliki semangat, cenderung menjadi orang pesimis. Sulit melihat sisi positif dari apa yang terjadi, dan sulit melihat peluang apa yang akan didapatkan.

Cara mengatasinya supaya tidak malas, umumnya banyak orang yang menyarankan untuk menganalogikan diri kamu ketika sukses. Tetapi, ketahuilah, hanya itu saja tidak cukup. Yang tidak kalah penting dan mesti kamu lakukan yaitu buatlah perhitungan.

Kamu juga mesti mengukur kapasitas diri kamu sendiri. Kamu dapat melakukan apa saja, apa kelebihan kamu, apa yang akan kamu hadapi, apakah kamu dapat mengurusnya? Hitunglah secara rasional, tanpa melibatkan sisi emosional.

Kamu suka membandingkan diri

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Penyebab selanjutnya yang dapat menjadikan semangat hidup tiba-tiba sirna adalah karena kamu gemar membandingkan diri kamu dengan orang lain. Membandingkan karier atau pekerjaan pencapaian, materi yang diperoleh, dan lainnya.

Bagaimana semangat tidak tiba-tiba down, jika kamu saja masih gemar melihat pencapaian orang lain. Memang terkadang merasa hidup ini jauh dari yang diinginkan. Tetapi, jika kegiatanmu hanya membanding-bandingkan, bagaimana keadaanmu dapat berubah menjadi lebih baik.

Terlalu banyak kegagalan yang menimpa hidupmu belakangan ini

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Hilangnya semangat hidup dapat terjadi sebab banyak sekali kegagalan yang menimpa dirimu belakangan ini. Menjadikanmu orang yang malas dalam mencoba hal lain walaupun itu menjanjikan. Karena kamu tidak siap apabila mesti menerima kegagalan lagi.

Bukannya menyerah dengan keadaan, mungkin kamu memang sedang perlu istirahat dari segala jenis percobaan. Jika kondisimu sudah cukup membaik, percayalah, kamu akan kembali termotivasi untuk mencoba hal yang kemarin pernah gagal.

Kamu Lupa Dengan Hasil yang Akan Kamu Peroleh

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Sering terjadi oleh mereka yang tadinya niat ingin kerja seharian, justru menjadi malas-malasan. Mungkin mereka lupa dengan kesedihan yang ia rasakan kemarin mengenai keluarganya. Mungkin ia lupa dengan beban hutang yang mesti ia bayar.

Berpikirlah jangka panjang, hal baik apa yang akan kamu peroleh dari main game itu saja. Hal baik apa yang akan benar-benar kamu peroleh dari bekerja keras.

Terlalu lama bertahan di zona nyaman

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Penyebab terakhir mengapa semangat dapat tiba-tiba lenyap yakni sebag kamu terlalu lama bertahan di zona nyaman. Kata orang zona nyaman merupakan jebakan, nyatanya ada benarnya juga lho.

Saat terlalu lama berada di zona seperti ini, lama-kelamaan kita akan kehilangan kesempatan yang semestinya dapat dimanfaatkan dengan baik. Nah, agar semangat hidup kembali, tidak pada salahnya dengan keluar dari zona nyaman dan bersiap dalam mencoba sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Tetap pikirkan hal hal positif yang sekiranya dapat kamu jadikan semangat hidup. Jangan biarkan kehilangan semangat hidup menghampirimu.