Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | INGIN TIDUR MAKIN NYENYAK? GANTI CAT KAMAR TIDUR DENGAN 6 WARNA INI

Ingin Tidur Makin Nyenyak? Ganti Cat Kamar Tidur dengan 6 Warna Ini

LS Lifestyle
Kamis, 08 April 2021 | 02:09:36
Durasi baca: 2 menit, 22 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ingin Tidur Makin Nyenyak? Ganti Cat Kamar Tidur dengan 6 Warna Ini 

Tidur yang berkualitas dan nyaman dipengaruhi sejumlah faktor, salah satunya suasana kamar tidur. Rupanya, selain suasana yang tenang dan suhu yang sejuk, warna dinding kamar juga turut berkontribusi pada kualitas tidur. 

Cat kamar tidur tidak hanya memperindah kamar, tapi juga dapat menciptakan perasaan relaksasi dan kantuk yang akhirnya membuat tertidur. Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa warna kamar tidur yang tepat dapa membuat tidur semakin berkualitas. 

Namun, bila salah memilih warna, bukannya tidur nyenyak, malah membuat sulit tidur. Nah, berikut ini enam pilihan warna kamar tidur agar tidur semakin berkualitas dilansir dari laman amerisleep.com.

Baca juga: 5 Dampak Buruk Tidur Memakai Kaus Kaki

Biru

Biru merupakan salah satu warna terbaik untuk kamar tidur. Biru telah dikaitkan dengan ketenangan dan relaksasi. Otak lebih peka terhadap warna biru daripada warna lain berkat reseptor khusus yang disebut sel ganglion, yang terletak di retina.

Sel ganglion mengumpulkan informasi dari lingkungan visual dan mengubah informasi ini menjadi sinyal kimiawi ke hipotalamus, bagian otak yang bertanggung jawab memproduksi hormon seperti melatonin dan kortisol. Melatonin adalah hormon tidur dan memengaruhi siklus tidur dan bangun dan kortisol adalah hormon stres yang menjaga kewaspadaan sepanjang hari. 

Biru adalah warna yang tidak dapat menstimulasi. Jadi, ketika kamu melihat warna biru, hipotalamus menghasilkan lebih banyak melatonin dan lebih sedikit kortisol. Sebaliknya, kamar tidur berwarna merah merangsang otak serta menghasilkan lebih banyak kortisol sehingga kualitas tidur menjadi buruk. 

Kuning

Nuansa kuning yang lebih lembut menciptakan lingkungan yang tenang karena tidak bersuara seperti meniru sinar matahari. Warna kuning yang lembut mampu meredakan stres dan meningkatkan ketenangan sehingga bisa tidur nyenyak. Sebaiknya, hindari kuning yang lebih cerah atau terang karena dapat meningkatkan energi. 

Hijau

Hijau adalah pilihan warna yang sangat baik untuk relaksasi. Hijau juga merupakan warna lain yang mudah dilihat mata karena mata peka terhadap cahaya hijau sama seperti warna biru. 

Baca juga: Beberapa Cara Mengatasi Susah Tidur (insomnia) Yang Bisa Kamu Lakukan


Sama dengan kamar biru, kamar dengan cat hijau membantu memberi rasa tenang dan damai lantaran tidak merangsang otak dan tubuh. Warna hijau terbaik untuk tidur harus memiliki campuran warna biru. Seperti kuning, hindari warna hijau yang terang, pilih hijau yang lembut. 

Silver 

Silver atau abu-abu terang adalah pilihan tepat untuk kamu yang lebih menyukai warna netral. Tidak seperti abu-abu gelap, silver menimbulkan ketenangan. Pastikan memilih silver matte, bukan cat yang mengkilap atau berkilau. Sebab, kilauannya bisa memantulkan cahaya terang apa pun yang membuat kamu tetap terjaga alis sulit tidur. 

Oranye 

Warna oranye terang, termasuk cokelat dan krem, memiliki suasana hangat yang mengingatkan pada suasana sunset di pantai berpasir. Warna ini menciptakan suasana nyaman di kamar tidur. Pilih warna oranye dengan warna dasar cokeat seperti terakota serta hindari warna oranye terang karena dapat menyegarkan otak sehingga kamu sulit tidur. 

Pink 

Pink atau merah muda mungkin tampak bukan warna yang bagus untuk kamar tidur karena rona merah. Namun, pink alami yang lembut dapat memberikan perasaan tenang. Karena itu, sebaiknya, hindari warna pink yang cerah.

 

Baca juga: Mengatasi Jam Tidur Yang Kacau Saat WFH

Warna cat kamar tidur Manfaat warna cat di kamar tidur Pilhan warna cat kamar terbaik Warna-warna terbaik kamar tidur

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle