Imbas Kontroversi MUID 2023, Miss Universe Organization Putus Kontrak dengan Poppy Capella

Minggu, 13 Agustus 2023 | 17:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Imbas Kontroversi Muid 2023, Miss Universe Organization Putus Kontrak Dengan Poppy Capella

Miss Universe Indonesia 2023. (Instagram/missuniverse_id)

Ladiestory.id - Kontroversi yang terjadi di dalam ajang kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 (MUID 2023) rupanya sudah terdengar sampai Miss Universe Organization (MUO).

Setelah mempelajari kasus pelecehan seksual yang terjadi di Indonesia, Miss Universe Organization tegas mengambil tindakan memutus hubungan kontrak dengan PT Capella Swastika Karya yang dikelola oleh Poppy Capella yang kini memegang lisensi Miss Universe Indonesia.

Keputusan itu dibagikan langsung dalam pernyataan resmi yang diunggah pada laman media sosial ‘X’, @MissUniverse.

“Kami telah memutuskan untuk menghakhiri hubungan dengan waralaba saat ini di Indonesia, PT Capella Swastika Karya, dan Direktur Nasional, Poppy Capella,” bunyi keterangan resmi dalam akun @MissUniverse, yang dilansir pada Minggu (13/8/2023).

Mereka menilai kasus pelecehan tersebut tidak sesuai dengan etika, standar, dan harapan yang sudah tertuang dalam buku panduan dan kode etik MUO. PT Capella Swastika Karya juga tidak akan berpartisipasi dalam pelaksanaan Miss Universe Malaysia.

"Mengingat apa yang telah kami pelajari pada kejadian di Miss Universe Indonesia, menjadi jelas bahwa franchise ini tidak memenuhi standar merek, etika atau harapan kami sebagaimana diuraikan dalam buku panduan franchise dan waralaba kami," tutur pernyataan resmi.

Keterangan resmi Miss Universe Organization. (x/MissUniverse)

MUO akan melakukan pengaturan tersendiri untuk Fabienne Nicole yang sudah dinobatkan sebagai Miss Universe Indonesia untuk berkompetisi dalam ajang Miss Universe di El Savador.

"PT Capella Swastika Karya dan kepalanya tidak akan melaju dengan Miss Universe Malaysia, dan tidak akan diberikan kontrak tambahan apa pun dalam organisasi kami," tegasnya.

"Kami akan membuat pengaturan untuk pemegang gelar Miss Universe Indonesia untuk bersaing di kontes Miss Universe tahun ini," lanjutnya.

Miss Universe saat ini sedang mengevaluasi perjanjian waralaba tentang kebijakan dan prosedur mereka, termasuk soal pengukuran tubuh.

Mereka memastikan tidak ada pengukuran tinggi, berat, atau dimensi tubuh yang diperlukan untuk kontes Miss Universe di seluruh dunia.

"Kami juga mau memastikan sepenuhnya jelas bahwa tidak ada pengukuran seperti tinggi, berat atau dimensi bodi yang diperlukan untuk bergabung ke Miss Universe di seluruh dunia," tulis akun itu.

Keterangan resmi Miss Universe Organization. (x/MissUniverse)

Miss Universe Organization juga meminta maaf bagi kontestan Miss Universe Indonesia karena mengalami pengalaman buruk.

Diketahui, dalam ajang Miss Universe Indonesia 2023 dilakukan body checking untuk para finalis yang disebut menyalahi aturan dan mengarah pada pelecehan seksual alntaran para finalis diharuskan untuk menanggalkan seluruh pakaiannya dan kemudian bagian-bagian sensitif para finalis diabadikan.

Proses body checking dilaksanakan dua hari sebelum malam puncak grand final Miss Universe Indonesia 2023 berlangsung pada 3 Agustus 2023 lalu.

Dari keterangan para finalis, diketahui proses body checking tidak dilakukan di ruang privat atau tertutup tetapi di sebuah ballroom dengan sekat seadanya dan masih cukup terbuka.

Beberapa orang lalu-lalang baik pria maupun wanita pada saat proses body checking berlangsung dan dalam satu ruang ada empat finalis sekaligus untuk proses body checking.