Ingin Punya Home Theater? Yuk Ikuti Panduan Ini untuk Mempersiapkan!

Kamis, 11 April 2024 | 10:07:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ingin Punya Home Theater? Yuk Ikuti Panduan Ini Untuk Mempersiapkan!

Ilustrasi Home Theater. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Jika  kamu ingin memiliki home theater sendiri, kamu harus mempertimbanggkan terlebih dulu di awal, apakah kamu akan memakai jasa kontraktor atau kamu akan membuat home theater-mu sendiri.

Mendedikasikan banyak waktu untuk perencanaan dan desain yang menyeluruh sangatlah penting. Sebelum memulai konstruksi apa pun atau melakukan pembelian dalam jumlah besar, mengembangkan desain tata letak yang komprehensif adalah kuncinya.

Mengingat banyaknya komponen yang terlibat dalam sistem home theater, memastikan integrasi yang lancar sangat penting untuk menghindari investasi puluhan atau bahkan ratusan juta ke dalam proyek yang mungkin tidak memenuhi harapanmu pada akhirnya.

Berikut adalah tips panduan untuk membangun home theater-mu sendiri, menurut para ahli home theater di Selby Acoustics.

Ukuran dan Dimensi Ruang Keseluruhan

Ilustrasi Home Theater. (Freepik.com)

 

Saat memilih ruangan yang ada untuk diubah menjadi home theater, yang terbaik adalah memilih ruang persegi panjang. Penting juga bahwa ruangan tersebut harus memiliki dimensi lebar minimal 4 meter dan panjang 6 meter, dengan langit-langit berukuran tinggi minimal 2 meter. 

Dimensi yang lebih kecil dapat menimbulkan rasa sempit setelah pengaturan selesai dan mungkin membatasi ukuran layar proyektor, yang harus dipasang setidaknya 1 meter di atas tanah. Konfigurasi ini memberikan ruang yang cukup untuk tata letak teater dan berkontribusi terhadap peningkatan akustik di ruang home theater.

Saat merancang tata letak ruangan, tentukan dengan tepat tempat menonton utama, lokasi persis di mana kamu ingin duduk atau menempatkan tempat duduk TV bergaya home theater dan pertimbangkan dimensi spesifik kursi tersebut.

Pendekatan ini memastikan terciptanya pengalaman menonton film yang optimal yang berpusat di sekitar kursi pilihanmu, menjadikannya titik fokus untuk keseluruhan desain.

Memilih Proyektor dan Layar

Ilustrasi Home Theater. (Freepik.com)

 

Saat memilih layar proyektor, bidiklah ukuran terbesar yang sesuai dengan ruangan. Menentukan ukuran layar maksimum melibatkan pertimbangan faktor-faktor seperti dimensi dinding, instalasi speaker dan pencahayaan, serta sudut pandang berdasarkan penempatan tempat duduk. Berikut panduan untuk membantu menentukan ukuran layar yang sesuai:

  • Rasio Aspek: Pilih antara layar proyektor 16:9 atau 2,35:1, yang mematuhi standar film Cinemascope, namun pilihan yang tepat untukmu bergantung pada kebutuhan utama.
  • Sudut Pandang Vertikal: Posisikan bagian atas sepertiga bawah layar setinggi mata dari tempat duduk, biasanya berkisar antara 42 hingga 48 inci di atas tanah.
  • Sudut Pandang Horizontal: Ikuti standar THX pada bidang pandang 36 derajat. Untuk setiap 1 inci ukuran diagonal layar, pastikan tempat dudukmu berjarak sekitar 1,34 inci untuk pengalaman menonton yang optimal.

Pemilihan proyektor terutama ditentukan oleh penempatannya di dalam ruangan. Biasanya, posisi yang paling nyaman melibatkan pemasangan di langit-langit atau meletakkannya di rak di sepanjang dinding belakang untuk mencegah tamu berjalan di depannya atau penghalang lainnya.

Sistem Audio

Ilustrasi Home Theater. (Freepik.com)

 

Mengenai audio di home theater, berinvestasi dalam sistem suara surround sangatlah penting. Pilihan sistem bersifat subjektif dan berdasarkan preferensi pribadi

Untuk pengalaman yang paling mendalam, pertimbangkan sistem suara home theater khusus di mana speaker diintegrasikan ke dalam dinding atau langit-langit, dengan speaker depan diposisikan secara tersembunyi di belakang layar.

Pendekatan ini memastikan kompatibilitas sempurna di antara semua komponen, memberikan pengalaman audio berkualitas teater yang sesungguhnya. Ingatlah bahwa untuk sistem ini diperlukan layar transparan akustik yang memungkinkan gelombang suara melewatinya secara efektif sehingga suara tidak terhalang.

Pencahayaan Sekitar

Ilustrasi Home Theater. (Freepik.com)

 

Aspek penting lain dari home theater yang sering diabaikan adalah pencahayaan. Meskipun ini mungkin dianggap sebagai sentuhan akhir setelah keputusan desain penting lainnya, perlengkapan dan instalasi pencahayaan memainkan peran penting dalam mencapai pengalaman home theater secara keseluruhan.

Mendesain home theater melibatkan lebih dari sekedar pertimbangan teknis, tapi juga memastikan menciptakan suasana yang ideal. Tidak hanya membangun ruang untuk tempat duduk dan sekat, kamu juga harus menciptakan lingkungan nyaman yang terasa seperti bioskop sungguhan.