5 Ide Usaha Makanan Khas Daerah, Laris dan Menguntungkan

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Ide Usaha Makanan Khas Daerah, Laris Dan Menguntungkan

Fot : suarasurabaya

Ladiestory.id - Setiap daerah pasti punya makanan khas tersendiri, makanan darah tersebut banyak yang telah dimodifikasi mengikuti perkembangan zaman. Nah, bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis kuliner, tak ada salahnya mencoba ide usaha makanan khas daerah yang paling banyak diminati masyarakat.

Ide Usaha Makanan Khas Daerah

Inilah 5 ide usaha makanan khas daerah yang paling laris dan pastinya meraup keuntungan besar, dan  diantaranya telah dimodifikasi. Sehingga menghasilkan makanan bercita rasa kekinian tanpa meninggalkan rasa khas daerahnya.

1. Nasi Kucing

Foto: qraved

Nasi kucing, mungkin terdengar aneh, namun pastinya tak asing bagi para penjajal makanan khas daerah. Makanan khas Jogja ini banyak ditemukan di sepanjang jalan di warung-warung angkringan. 

Bukan hanya di kota asalnya, nasi kucing pun terkenal di beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Bisnis angkringan nasi kucing ini bisa jadi usaha yang cukup menjanjikan.

Nasi kucing sendiri terdiri dari nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan lauk pauk yang ditusuk layaknya sate. Karena porsinya yang sedikit inilah makanan ini dinamakan nasi kucing. Jadi, bukan karena terbuat dari daging kucing ya, Ladies.

2. Mie Aceh

Foto: cookpad

Dari namanya saja pastilah sudah diduga makanan ini asalnya dari Aceh, tak mungkin dari Jogja! Kuliner khas Aceh ini banyak ditemukan di  mana-mana, lho.

Mie aceh memiliki tekstur yang lembut dan tebal, cara meraciknya yaitu dengan  mencampurkan irisan daging dan bumbu rempah khas. Mie aceh dapat disajikan dengan cara  direbus, digoreng, atau ditumis. 

Untuk lebih nikmat bisa juga tambahkan seafood seperti udang, kepiting atau cumi. Bila Anda belum jago memasak mi aceh, Anda bisa belajar lewat YouTube sebelum memulai bisnis kuliner khas daerah ini.

3. Seblak

Foto: tastynesia

Makanan khas Jawa Barat yang populer ini kini banyak digemari masyarakat. Seblak yang dahulu hanyalah terbuat dari kerupuk basah yang dimasak, kini dimodifikasi dengan berbagai campuran isi seperti ceker, sosis, telur, mie dan sayuran dengan rasa yang pedas dan nikmat.

Ide usaha makanan khas daerah yang dimodifikasi ini bisa jadi sangat menguntungkan. Mengingat seblak saat ini tengah populer dan favorit banyak orang. 

4. Pempek

Foto: suarasurabaya

Siapa yang tak kenal pempek, makanan khas Palembang ini bisa dibilang favorit banyak orang. Karena itu ide usaha makanan daerah ini pasti bakal laris dan meraup keuntungan besar. 

Makanan yang terbuat dari campuran ikan dan tepung tapioka lalu ditambah bumbu khas ini punya tekstur yang kenyal. Pempek disajikan dengan kuah khas yang berwarna coklat kehitaman dengan rasa yang unik ada rasa asem, manis, gurih dan pedas.

Ada berbagai jenis pempek yaitu pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek adaan, pempek keriting, dan pempek kulit ikan.

5. Gado-gado

Foto: mytrip

Makanan khas Jakarta ini banyak ditemukan mulai yang di pinggir jalan hingga di restoran. Tak hanya terkenal di Indonesia, gado-gado juga dikenal di mancanegara, lho.

Gado-gado sendiri terdiri dari bermacam sayuran seperti kangkung, kol, kacang panjang, toge, kentang, tahu, tempe, yang disiram dengan bumbu kacang dan ditambah dengan kerupuk. Bukan hanya menyehatkan makanan ini juga punya citarasa yang khas, nikmat dan pedas.

Ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang satu ini bisa jadi usaha yang cukup menjanjikan. Selain modalnya yang minim gado-gado juga termasuk salah satu makanan favorit banyak orang. Sudah dipastikan usaha Anda akan laris sehingga  banyak mendatangkan keuntungan. 

Nah, itulah 5 ide usaha makanan khas daerah yang pasti laris dan mendatangkan keuntungan besar. Karena semua pilihan kuliner tersebut merupakan favorit banyak orang. Selamat mencoba dan semoga sukses!