5 Ide Bisnis Digital untuk Mahasiswa dengan Penghasilan Menjanjikan

Selasa, 9 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Ide Bisnis Digital Untuk Mahasiswa Dengan Penghasilan Menjanjikan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Perkembangan teknologi banyak dimanfaatkan masyarakat berbagai kalangan untuk menghasilkan uang, tak terkecuali oleh mahasiswa. Mereka pun berlomba-lomba memanfaatkan bisnis digital untuk menghasilkan banyak uang. 

Bukan hanya sekadar untuk menambah uang saku, hasil dari bisnis tersebut juga bisa mereka gunakan untuk membayar uang kuliah. Ada banyak pilihan ide bisnis bagi mahasiswa yang mau mencoba bisnis digital ini. 

Ide Bisnis Digital untuk Mahasiswa 

Inilah beberapa ide usaha online buat mahasiswa yang bisa kamu jalankan, dengan penghasilan yang cukup menjanjikan.

1. Buka Jasa Desain Grafis

Foto: Ladiestory.id

Bagi mahasiswa tentu tak asing dengan desain grafis, kamu bisa memanfaatkan keahlian  tersebut untuk mencari penghasilan. Saat ini banyak pelaku bisnis yang butuh jasa desain grafis buat personal branding.

Kamu bisa menawarkan jasa desain grafis ke orang-orang terdekat atau juga menawarkannya lewat online. Atau mendaftarkan diri lewat agen freelance untuk bidang desain grafis. 

2. Buka Jasa Pembuatan Software atau Web

Bila kamu mahasiswa jurusan IT, pastinya sudah terbiasa bermain dengan software dan web. Kamu bisa memanfaatkan ilmumu  untuk membuka jasa pembuatan software atau web bagi yang membutuhkannya.

Bisnis macam ini pasti akan punya pasar sendiri karena di era saat ini dimana segalanya bisa lebih mudah bila dilakukan dengan gadget. Tentunya dengan bantuan software serta web yang telah dibuat.

3. Menjadi YouTuber

Foto: Ladiestory.id

Anak jaman now pasti tak lepas dari YouTube. Jangan hanya bisa menonton, tapi manfaatkan YouTube buat kamu mendapatkan penghasilan. Caranya dengan menjadi YouTuber dan buatlah konten-konten yang unik, seru dan menarik lalu upload di YouTube.

Semakin banyak kamu upload video dan makin banyak yang menonton konten video kamu, dengan begitu kamu berpeluang akan menghasilkan banyak uang dari YouTube. Gampang bukan?

4. Menjadi Penerjemah Bahasa

Bila kamu punya kemampuan bahasa asing yang bagus seperti bahasa Mandarin, Inggris, Jepang, Korea, Jerman dan lainnya, kamu bisa manfaatkan untuk menjadi penerjemah bahasa tersebut. 

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjual kemampuan bahasa asing kamu tersebut. Seperti mendaftarkan diri ke agen jasa penerjemah yang bisa kamu temukan di  situs-situs internet.  Cara lainnya bisa juga kamu buat website sendiri untuk menawarkan jasa tersebut. 

5. Buka Jasa Fotografi dan Editor Video

Buka jasa fotografi juga bisa jadi ide bisnis yang cukup menjanjikan buat mahasiswa. Jasa ini bisa digunakan pada kegiatan-kegiatan penting yang butuh dokumentasi foto maupun video. 

Bisnis macam ini bisa dikembangkan menjadi pembuatan dan pengeditan video untuk pemasaran produk sehingga lebih menarik pembeli. 

Nah, bagaimana bisnis mana yang cocok dengan kamu? Semua ide bisnis digital bagi mahasiswa apapun yang kamu pilih pastikan sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, ya.  Jalani dengan kesabaran dan ketekunan pasti kamu akan meraih kesuksesan.