Ingin Lolos Tahap Wawancara? Persiapkan 7 Hal Ini Sebelum Datang ke Job Fair

Rabu, 6 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Ingin Lolos Tahap Wawancara? Persiapkan 7 Hal Ini Sebelum Datang ke Job Fair

Foto: okezone

Ladiestory.id - Saat ini mencari lowongan pekerjaan memang sangat sulit. Tetapi acara job fair yang diadakan oleh berbagai penyelenggara digunakan sebagai seorang job seeker untuk mendapatkan pekerjaan impiannya. 

Apa Itu Job Fair?

Job fair adalah bursa atau pameran di mana perekrut akan mencari calon pekerja yang prospektif. Kamu akan berkesempatan untuk menyerahkan CV secara langsung atau bahkan menjalani sesi walk in interview.

Datang ke acara job fair memang memiliki banyak keuntungan. Selain memiliki kesempatan untuk melamar ke beberapa perusahaan, kamu juga bisa menambah informasi tentang suatu perusahaan dengan bertanya-tanya melalui perwakilan yang ada di sana.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Datang ke Job Fair

Meskipun sering dijadikan sebagai 'harapan' para job seeker, ternyata sukses atau tidak kamu mendapatkan kerja melalui job fair tergantung pada usaha kamu.

Nah, sebelum kamu datang ke sebuah acara job fair, yuk siapkan hal-hal berikut ini! Siapa tahu dengan kamu menyimaknya kamu bisa berusaha lebih baik untuk lolos job fair.

1. Mengumpulkan Informasi secara Detail dan Akurat

Foto: Ladiestory.id

Nah setelah kamu mendapat informasi perihal job fair, kamu bisa langsung mencatat informasi tersebut dari mulai tanggal, jam, dan lokasi diselenggarakannya job fair.

Bahkan kamu juga harus cari-cari informasi mengenai bagaimana cara agar kamu bisa datang ke acara tersebut, dari mulai pendaftaran online hingga biaya masuknya.

2. Melakukan Riset Kecil-kecilan

Selain mengumpulkan informasi mengenai detail acara, kamu juga harus melakukan riset kecil-kecilan seperti perusahaan apa saja yang akan hadir dalam job fair tersebut hingga lowongan apa saja yang tersedia. Riset ini akan membantu kamu nanti saat menghadiri job fair, jadi kamu enggak perlu mengelilingi semua booth-nya.

3. Menyiapkan Segala Berkas yang Dibutuhkan

Foto: Ladiestory.id

Setelah kamu memutuskan untuk mengunjungi perusahaan apa, kamu juga harus menyiapkan segala berkas yang dibutuhkan, seperti CV, foto copy KTP, foto kopi ijazah, hingga surat lamaran. Selain berkas yang berbentuk fisik,  sebagai cadangan kamu juga perlu membawa soft file-nya, karena biasanya beberapa perusahaan tidak menerima berkas dalam bentuk hard copy.

4. Mempersiapkan Tampilan saat Datang ke Job Fair

Untuk menghadiri acara job fair tak perlu terlihat formal dan resmi, cukup pakai pakaian yang membuat kamu nyaman dan terlihat profesional. Karena di acara tersebut kamu akan bertemu dengan wakil dari beragam perusahaan. Kamu gak mau kan jika memberikan kesan buruk terhadap perusahaan yang kamu impikan?

5. Datang Lebih Awal

Foto: Ladiestory.id

Seperti biasanya acara satu ini juga akan diburu oleh para job seeker. Saat kamu menghadiri acara seperti ini, pasti kamu akan berdesak-desakan dengan job seeker yang lain. Nah, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk itu usahakan untuk datang sejam sebelum acara itu dibuka, ya!

6. Membawa Bekal dari Rumah

Biasanya acara job fair akan berlangsung selama seharian. Untuk mengantisipasi agar kamu tidak kelelahan saat mengikuti acara tersebut, usahakan untuk membawa bekal dari rumah. Ya, meskipun disana akan diadakan beberapa bazaar makanan bagi para pengunjungnya, namun, tips ini bisa membantu kamu untuk menghemat pengeluaran, bukan?

7. Menyiapkan Mental dan Fisik

Foto: Ladiestory.id

Cara yang terakhir ini tidak kalah pentingnya dengan cara lainnya. Saat kamu mengunjungi booth perusahaan, kamu akan bertatap muka dan berbincang-bincang dengan perwakilan dari perusahaan tersebut.

Nah hal terpenting dalam hal ini adalah dengan menyiapkan mental dan kondisi fisikmu, usahakan jangan terlihat grogi saat ditanya oleh perwakilan HRD. Sebab, itu bisa menjadi nilai plus buat kamu.

Nah itu dia ketujuh hal yang perlu kamu persiapkan ketika akan datang ke job air. Jangan lupa siapkan semuanya dengan baik, supaya nantinya kamu lolos wawancara dan mendapatkan pekerjaan yang kamu ingin di perusahaan tersebut. Good luck!

Berita Terkait