Banyak yang Tidak Tahu, Ini Info Lengkap Seputar Bridal Shower

Jumat, 3 Desember 2021 | 09:30:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Banyak Yang Tidak Tahu, Ini Info Lengkap Seputar Bridal Shower

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Sering sekali kita melihat artis maupun orang-orang di sosial media yang memposting acara bridal shower sebelum pernikahannya. Budaya bridal shower ini seakan menjadi sebuah tren di kalangan generasi masa kini.

Namun tahukah kamu apa itu bridal shower? Nah, ternyata bridal shower merupakan budaya dari negara barat yang kini diadaptasi di negara Asia. Tepatnya berasal dari negara Belanda sejak abad ke-16. Bridal shower sendiri berupa perayaan yang ditujukan bagi calon pengantin wanita yang sebentar lagi akan melepas masa lajang.

Meskipun ada kata “shower” untuk penamaan acaranya ini, namun jangan salah paham. Dalam rangkaian acaranya, bridal shower sama sekali tidak ada kegiatan mandi. Awal mula bridal shower adalah ketika ada ayah dari seorang gadis yang tidak memberikan mas kawin untuk pernikahan yang tidak disetujuinya.

Karena hal inilah, masyarakat akhirnya menawarkan bantuan dengan memberikan hadiah untuk membantu mengisi rumah barunya nanti. Meskipun hingga kini terus berkembang dan mengalami perubahan, namun bridal shower mulai dikenal sebagai tradisi untuk memberikan kado bagi calon penganti wanita sebelum melangsungkan pernikahan.

Serba-serbi Bridal Shower yang Harus Kamu Ketahui

 

Foto: by Craig Adderley from Pexels

Jika dalam waktu kamu dan teman-teman ingin memberikan kejutan bridal shower untuk teman dekat, sebaiknya ketahui serba-serbi bridal shower terlebih dahulu.

1. Bridal Shower Biasanya Direncanakan oleh Sabahat Dekat Calon Pengantin

Foto: maggiesottero.com

Karena acara bridal shower merupakan kejutan bagi calon penganti wanita, maka ia sama sekali tidak ikut terlibat dalam perencanaannya. Untuk yang merencanakan acara bridal shower pastinya adalah teman-teman terdekat dari si calon pengantin wanita. Dan yang diperbolehkan hadir di acara ini, seperti keluarga dan para bridesmaid.

2. Waktu Penyelenggaraan Antara Empat sampai Dua Minggu Sebelum Acara Pernikahan

Ternyata memberikan kejutan bridal shower kepada calon pengantin wanita juga ada ketentuan waktunya. Bridal shower boleh diadakan antara empat sampai dua minggu sebelum acara pernikahan dilangsungkan.

3. Tempat Penyelenggaraan Bridal Shower Bebas

Foto: Brid and Breakfast

Perayaan bridal shower tidak harus dilakukan di hotel. Kamu dan teman-teman juga bisa memberikan kejutan bridal shower di kafe, restoran, atau bahkan bisa juga di rumah si calon pengantin wanita itu sendiri. Tapi kalau diadakan di rumah si calon wanita, pastikan jangan sampai ketahuan ya, agar surprise yang kamu rancang berjalan sempurna.

4. Banyak Hal yang Harus Dipersiapkan agar Bridal Shower Meriah

Agar bridal shower berjalan dengan meriah, kamu dan teman-teman bisa mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Mulai dari kegiatan apa saja yang dilakukan untuk mengisi acara, bagaimana cara memberikan surprise ke si calon pengantin wanita, bagaimana tema bridal shower-nya, makanan minuman yang harus disajikan, hingga mempersiapkan kadonya untuk di calon pengantin wanita yang pastinya tudak boleh dilupa.

Bridal shower bisa menjadi momen yang menyenangkan bagi calon pengantin wanita sebelum melepas masa lajangnya. Karena di acara ini, calon pengantin wanita bisa bersenang-senang dengan teman-teman terdekatnya. Dan bagi kamu dan teman-teman yang merencanakan bridal shower, ini juga bisa menjadi momen tepat loh untuk menunjukkan rasa perhatian dan sayang kamu kepada calon pengantin wanita.