Idap OCD Ekstrem, Begini Sikap Keluarga Aliando Syarief

Sabtu, 29 Januari 2022 | 22:30:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Idap Ocd Ekstrem, Begini Sikap Keluarga Aliando Syarief

Aliando Syarief Idap OCD. (Instagram.com/aliandooo)

Ladiestory.id - Aktor Aliando Syarief mengumumkan bahwa dirinya tengah berjuang untuk kesembuhan usai didiagnosis mengidap OCD atau obsessive compulsive disorder. Aliando merasa bersyukur lantaran orang-orang terdekat mendukung dan mengetahui yang dibutuhkan pasien pengidap OCD.

“Alhamdulillah di-support (teman-teman). Dibilang, 'Lo jangan ada yang ke rumah. Jangan dekat-dekat gue.' Gue nggak mau mereka sampai ketularan, karena gue ini ketularan," ungkap Aliando Syarief.

Pemain Ganteng-Ganteng Serigala ini mengaku bahwa OCD membuat dirinya tidak bisa melakukan aktivitas secara normal sehingga merasa terganggu. Ia memilih untuk melakukan rehabilitasi diri di rumah.

Aliando memutuskan untuk menjauh dari orang-orang terdekat dalam menjalankan terapi untuk kesembuhan OCD. Ia merasa bersyukur keluarganya mau untuk diminta menjauhi dirinya lantaran hal ini sangat dibutuhan oleh pengidap OCD.

“Respons keluarga pada tahu, pada ngerti. Alhamdulillah mereka semua pada menjauh, karena mereka tahu apa yang orang didiagnosa OCD itu mikirnya suka aneh-aneh, macam-macam, seperti akan ada sebuah rencana-rencana busuk yang akan saya lakukan kepada orang-orang itu," jelas Aliando Syarief.

"Mereka tahu, alhamdulillah mereka menjauhi (gue). Itu benar. Ketika dijauhi harusnya lo bersyukur. Kalau misalkan yang terapi, karena kita nggak akan diganggu untuk rehabilitasi diri," lanjutnya.

Bunda Aliando, Tengku Resi Revado memuji keberanian sang anak dalam mengungkapkan penyakit yang dialaminya.

“Mama selalu bangga sama kamu anakku. Kamu dengan berani mengungkap sakit mental kamu ke orang-orang untuk memberi mereka pengetahuan. Bagaimanapun kamu, mama tetap cinta kamu, Nak," kata Tengku Resi Revado.

Perubahan yang Dialami Aliando Syarief

Aliando mengatakan bahwa selama mengidap OCD banyak hal aneh yang dirasakan. Hal ini membuat kesulitan dalam melakukan aktivitas secara normal. Tak disangka, Aliando sempat berpikir untuk bunuh diri.

“Efek OCD jadi bikin kurus? Iya. Gue jadi susah makan, susah untuk bergerak, untuk menyuap saja harus berpikir. Alhamdulillah tetap bersyukur masih dikasih kekuatan mental kuat. Kalau gue tetap fight, kita tetap harus bersyukur apa yang sudah kita jalani," jelas Aliando.

"Nafsu makan nggak ada, terlalu stres, frustrasi, depresi dengan hal tersebut. Pikiran negatifnya masuk ke situ semua. OCD ekstrem, ini mau mandi saja ribet kadang. Mau makan tuh susah. Bisa punya imajinasi dan ilusi aneh-aneh. Kadang ya gitu,” lanjutnya.