Jadikan Momen Quality Time, 5 Ide Ngabuburit Bersama Anak

Minggu, 10 April 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Jadikan Momen Quality Time, 5 Ide Ngabuburit Bersama Anak

Ilustrasi ajarkan anak berpuasa. (Special)

Ladiestory.id - Tanpa terasa saat ini umat muslim tengah menjalani ibadah puasa Ramadan. Ramadan menjadi bulan yang istimewa dan selalu dinantikan oleh umat muslim.

Selain menjadi bulan berkah dan pahala, Ramadan juga membuat Kamu lebih sering berkumpul dengan keluarga. Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama dengan keluarga selama Ramadan. Mulai dari ngabuburit, buka bersama hingga ibadah salat Tarawih.

Ngabuburit merupakan salah satu kegiatan seru yang hanya ada di Ramadan. Ngabuburit dapat diartikan sebagai suatu cara untuk mengisi waktu dengan melakukan kegiatan sambil menunggu waktu berbuka. Kamu juga bisa loh mengajak anak untuk turut serta melakukan ngabuburit.

Dengan melakukan kegiatan yang seru dan mengasyikkan maka waktu akan terasa lebih cepat hingga tiba waktunya untuk berbuka. Ladies, berikut lima ide ngabuburit bersama anak. Bisa juga dijadikan sebagai momen quality time loh. Yuk simak!

Bermain di Taman

Cara Efektif Anak Cepat Berjalan (Special)

Hal pertama yang bisa Kamu lakukan saat menunggu waktu berbuka bersama anak adalah dengan mengajakmya pergi bermain di taman. Tak perlu ke tempat yang jauh, Kamu bisa mengajaknya ke taman di komplek perumahan tempatmu tinggal. Di taman, biasanya disediakan fasilitas bermain.

Kamu bisa mengajak anakmu untuk sekadar berjalan-jalan mengelilingi taman, bermain sepeda atau bisa juga bermain layang-layang. Kegiatan ini akan terasa sangat mengasyikkan. Selain itu, anakmu juga akan belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya. Sembari menunggu anak bermain, Kamu juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh.

Olahraga Bersama Anak

Melakukan Kegiatan Bersama Anak (Special)

Selain ngabuburit di tempat umum, Kamu juga bisa melakukannya di rumah bersama anak. Kamu bisa mengajak anak untuk olahraga bersama. Meskipun sedang berpuasa, namun tak ada salahnya untuk melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka stamina tubuh akan tetap terjaga dan tidak lemas selama berpuasa.

Tak perlu melakukan olahraga berat, olahraga ringan saja cukup untuk menjaga stamina. Kamu bisa mengajak anakmu untuk melakukan olahraga yoga. Selain mengajarkan kepada anak tentang pola hidup sehat, dengan olahraga bersama juga dapat meningkatkan bonding di antara kalian. Kamu dan anak akan merasa dekat dan memiliki ikatan batin yang kuat.

Ibadah Bersama

Ilustrasi orang tua menjadi teladan. (Special)

Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk mempertebal keimanan. Ada beragam cara yang bisa Kamu lakukan untuk menguatkan iman, salah satunya adalah dengan beribadah. Sembari menunggu waktu berbuka puasa, Kamu bisa mengajak anak untuk melakukan ibadah bersama.

Kamu bisa memulainya dengan mengajaknya salat berjamaah, kemudian tadarus membaca al Quran dan setelahnya bisa juga dengan mendengarkan tausiyah online melalui televisi ataupun YouTube. Selain menambah pahala, Kamu juga bisa mengajarkan kepada anak untuk lebih mencintai agamanya. 

Berbagi Takjil

Ilustrasi anak berpuasa. (Special)

Ngabuburit tak hanya untuk kesenangan semata, Kamu juga bisa mengajarkan anak untuk berbagi kepada sesama. Ajaklah anakmu untuk membagikan takjil ataupun hidangan berbuka puasa kepada tetangga atau orang di lingkungan sekitar rumah. Dengan cara tersebut maka Kamu telah mengajarkan satu kebaikan kepada anak.

Anak akan terbiasa untuk bersedekah dan memiliki empati terhadap orang lain. Anak juga akan merasakan indahnya berbagi sehingga kelak ia akan senang untuk berbagi dengan sesama.

Memasak Bersama

Foto: Ladiestory.id

Sambil menunggu waktu berbuka tiba, tak ada salahnya Kamu mengajak si kecil untuk bereksperimen di dapur. Kamu bisa mengajaknya untuk menyiapkan hidangan berbuka puasa. Jika anakmu sudah agak besar, maka Kamu bisa memberinya tugas seperti memotong sayuran atau tugas lainnya yang mudah untuk dikerjakan.

Dengan cara seperti ini, maka anak akan mendapatkan pengalaman baru. Ia pun akan sangat senang dapat membantu ibunya menyiapkan menu buka puasa.