Ingin Wajah Sehat? Ikuti 5 Cara Tepat Gunakan Face Scrub

Jumat, 21 Januari 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Ingin Wajah Sehat? Ikuti 5 Cara Tepat Gunakan Face Scrub

Ilustrasi menggunakan scrub. (special)

Ladiestory.id - Umumnya perempuan akan melakukan berbagai hal agar membuat wajahnya terlihat lebih cerah dan bersih. Salah satunya dengan melakukan eksfoliasi perawatan wajah.

Kamu bisa menggunakan scrub wajah untuk proses eksfoliasi yang paling mudah. Manfaat dari penggunaan scrub pada wajah yaitu dapat membersihkan wajah, mengencangkan kulit wajah serta mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, penggunaan scrub juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah yang Kamu miliki.

Nah, Ladies untuk penjelasan lebih lengkap tentang cara menggunakan scrub, simak terus ulasan berikut ini, ya.

1. Pilih Produk Sesuai Jenis Kulit

Ilustrasi scrub mentimun. (special)

 

Sebelum Kamu melakukan proses eksfoliasi dengan scrub, alangkah baiknya Kamu memilih produk face scrub yang sesuai dengan jenis kulit Kamu.

Jika kulit wajahmu berminyak dan berjerawat maka, penggunaan scrub dengan bahan tea tree, almond, mint, tomat dan mentimun sangat direkomendasikan.

Sedangkan untuk kulit wajah normal bisa menggunakan scrub dengan kandungan madu, beras, kopi, oatmeal dan kelapa. Selain itu pilih scrub dengan butiran kecil untuk kulit yang normal dan scrub dengan butiran lebih besar untuk kulit berminyak.

2. Bersihkan Wajah dengan Air Hangat

Ilustrasi basuh wajah. (special)

Membersihkan wajah dengan air hangat sangat penting dilakukan sebelum Kamu mulai eksfoliasi dengan face scrub. Membersihkan wajah dengan air hangat dapat membatu membuka pori-pori di wajah.

Hal ini akan memudahkan Kamu dalam eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran dan minyak berlebih. Selain membasuh wajah dengan air hangat, Kamu juga bisa memanfaatkan uap air untuk membuka pori-pori di kulit wajah.

3. Pijat Wajah dengan Lembut

Ilustrasi pijat wajah. (special)

Cara selanjutnya menggunakan face scrub yang tepat adalah dengan mengosoknya secara lembut. Ambil face scrub secukupnya, usapkan ke seluruh bagian wajah dan leher.

Gosok atau pijat secara perlahan dengan lembut dan gerakan memutar dari arah bawah wajah ke atas sekitar 1 menit. Cara ini dapat membuat kulit wajahmu lebih halus dan kencang.

Pijat secara perlahan sampai rata ke seleluruh wajah, Kamu juga bisa fokus ke area wajah yang rentan terhadap komedo atau jerawat misalnya hidung, dagu dan sekitar pipi.

4. Bilas dengan Air Dingin

Ilustrasi bilas wajah. (special)

Setelah proses memijat wajah dengan scrub selesai, Kamu bisa melanjutkan dengan membilas wajah menggunakan air dingin. Penggunaan air dingin membantu mengangkat sisa scrub yang ada di kulit wajah secara optimal, selain itu pori-pori di wajah akan lebih mudah menutup dan kulit terasa lebih segar.

Mencuci wajah dengan air dingin juga bisa memperlambat proses penuaan dan mengatasi masalah kerutan di sekitar wajah, lho, Ladies.

5. Gunakan Pelembab

Ilustrasi gunakan pelembab. (special)

Setelah selesai melakukan rangkaian eksfoliasi dengan face scrub, langkah yang terakhir adalah Kamu bisa mengeringkan wajah dengan handuk bersih secara lembut.

Jangan lupa gunakan moisturizer untuk melebabkan kulit wajah. Gunakan moisturizer saat kondisi wajah masih lembab dan pijat lembut secara merata. Kandungan moisturizer yang terserap ke kulit akan membuat wajahmu tampak lebih sehat, halus dan segar.