Hindari Pelecehan Seksual, Lakukan 5 Tips Ini Agar Aman

Senin, 11 Juli 2022 | 09:11:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Hindari Pelecehan Seksual, Lakukan 5 Tips Ini Agar Aman

Ilustrasi korban pelecehan seksual (Special)

Ladiestory.id - Akhir-akhir ini, di Indonesia tengah marak terjadinya kasus pelecehan seksual. Mulai dari di transportasi umum, lingkungan pendidikan, bahkan juga lingkungan keluarga. Mirisnya, rata-rata yang menjadi korban pelecehan seksual tersebut adalah perempuan.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu waspada kapanpun dan di manapun. Dalam melindungi diri dari tindakan pelecehan seksual, setidaknya kamu dapat mencegahnya dengan beberapa hal. Berikut ini Ladiestory.id telah merangkum beberapa hal untuk diterapkan agar terhindar dari tindakan pelecehan seksual.

Percaya Diri

Ilustrasi percaya diri. (Special)

Berdasarkan Siti Aminah Tardi, selaku Komisioner Komnas Perempuan, dalam melakukan tindakan pelecehan seksual, pelaku umumnya menjadikan orang yang terlihat tidak percaya diri sebagai sasaran mereka. Untuk itu, diyakini bahwa  menanamkan sikap percaya diri dapat mengurangi risiko terjadinya tindakan pelecehan seksual pada seseorang. Maka, hal yang perlu ditanamkan dalam diri adalah dengan bersikap percaya diri.

Ilmu Bela Diri

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Untuk mencegah terjadinya tindakan pelecehan seksual, tentunya perlu perlawanan yang cukup terhadap pelaku. Maka dari itu, disarankan untuk seseorang mempelajari ilmu bela diri. Ilmu bela diri ini dapat dipelajari secara otodidak. Kamu dapat mencari tahu cara bela diri dari tindakan pelecehan seksual yang banyak terdapat di internet, misalnya melalui YouTube.

Alat untuk Melindungi Diri

Pisau Chef Devina (Twitter.com/@hermawan_devina)

Untuk antisipasi terjadinya tindakan pelecehan seksual, seseorang dapat selalu siaga dengan menyiapkan alat-alat perlindungan diri. Alat-alat tersebut dapat berupa semprotan kaca, pisau lipat, dan stun gun (kejut listrik). Namun, alat-alat tersebut hanya boleh digunakan untuk perlawanan terhadap perlakuan yang tidak diinginkan. Jangan sampai menyalahgunakan alat-alat perlindungan diri tersebut.

Selalu Waspada

Foto: Ladiestory.id

Dalam rangka meminimalisir terjadinya tindak pelecehan seksual, sebaiknya hindari tempat-tempat yang sepi. Sebisa mungkin untuk selalu berada di tempat dengan jumlah orang sebanyak minimal 4 orang. Sehingga, jika terjadi suatu hal yang tak diinginkan, kamu dapat langsung meminta pertolongan dari orang sekitar.

Berteriak Meminta Bantuan

Ilustrasi perempuan marah. (Special)

Jika terjadi tindakan pelecehan seksual, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada orang-orang sekitar. Usahakan untuk membuat suara yang kencang atau berteriak agar pelaku mengurungkan niat tak terpujinya.