"I Am And I Will" Jadi Tema Hari Kanker Sedunia Tahun 2021

Kamis, 2 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

"I Am And I Will" Jadi Tema Hari Kanker Sedunia Tahun 2021

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Hari kanker Sedunia diperingati setiap 4 Februari. Hari kanker Sedunia Peringatan ini, ditetapkan pertama kali pada Paris Charter yang diadopsi dari World Summit Against Cancer for the New Millenium in Paris pada 4 Februari 2000.

Peringatan yang kemudian dirayakan tiap tanggal 4 Februari tersebut. Hal ini memiliki tujuan untuk mempromosikan riset kanker, pencegahan kanker, peningkatan pelayanan pasien kanker, kesadaran akan kanker, dan mendorong komunitas global untuk bersama-sama melawan kanker.

Tema Hari Kanker Sedunia Tahun 2021

Foto: cancerresearchuk

Tema Hari kanker Sedunia 2021 masih sama dengan 2 tahun sebelumnya, yaitu “I AM and I WILL” dengan sub tema “Together, all our actions matter”.

Tahun 2021 ini merupakan tahun terakhir kampanye "I Am and I Will". Tema ini diharapkan dapat menunjukan bahwa apa pun tindakan kita, besar atau kecil harus berdampak pada orang sekitar.

Di Indonesia, untuk memperingati Hari kanker Sedunia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mempersiapkan video dan audio kampanye yang bertemakan Hari kanker Sedunia. Dalam video tersebut berisikan animasi informasi cara pencegahan kanker. Video dan audio dapat diundur pada portal promkes.kemkes.go.id

Dengan adanya momen ini diharapkan kita saling mendukung orang di sekitar untuk menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat. Mengingat sampai saat ini pandemi virus Corona masih ada. Jangan lupa rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, istirahat yang cukup

Cara Merayakan Hari Kanker Sedunia 2021 di Tengah Pandemi 

Dilansir laman Cancer Research kita dapat mengikuti Hari kanker Sedunia dengan beberapa cara di antaranya, di antaranya:

1. Bergabunglah dengan Tantangan 21 Hari atau 21 Days to Impact Challenge

Selama dua tahun terakhir, para pendukung Hari kanker Dunia di seluruh dunia telah membagikan komitmen 'I Am And I Will' dengan menjanjikan tindakan berani untuk mengurangi dampak kanker.

Tahun 2021 merupakan tahun terakhir kampanye 'I Am And I Will', melalui 21 Days to Impact Challenge, kita bisa membuat atau melakukan hal positif dan tindakan kecil tetapi memiliki dampak dan bermakna.

"Perlu 21 hari untuk menciptakan kebiasaan positif. Jadi, untuk 2021, apakah Anda berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan pribadi Anda, mendukung seseorang yang Anda cintai dengan kanker, mendidik diri sendiri tentang kanker, berbicara menentang kanker, atau membuat sejarah dengan membantu menghilangkan kanker serviks, daftar ke salah satu dari lima tantangan untuk menerima inspirasi harian dan bimbingan praktis." tulis laman World Cancer Day.org.

2. Membagikan Kisah

Bagi seseorang yang sedang berjuang dengan kanker, dapat ikut membagikan kisah yang saat ini sedang dialami. Tentang bagaimana perjuangan dan bagaimana mengatasi setiap masalah yang timbul karena kanker.

Selain itu setiap orang yang memiliki keluarga, teman, sahabat atau kolega yang sedang berjuang dengan kanker, bisa juga bisa membagikan kisah bagaimana kita mendampingi orang tercinta yang hidup dengan kanker.

Ataupun bagi orang yang sudah sembuh dari kanker, juga bisa membagikan kisah dan cerita bagaimana bisa sembuh dari kanker. Kisah-kisah ini bisa menginspirasi dan saling menguatkan orang lain yang saat ini mungkin sedang berjuang melawan kanker.

3. Buat Poster Khusus Diri Sendiri

Kamu bisa membuat poster yang berisi informasi misal bagaimana pola hidup sehat agar terhindar dari kanker. Selain itu bisa juga membuat poster yang berisi informasi soal cara mendeteksi kanker sejak dini, misal cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri untuk mengetahui ada tidaknya tanda penyakit kanker.

4. Penggalangan Dana untuk Penelitian Kanker

Hari kanker Sedunia 2021 juga bisa dirayakan dengan cara melakukan penggalangan dana. Dana yang terkumpul bisa disalurkan melalui lembaga-lembaga terpercaya yang sedang melakukan penelitian terkait kanker.

Foto: jagrantv

5. Memberi Donasi

Selain melakukan penggalangan dana untuk mendukung penelitian kanker, kita juga bisa memberikan donasi kepada mereka yang menderita kanker atau lembaga yang menyediakan tempat singgah bagi para penderita kanker di beberapa daerah di Indonesia.

6. Buat Acara Workshop atau Seminar Online

Hari kanker Sedunia 2021 juga bisa dilakukan dengan membuat acara, seminar atau workshop online yang mengangkat tema seputar kanker. seperti bagaimana gaya hidup yang rentan mengakibatkan kanker atau soal bagaimana cara berdamai dengan kanker bagi mereka yang sedang berjuang sembuh dari kanker.

Inilah tema Hari kanker Sedunia 2021. Diharapkan peringatan ini tidak hanya sebatas momentum, tapi benar-benar mengingatkan kita untuk memiliki gaya hidup sehat. Selain itu, kita juga harus memberi semangat kepada sesama yang sedang berjuang melawan penyakit ini.